Inilah 5 Pemenang Bango Penerus Warisan Kuliner 2019

Oleh : Andi Mardana | Minggu, 25 Agustus 2019 - 14:27 WIB

Konferensi pers pengumuman lima pemenang kompetisi Bango Penerus Warisan Kuliner 2019 di Jakarta baru-baru ini.(Andi Mardana)
Konferensi pers pengumuman lima pemenang kompetisi Bango Penerus Warisan Kuliner 2019 di Jakarta baru-baru ini.(Andi Mardana)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Setelah berhasil membantu banyak pengusaha kuliner untuk mengembangkan usaha mereka kompetisi "Bango Penerus Warisan Kuliner 2019" persembahan Unilever Food Solutions kembali digelar.

Di tahun pelaksanaan yang ketiga ini, terpilih lima pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pemenang dengan hadiah total Rp500 juta.

Kelima pemenang tersebut yakni Renata - Zoraifi Pukis Badran Topping Daging Sapi (Solo), Riswah Yuni - Ayam Bakar Madu Salakilo (Balikpapan), Numalita Selpiani - lga Gongso Warung Gongso (Solo), Merry Christina - Lim Iga Bakar Nyakk Merry (Semarang), dan Doni Damara - Ikan Mas Bakar Donto Sau San (Tasikmalaya).

Masing-masing pemenang mendapatkan uang tunai sebesar Rp100 juta sebagai modal pengembangan usaha. Para pemenang siap bergabung bersama jutaan pelaku UMKM di Indonesia yang berhasil meraih peningkatan omzet secara signifikan dengan mengadopsi teknologi digital.

Joy Tarigan selaku Managing Director Unilever Food Solutions menuturkan, bahwa saat ini, jumlah total pasar layanan makanan atau foodservice di Indonesia memiliki pertumbuhan sebesar 9% per tahun, dengan nilai mencapai Rp 844,35 triliun di tahun 2019, dimana 90%nya merupakan restoran independen, termasuk UMKM.

"Merupakan sebuah kehormatan bagi Bango, brand kebanggaan Indonesia yang dibuat dengan bahan-bahan alami yang berkualitas telah menemani para Chef dan banyak pengusaha kuliner dalam mempertahankan kualitas hidangan mereka sehingga usaha mereka terus tumbuh dan berkembang," kata Tarigan pada konferensi pers di Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut ia mengatakan kemampuan para pengusaha untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi dapat menjadi faktor penting untuk mengembangkan bisnis mereka secara lebih signifikan.

"Di kompetisi ’Bango Penerus Warisan Kuliner 2019’ ini kami membekali para pelaku usaha kuliner mengenai pemanfaatan platform digital guna memajukan usaha sekaligus menjaga kelestarian warisan kuliner Nusantara," lanjut Joy.

Lebih dari 10.000 pengusaha kuliner nusantara telah mengikuti kompetisi ini dengan mendaftarkan usaha mereka melalui situs peneruskuliner.com. Sebanyak 24 finalis kemudian terpilih berdasarkan jumlah voting terbanyak, kesesuaian hidangan, dan cerita terbaik.

Selanjutnya, dewan juri yang terdiri dari Vita Datau, Chef Ragil Imam Wibowo, dan perwakilan Unilever Food Solutions telah memilih lima pemenang dalam acara final yang diadakan di Jakarta pada 21 Agustus 2019.

Uniknya, selain mengikuti proses penjurian, ke-24 finalis berhak mengikuti rangkaian workshop untuk kemajuan usaha mereka, yaitu Digital Marketing Workshop oleh Gilang Margi, salah seorang pelaku kuliner yang meraih sukses melalui digital marketing berupa pengenalan strategi digital marketing khususnya di media sosial.

Tidak hanya itu, mereka juga akan mengikuti Culinary Story-telling Workshop oleh Ade Putri Paramadita, seorang food storyteller ternama Indonesia berupa materi dan praktek mengenai pentingnya membangun narasi yang kuat dan unik guna mendukung strategi digital marketing.

"Melalui kompetisi ini, kami berharap dapat terus membantu memberikan wadah dan kesempatan seluas-luasnya bagi para pengusaha kuliner nusantara untuk bisa lebih sukses dan dikenal, terutama melalui patform digital," tutur Joy.

Guna memberikan manfaat yang lebih luas, ia mengajak seluruh pengusaha kuliner untuk mengakses semua materi workshop ini dengan mengunjungi unileverfoodsolutions.co.id.

Di situs ini, terdapat pula berbagai ide, kreasi, dan informasi seputar bisnis kuliner yang akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan usaha mereka.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

- PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia

Sabtu, 27 April 2024 - 06:46 WIB

Dukung Energi Hijau, Energasindo Heksa Karya, Tripatra, dan Pasir Tengah Berkolaborasi Kembangkan Compressed Bio Methane (“CBM”)

PT Energasindo Heksa Karya ("EHK"), Perusahaan distribusi gas Indonesia yang sahamnya dimiliki oleh PT. Rukun Raharja, Tbk dan Tokyo Gas, PT Tripatra Engineering ("Tripatra"), anak perusahaan…

Siloam Hospitals

Sabtu, 27 April 2024 - 06:37 WIB

Siloam Hospitals Mempertahankan Pertumbuhan dan Melayani Lebih dari 1 Juta Pasien di Kuartal Pertama 2024

Siloam mengumumkan kinerja keuangan dan operasional untuk kuartal pertama tahun 2024. Perseroan mengawali tahun 2024 dengan pertumbuhan yang berkelanjutan dan telah melayani lebih dari 1 juta…

Viya Arsa Wireja Head of Communication Panasonic Gobel Indonesia bersama terdampak Gempa Cianjur

Sabtu, 27 April 2024 - 06:36 WIB

Hadirkan Solusi Bagi Masyarakat Terdampak Gempa, Panasonic GOBEL Donasikan Ratusan Solar Lantern

PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) kembali merealisasikan program globalnya untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan, perkembangan dan kesejahteraan masyarakat melalui operasional bisnisnya…

RUPS-LB Transpower

Sabtu, 27 April 2024 - 06:13 WIB

PT Trans Power Marine Bagikan Dividen 63 Persen

Selama tahun 2023, kondisi perekonomian global masih menghadapi tekanan yang cukup signifikan, dihadapkan oleh tingginya tingkat inflasi dan era suku bunga tinggi, yang menyebabkan ketidakpastian…

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Sabtu, 27 April 2024 - 04:40 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi Gelaran Art Jakarta Gardens 2024

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mengapresiasi terselenggaranya Art Jakarta Gardens 2024 di Hutan Kota, Plataran mulai 23-28 April 2028. Menghadirkan berbagai…