Dukung Pertukaran Budaya, Jababeka Residence - KAJI Gelar Festival Sakura Matsuri 2019 di Kota Jababeka

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 31 Agustus 2019 - 15:19 WIB

Jababeka Residence - KAJI Gelar Festival Sakura Matsuri 2019 di Kota Jababeka
Jababeka Residence - KAJI Gelar Festival Sakura Matsuri 2019 di Kota Jababeka

INDUSTRY.co.id - Cikarang - Jababeka Residence bekerja sama dengan Komunitas Alumni Jepang di Indonesia (KAJI) menghadirkan Festival Sakura Matsuri 2019 di Kota Jababeka, kota mandiri seluas 5600 hektare di timur Jakarta.

Festival kebudayaan Indonesia-Jepang terbesar di Jawa Barat ini diselenggarakan di Komplek Graha Pariwisata, Stadion Wibawa Mukti, Jababeka, Kabupaten Bekasi, mulai hari ini, Sabtu 31 Agustus 2019 hingga Minggu, 1 September 2019.

Acara ini menyuguhkan serangkaian acara menarik dan penampilan artis dan musisi asal Jepang dan Indonesia, seperti JKT 48, Hiroaki Kato, Enka Girls, Yoshimoto Comedian Project, Shojo Complex, Cikarang Keion Club, Jakarta Keion Club, Ren-Ai, kazu, Naira, Voir, Anla, Shodo Performance yang selalu menarik banyak perhatian pengunjung.

”Kami mendukung pertukaran budaya Indonesia dan Jepang. Ini merupakan even yang sangat baik,” kata Presdir Jababeka Sutedja S Darmono di Komplek Graha Pariwisata, Stadion Wibawa Mukti, Jababeka, Kabupaten Bekasi, Sabtu (31/8/2019)

Festival Sakura Matsuri juga menghadirkan berbagai booth bazar yang menyuguhkan berbagai macam produk dari merchandise hingga kuliner Jepang. Di samping itu, terdapat kompetisi antar perusahaan yang berada di Cikarang yaitu kompetisi Miss Sakura 2019 yang memperebutkan hadiah jalan-jalan gratis ke Jepang.

General Manager Marketing Corporate Jababeka Residence Handoyo Lim menjelaskan, Festival Sakura Matsuri merupakan event yang sangat dinanti-nantikan setiap tahun yang bertujuan memberikan sarana edukasi kepada masyarakat mengenai kebudayaan, baik Indonesia maupun Jepang.

”Di sini para pengunjung mendapat hiburan sekaligus bisa mengenal lebih dekat kebudayaan Jepang-Indonesia lewat pertunjukkan budaya dan olahraga, seperti Tari Sakura, Tari Yosakoi, Tari Soran Bushi, pertunjukkan Angklung, Drama Okashii, kerajinan Origami, pemutaran film Jepang, olah raga Kendo, Pencak Silat dan Aikido,” ujarnya.

Handoyo mengungkapkan, hadirnya Festival Sakura Matsuri merupakan simbol keharmonisan hubungan Indonesia dengan Jepang yang sudah terjalin puluhan tahun lamanya. Hal itu dibuktikan dengan adanya keterlibatan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bekasi yang memberikan dukungan positif dalam festival ini.

Pemilihan lokasi di kota Jababeka sebagai tempat acara Festival Sakura Matsuri ke-8 ini bukan tanpa alasan. Itu karena Jababeka menjadi salah satu kawasan yang memiliki jumlah masyarakat Jepang terbanyak di Indonesia. Persisnya, lokasi festival ini berdekatan dengan kawasan Golf City Jababeka.

Di mana terdapat proyek unggulan berkonsep Jepang, seperti Kawana Golf Residence (Joint Venture Jababeka dengan Creed Group asal Jepang) sebagai hunian eksklusif dengan fasilitas akses langsung ke lapangan golf.

Lalu, ada Ginza Business Loft dan Asian Village yang merupakan kawasan komersial premium yang mengusung desain dan konsep Asia, salah satunya dari Jepang. Menyoal Jababeka Residence yang menggarap beberapa proyek berkonsep Jepang.

Handoyo mengatakan, Jababeka siap apabila terdapat investor yang ingin membangun kerja sama baru, baik dari segi budaya, pariwisata, pendidikan, hotel atau high tech industry.

”Lewat festival ini, kami juga ingin menyampaikan bahwa kami terbuka untuk para investor Jepang jika mau berinvestasi di Jababeka. Sebab, di Jababeka banyak lahan representatif untuk membangun produk baru, apakah residensial, komersial, hotel, pendidikan sampai industri. Jadi, apapun bentuk kerjasama itu, kami sangat terbuka,” pungkasnya.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…