Cita Rasa Kuliner Basque Country

Oleh : Herry Barus | Selasa, 10 September 2019 - 15:00 WIB

Cita Rasa Kuliner Basque Country
Cita Rasa Kuliner Basque Country

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Dunia kuliner saat ini tengah berkembang sangat pesat, banyak pecinta kuliner yang rela menempuh perjalanan ribuan kilometer tidak hanya untuk menikmati suasananya tetapi juga untuk menikmati makanan lokal khas dari sebuah negara atau kota yang dikunjungi.

Mulai sekarang kita tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mencoba hidangan otentik dari masakan tertentu karena di Jakarta terdapat banyak restoran yang menawarkan berbagai rasa dari seluruh dunia. Salah satu kuliner yang patut dicicipi dan dieksplorasi adalah masakan Basque, yang berasal dari bagian utara Spanyol.

Bagi yang belum tahu, Negara Basque terletak di sebelah barat Pyrenees, membentang antara perbatasan Prancis dan Spanyol di pantai Teluk Biscay. Basque memiliki bahasa, tradisi dan kulinernya sendiri, lanskap geografis dan budaya yang khas membuat negara ini unik, terutama pada dunia kulinernya. Makanan selalu menjadi prioritas utama bagi masyarakat Basque Country, dan rasa hormat masyarakat Basque Country terhadap warisan gastronomi dapat dilihat dari antusiasme mereka untuk menemukan ide-ide dan metode baru.

Di tahun 2018, empat dari World's Top 50 Restaurants (50 Restoran Terbaik Dunia) berlokasi di Basque Country, yang merupakan rumah bagi hampir tiga puluh restoran berbintang Michelin. Masakan Basque sendiri mengacu pada masakan yang berasal dari Basque Country yang mencakup antara lain marmitako (hidangan tuna) dan lamb stew (sup daging domba), ikan cod, daging dan ikan yang dipanggang di atas bara panas, kacang Tolosa, paprika lokal, pintxos (tapas khas Basque), Idiazabal cheese (keju domba), txakoli (sparkling wine), dan sari buah apel (cider) khas Basque .

Masakan Basque selalu menggunakan bahan-bahan segar yang tersedia, dan menu yang disajikan musiman dan bisa disesuaikan. Misalnya, Musim Semi adalah waktu untuk yang tepat untuk makan ikan teri dan tenggiri, suckling lamb, Idiazabal cheese, dan petits pois (juga dikenal sebagai kaviar hijau), baby broad beans, artichoke, asparagus dan Swiss chard, sementara musim panas menghadirkan kesegaran tuna putih, sarden, paprika guindilla, tomat atau kacang hijau.

Di Musim Gugur masakan Basque biasanya didominasi oleh aroma daging iris dan sosis, boletus, ziza dan jamur perretxiko, puding hitam (dari Lazkao, Zaldibia, Amezketa dan Beasain). Di Musim Dingin, lebih mudah untuk mendapatkan kacang hitam dari Tolosa (dengan sakramen mereka: kubis, puding hitam dan paprika guindilla), kepiting dan elver, semuanya ditaburi dengan cider dan anggur Txakoli, dan makanan penutup seperti ewe’s sheep curds atau mamia, apel (dipanggang atau direbus), walnut (dengan keju atau saus) dan chestnut.

Dengan beberapa pilihan yang paling lezat, salah satu hal paling seru untuk dilakukan adalah mencicipi pintxos dari satu tempat ke tempat lain, dan San Sebastian adalah tempat terbaik untuk mencobanya. San Sebastian adalah pusat kota tua yang sering dipadati oleh pejalan kaki dan jajaran bar dan restoran tradisional.

Kota ini juga menawarkan workshop tentang cara membuat pintxos di mana Anda dapat mempelajari rahasia beberapa bar paling terkenal karena resep pintxos akan diungkap, Anda akan mendapat informasi mengenai teknik presentasi serta diberi kesempatan untuk membuat pintxos sendiri di bawah bimbingan koki yang berpengalaman.

