Kiat Sukses Ussy Sulistiawaty Jalankan Bisnis Kuliner

Oleh : Andi Mardana | Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:55 WIB

(IG/ussypratama)
(IG/ussypratama)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di tahun 2019 sebanyak 15 juta pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), termasuk di bidang kuliner, kini sudah mulai bertransformasi ke ranah digital dengan rata-rata kenaikan omzet sekitar 80%.

Ussy Sulistiawaty selaku selebrita sekaligus pemilik usaha kuliner Bakoel Ussy mengatakan bahwa kuliner nusantara juga perlu memanfaatkan teknologi digital untuk pemasaran.

"Siapa bilang kuliner tradisional tidak bisa go digital? Meskipun restoran saya menjual aneka hidangan Nusantara, saya percaya bahwa promosi di platform digital saat ini tidak dapat terpisahkan dari strategi pemasaran yang saya jalankan," kata Ussy.

Dengan memanfaatkan platform digital kata Ussy, ia bisa berinteraksi langsung dengan pelanggan yang dapat membantu peningkatan penjualan usaha kulinernya.

"Selain lebih cepat dan efisien, saya juga dapat Iangsung berinteraksi dengan para pelanggan dan mendapatkan banyak masukan yang berharga untuk perkembangan usaha saya di masa mendatang," lanjut Ussy.

Meski tak pernah sekolah bisnis, istri Andhika Pratama bisa dibilang sukses mendirikan tiga restoran dengan sentuhan makanan tradisional. Sebut saja restoran Bakoel Ussy, Lurik Coffee & Kitchen, dan Yummieeh Ussy yang ia dirikan.

"Awalnya saya suka banget makan, dan hobi nyari tempat makan. Tapi bukan restoran luar negeri, melainkan restoran khas Indonesia. Di rumah juga saya suka masak buat keluarga, jadi saya memutuskan untuk membuka restoran," jelas Ussy.

Kecintaannya pada masakan Indonesia membuatnya semangat untuk mendirikan restoran dengan sentuhan sajian nusantara. Seperti Bakoel Ussy contohnya, ia menyuguhkan makanan khas Sunda yang digemari banyak orang.

Kemudian untuk Lurik Coffee & Kitchen, Ussy menggabungkan seluruh makanan dari beberapa daerah di Indonesia, dengan paduan Western. Lalu di Yummieeh Ussy, ia memperkenalkan mie gaya tradisional dengan mie gaya China.

"Awalnya punya usaha makeup, jadi tahu bahwa cara promosi paling benar itu lewat media sosial. Salah satunya lewat Instagram, caranya gampang banget, aku hanya perlu makan dan masak makanan yang aku jual, biar orang-orang tertarik untuk mencoba," jelasnya.

Selain itu, Ussy mengaku ia rutin mengunggah videonya tengah makan di restorannya sendiri, sambil memperkenalkan menu-menu makanannya lewat fitur IG TV di Instagram.

Ia juga bisa menjelaskan rasa dan tekstur dari makanan yang dia jual kepada followersnya, sehingga banyak orang untuk tertarik mampir ke restorannya dan mencoba makanannya.

"Dalam seminggu biasanya rutin share makan di tiga restoran ini lewat media sosial. Hasilnya sangat luar biasa," lanjut Ussy.

Ussy juga membagikan tipsnya untuk menjalankan bisnis kuliner yang sukses, dan disukai banyak orang.

"Kalau kita punya restoran, kita harus ada di restoran itu. Biarpun yang punya artis, tapi kita tidak harus jual nama. Banyak artis yang buka restoran, tapi rasa makanannya tidak diperhatikan melainkan hanya jual nama saja," imbuhnya.

"Makanya aku selalu bilang ke semua chef di restoranku, bahwa jangan karena ini restoran milik artis, mereka masaknya jadi asal-asalan," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menparekraf Sandiaga Uno membuka Road to Run for Independence (RFID) 2024 yang diigelar untuk peringati Hari Kartini

Jumat, 26 April 2024 - 23:19 WIB

Gelorakan Gaya Hidup Sehat di Kalangan Perempuan, RFID Kembali Digelar di Hari Kartini

Road to RFID 2024 ini diadakan dengan mengambil momentum Hari Kartini yang jatuh pada 21 April, dengan misi menggelorakan kembali semangat dan gaya hidup sehat di kalangan kaum perempuan

Penandantanganan kerja sama Singapore Tourism Board dan GDP Venture yang manfaatkan teknologi AI.

Jumat, 26 April 2024 - 22:52 WIB

Lanjutkan Kemitraan, Singapore Tourism Board dan GDP Venture Manfaatkan Teknologi AI

Kolaborasi strategi pemasaran yang komprehensif dan unik ini memanfaatkan kekuatan berbagai perusahaan dalam portofolio GDP Venture untuk meningkatkan kesadaran sekaligus mendorong pertumbuhan…

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…