DPR: Ekosistem Pengelolaannya Tersistematis

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 24 Agustus 2019 - 14:42 WIB

Sentra bawang merah
Sentra bawang merah

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Meningkatnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB) yang disumbangkan sektor pertanian pada Triwulan II- 2019 merupakan tanda makin tersistematisnya ekosistem pengelolaan usaha agraris di Indonesia.

Hal itu disampaikan anggota Komisi IV DPR Agustina Wilujeng Pramestuti, Jumat (23/8/2019).

"Artinya di situ menunjukkan kalau pertanian kita punya sasaran mau ke mana ditujukannya. Terus apakah akan memberikan manfaat ekonomi kepada negara," ucap Agustina.

Menurut Agustina, bertahannya prestasi PDB sektor pertanian setiap tahunnya disebabkan antara lain faktor dapatnya digali komoditas strategis yang dibutuhkan di pasaran untuk memberikan kemanfaatan ekonomi.

"Produksi pertanian yang disasar tidak asal rasanya. Jadi menyesuaikan dengan yang dicari dan punya nilai tambah. Tidak sekadar menutupi kebutuhan konsumsi," kata Agustina.

Badan Pusat Statistik (BPS) telah mengumumkan PDB sektor pertanian Triwulan II-2019 meningkat 5,41 persen. Pertumbuhan PDB tersebut lebih besar dari Triwulan II-2017 dan 2018 yang masing-masing 3 persen dan 5,01 persen.

Rilis BPS menyebutkan, melonjaknya PDB sektor pertanian mencakup hampir semua subsektor, seperti tanaman pangan 5,13 persen, hortikultura 6,11 persen, perkebunan 4,45 persen dan peternakan 7,78 persen.

Kontribusi PDB pertanian di Triwulan II-2019 mencatatkan sektor tersebut berada di posisi kedua setelah perindustrian terhadap andil ke PDB skala nasional.

BPS juga mengakui bahwa sumbangan PDB sektor pertanian selama 4,5 tahun terakhir mampu mengukuhkan capaian yang terus melejit. Bahkan, PDB sektor pertanian tahun 2017 dan 2018 sebesar 3,7 persen berhasil melampaui angka target yakni 3,5 persen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO Nagaswara Music Rahayu Kertawiguna

Jumat, 28 Februari 2020 - 12:30 WIB

Nagaswara Music Rilis Single Penyanyi Pop

Nagaswara terus membuktikan eksistensinya sebagai label rekaman paling produktif dalam menggelontorkan penyanyi andalannya untuk mengisi industri musik Indonesia. Setelah meluncurkan akhir Februari…

Schneider Electric Indonesia

Jumat, 28 Februari 2020 - 12:05 WIB

Terbitkan 21 Indikator, Cara Schneider Electric Raksasa Bisnis Energi dan Otomasi Global Mengukur Kinerja Berkelanjutannya

ntuk tahun kelima, Schneider Electric, perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi, mengumumkan laporan tahunan 2019 yang menggabungkan laporan keuangan dan…

Dianna Dee

Jumat, 28 Februari 2020 - 12:00 WIB

Dianna Dee Percaya Diri Mengarungi Industri Musik Nasional

Meski pernah gagal pada single perdana tidak membuat Dianna Dee Starlight, putus asa.

39 Finalis Putri Indonesia Promosikan Kawasan Wisata Labuhan Bajo

Jumat, 28 Februari 2020 - 11:57 WIB

39 Finalis Putri Indonesia Promosikan Kawasan Wisata Labuhan Bajo

Ajang pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2020 yang mengusung tema kekayaan budaya dan keindahan alam Nusa Tenggara Timur (NTT), akan dijadikan arena untuk mempromosikan Labuan Bajo sebagai destinasi…

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 28 Februari 2020 - 11:45 WIB

BCA Kembali Gelar Seminar Edukasi Nasabah Tentang Kiriman Valuta Asing

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) senantiasa menjaga komitmen untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan melalui berbagai pilihan solusi perbankan untuk nasabah, tidak terkecuali layanan transfer…