Cita Rasa Kuliner Basque Country

Oleh : Herry Barus | Selasa, 10 September 2019 - 15:00 WIB

Cita Rasa Kuliner Basque Country
Cita Rasa Kuliner Basque Country

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dunia kuliner saat ini tengah berkembang sangat pesat, banyak pecinta kuliner yang rela menempuh perjalanan ribuan kilometer tidak hanya untuk menikmati suasananya tetapi juga untuk menikmati makanan lokal khas dari sebuah negara atau kota yang dikunjungi.

Mulai sekarang kita tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mencoba hidangan otentik dari masakan tertentu karena di Jakarta terdapat banyak restoran yang menawarkan berbagai rasa dari seluruh dunia. Salah satu kuliner yang patut dicicipi dan dieksplorasi adalah masakan Basque, yang berasal dari bagian utara Spanyol.

Bagi yang belum tahu, Negara Basque terletak di sebelah barat Pyrenees, membentang antara perbatasan Prancis dan Spanyol di pantai Teluk Biscay. Basque memiliki bahasa, tradisi dan kulinernya sendiri, lanskap geografis dan budaya yang khas membuat negara ini unik, terutama pada dunia kulinernya. Makanan selalu menjadi prioritas utama bagi masyarakat Basque Country, dan rasa hormat masyarakat Basque Country terhadap warisan gastronomi dapat dilihat dari antusiasme mereka untuk menemukan ide-ide dan metode baru.

Di tahun 2018, empat dari World's Top 50 Restaurants (50 Restoran Terbaik Dunia) berlokasi di Basque Country, yang merupakan rumah bagi hampir tiga puluh restoran berbintang Michelin. Masakan Basque sendiri mengacu pada masakan yang berasal dari Basque Country yang mencakup antara lain marmitako (hidangan tuna) dan lamb stew (sup daging domba), ikan cod, daging dan ikan yang dipanggang di atas bara panas, kacang Tolosa, paprika lokal, pintxos (tapas khas Basque), Idiazabal cheese (keju domba), txakoli (sparkling wine), dan sari buah apel (cider) khas Basque .

Masakan Basque selalu menggunakan bahan-bahan segar yang tersedia, dan menu yang disajikan musiman dan bisa disesuaikan. Misalnya, Musim Semi adalah waktu untuk yang tepat untuk makan ikan teri dan tenggiri, suckling lamb, Idiazabal cheese, dan petits pois (juga dikenal sebagai kaviar hijau), baby broad beans, artichoke, asparagus dan Swiss chard, sementara musim panas menghadirkan kesegaran tuna putih, sarden, paprika guindilla, tomat atau kacang hijau.

Di Musim Gugur masakan Basque biasanya didominasi oleh aroma daging iris dan sosis, boletus, ziza dan jamur perretxiko, puding hitam (dari Lazkao, Zaldibia, Amezketa dan Beasain). Di Musim Dingin, lebih mudah untuk mendapatkan kacang hitam dari Tolosa (dengan sakramen mereka: kubis, puding hitam dan paprika guindilla), kepiting dan elver, semuanya ditaburi dengan cider dan anggur Txakoli, dan makanan penutup seperti ewe’s sheep curds atau mamia, apel (dipanggang atau direbus), walnut (dengan keju atau saus) dan chestnut.

Dengan beberapa pilihan yang paling lezat, salah satu hal paling seru untuk dilakukan adalah mencicipi pintxos dari satu tempat ke tempat lain, dan San Sebastian adalah tempat terbaik untuk mencobanya. San Sebastian adalah pusat kota tua yang sering dipadati oleh pejalan kaki dan jajaran bar dan restoran tradisional.

Kota ini juga menawarkan workshop tentang cara membuat pintxos di mana Anda dapat mempelajari rahasia beberapa bar paling terkenal karena resep pintxos akan diungkap, Anda akan mendapat informasi mengenai teknik presentasi serta diberi kesempatan untuk membuat pintxos sendiri di bawah bimbingan koki yang berpengalaman.