Menikmati pintxos tidak akan lengkap tanpa menyeruput segelas Txakoli, seperti yang dilakukan penduduk setempat. Txakoli adalah sparkling wine yang muda dengan keasaman rendah yang terbuat dari anggur yang tumbuh di sisi gunung dekat Laut Cantabrian. Sangat menyenangkan menyaksikan barista menuangkannya ke dalam gelas-gelas. Secara tradisional mereka menuangkan Txakoli dari atas ke dalam gelas.

Selain Txakoli, pelengkap sempurna lainnya untuk masakan Basque adalah sari buah apel (cuka) yang diproduksi secara lokal. Cuka adalah produk musiman yang dibuat dari buah pohon apel dengan menggunakan metode tradisional. Di Negara Basque, Anda dapat menemukan cuka buatan rumah tradisional di mana Anda dapat mencoba menu-menu lain termasuk iga, omelet ikan kod dan keju yang lezat. Cuka merupakan bagian penting dari gastronomi dan budaya Basque sehingga beberapa tahun lalu dibuka sebuah museum cuka bernama Sagardoetxea. Anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang apel dan pembuatan cuka, dan berpartisipasi dalam beberapa kegiatan musiman seperti memetik apel, atau Anda bahkan dapat mengunjungi Basque Cider Museum. Selain itu, beberapa tempat cuka telah mulai menawarkan tour yang dipandu, sehingga pengunjung dapat belajar tentang proses produksinya.

Rasakan suasana dan cita rasa dari utara Spanyol, Basque dengan mengunjungi Txoko Jakarta, sebuah restoran Spanyol yang memiliki spesialisasi dalam masakan Basque, yang terletak di Jl. Suryo No. 6, Kebayoran Baru, sebagai pilihan untuk menikmati kelezatan masakan Basque di Jakarta, Indonesia.

 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo

Rabu, 29 Januari 2020 - 05:30 WIB

Birokrasi Berbelit Perlambat Pengambilan Keputusan

Penyederhanaan birokrasi yang kini tengah gencar dilakukan pemerintah tak lain untuk meningkatkan efisiensi kinerja. Apabila tetap mempertahankan struktur yang hierarkis dianggap akan memperlambat…

Menteri Sosial Juliari P. Batubara

Rabu, 29 Januari 2020 - 04:30 WIB

Penyerahan PKH Tahap I 2020 akan Dipantau Presiden Jokowi

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengungkapkan Presiden Joko Widodo akan hadir dan memantau langsung pencairan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I yang berlangsung di Lapangan…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)

Rabu, 29 Januari 2020 - 04:30 WIB

Dankormar Hadiri Rapim TNI-Polri 2020

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)., menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2020 bertempat di GOR Ahmad Yani Markas Besar Tentara…

Nanny Hadi Tjahjanto,Ketum Dharma Pertiwi

Rabu, 29 Januari 2020 - 04:00 WIB

Ketum Dharma Pertiwi Buka “Rakor Dharma Pertiwi Tahun 2020”

Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi, Ny. Nanny Hadi Tjahjanto membuka secara resmi “Rakor Dharma Pertiwi Tahun Anggaran 2020”, bertempat di Gedung Balai Sudirman, Jl. Dr. Saharjo No. 268,…

Tahap III Latap Kemampuan Pelathan Prajurit Kolatmar2020

Rabu, 29 Januari 2020 - 03:00 WIB

Tahap III Latap Kemampuan Pelathan Prajurit Kolatmar2020

Kelas spesialisasi senjata bantuan infanteri (Senbanif) dalam tahap III Latihan Pemantapan Kemampuan Kepelatihan Prajurit Kolatmar tahun 2020, tingkatkan ketrampilan dan kemampuan melatih prajurit…