Menikmati pintxos tidak akan lengkap tanpa menyeruput segelas Txakoli, seperti yang dilakukan penduduk setempat. Txakoli adalah sparkling wine yang muda dengan keasaman rendah yang terbuat dari anggur yang tumbuh di sisi gunung dekat Laut Cantabrian. Sangat menyenangkan menyaksikan barista menuangkannya ke dalam gelas-gelas. Secara tradisional mereka menuangkan Txakoli dari atas ke dalam gelas.

Selain Txakoli, pelengkap sempurna lainnya untuk masakan Basque adalah sari buah apel (cuka) yang diproduksi secara lokal. Cuka adalah produk musiman yang dibuat dari buah pohon apel dengan menggunakan metode tradisional. Di Negara Basque, Anda dapat menemukan cuka buatan rumah tradisional di mana Anda dapat mencoba menu-menu lain termasuk iga, omelet ikan kod dan keju yang lezat. Cuka merupakan bagian penting dari gastronomi dan budaya Basque sehingga beberapa tahun lalu dibuka sebuah museum cuka bernama Sagardoetxea. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang apel dan pembuatan cuka, dan berpartisipasi dalam beberapa kegiatan musiman seperti memetik apel, atau Anda bahkan dapat mengunjungi Basque Cider Museum. Selain itu, beberapa tempat cuka telah mulai menawarkan tour yang dipandu, sehingga pengunjung dapat belajar tentang proses produksinya.

Rasakan suasana dan cita rasa dari utara Spanyol, Basque dengan mengunjungi Txoko Jakarta, sebuah restoran Spanyol yang memiliki spesialisasi dalam masakan Basque, yang terletak di Jl. Suryo No. 6, Kebayoran Baru, sebagai pilihan untuk menikmati kelezatan masakan Basque di Jakarta, Indonesia.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direksi Bhinneka Life

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 20:16 WIB

Bhinneka Life Luncurkan Program Save Pro

Jakarta – Perusahaan asuransi jiwa nasional PT Bhinneka Life Indonesia (Bhinneka Life) kembali mewujudkan komitmennya untuk terus berinovasi mengembangkan produk dan layanan melalui peluncuran…

Topping off Tamansari Bintaro Mansion

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 17:32 WIB

Tamansari Bintaro Mansion Siap Serah Terima Tahun 2020

Tangerang - Tamansari Bintaro Mansion, Apartment besutan PT WIKA Realty yang bekerjasama dengan PT Gaharu 88 Property dan berlokasi di Jl. Jombang Raya Kav. 88, Tangerang Selatan ini telah memasuki…

Area Parkiran/ilustrasi

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 15:42 WIB

Potensi Pendapatan Parkir DKI Jakarta Mencapai Rp 2 Triliun

Jakarta-Pertumbuhan kendaraan baru di ibu kota yang kian tak terkendali data Statistik Transportasi DKI Jakarta 2018, mobil penumpang mencatat pertumbuhan tertinggi 6,48% per tahun pada periode…

Ilustrasi Ekspor (Ist)

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 15:02 WIB

Ekspor dan Pupulasi Industri Terus Naik

Nilai ekspor sektor industri mengalami peningkatan setiap tahunnya selama 2015-2018. Pada tahun 2015, tercatat nilai eskpor sektor industri sebesar USD108,6 Miliar, melonjak menjadi USD130 Miliar…

Banyak Perusahaan Enterprise Menjadi Cerdas dengan Bertambahnya Investasi IoT

Sabtu, 19 Oktober 2019 - 15:00 WIB

Banyak Perusahaan Enterprise Menjadi Cerdas dengan Bertambahnya Investasi IoT

Zebra Technologies Corporation (NASDAQ: ZBRA), inovator yang mendukung perusahaan skala enterprise melalui solusi dan mitra terbaik agar berbagai perusahaan dapat mewujudkan kinerja yang unggul,…