Nestlé Indonesia Perluas Seluruh Pabrik di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 01 Agustus 2019 - 10:00 WIB

Nestle Indonesia Perluas Seluruh Pabrik di Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)
Nestle Indonesia Perluas Seluruh Pabrik di Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Karawang-PT Nestlé Indonesia mengumumkan perluasan tiga pabriknya yang berlokasi di Karawang (Jawa Barat), Kejayan (Jawa Timur) dan Panjang (Lampung). Investasi sebesar 100 juta dollar AS tersebut akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas produksi Nestlé di Indonesia saat ini sebesar 25%. Keseluruhan perluasan pabrik ini direncanakan untuk memproduksi beberapa produk yang telah ada maupun akan hadir di Indonesia, seperti BEAR BRAND, MILO dan MAGGI.

“Kami melihat kesempatan bisnis yang semakin kondusif di Indonesia, diiringi dengan pertumbuhan permintaan konsumen terhadap produk-produk makanan dan minuman Nestlé yang bergizi serta berkualitas tinggi. Memberikan produk bernilai tambah merupakan salah satu wujud upaya kami untuk meningkatkan kualitas hidup dan terus berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat bagi masyarakat Indonesia,” kata Dharnesh Gordhon, Presiden Direktur Nestlé Indonesia, Rabu (31/7/2019)

Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, yang melakukan peletakan batu pertama perluasan pabrik Nestlé di Karawang mengatakan, “Kami menyambut baik keputusan Nestlé untuk menambah investasi dan meningkatkan kapasitas produksi mereka di Indonesia. Setelah beroperasi selama 48 tahun di Indonesia, Nestlé semakin memperkuat komitmennya dalam memajukan industri yang ada dalam rantai usahanya, dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi negara. Hal ini juga menunjukkan optimisme perusahaan multinasional terhadap peluang yang ada di Indonesia, dan kami harap akan ada lebih banyak pihak yang mengikuti jejak Nestlé untuk berinvestasi di Tanah Air.”

 Penambahan investasi ini akan digunakan untuk lini baru produksi pengolahan produk minuman cair, seperti MILO dan NESCAFÉ Ready to Drink, produk susu steril murni BEAR BRAND, dan MAGGI untuk kebutuhan kuliner. Saat ini, pabrikpabrik Nestlé di Indonesia telah memproduksi bubur bayi CERELAC, minuman cokelat malt MILO, dan susu bubuk DANCOW dan LACTOGROW, serta produk kopi instan dan kopi mix NESCAFÉ. 

 “Perluasan pabrik ini merupakan bentuk nyata dari komitmen Nestlé Indonesia untuk menciptakan manfaat bersama, tidak hanya melalui produk yang berkualitas tinggi dan bernutrisi, tapi sekaligus memberikan dampak positif jangka panjang bagi masyarakat secara luas melalui semua kegiatan yang kami lakukan, bersamaan dengan pengembangan bisnis kami. Melalui investasi ini, kami berharap untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian para petani dan peternak, pemasok bahan baku kami.” tutup Dharnesh Gordhon. 

 Seremoni peletakan batu pertama yang menandai dimulainya pembangunan perluasan ketiga pabrik tersebut dilakukan di PT Nestlé Indonesia Pabrik Karawang, dan dihadiri antara lain oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, Duta Besar Republik Afrika Selatan untuk Indonesia Dr Hilton Fisher, dan Asisten Pembangunan Setda Karawang Drs. H. Ahmad Hidayat.

Tentang Nestlé Indonesia

 Nestlé Indonesia adalah anak perusahaan Nestlé S.A., produsen makanan dan minuman terbesar di dunia yang berkantor pusat di Vevey, Swiss. Sebagai perusahaan di bidang gizi, kesehatan dan keafiatan, Nestlé telah beroperasi selama lebih dari 150 tahun dan hadir di 189 negara dengan lebih dari 2.000 merek yang seluruhnya memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat.

 Nestlé Indonesia didirikan pada tahun 1971 dan mempekerjakan sekitar 3.700 karyawan. Nestlé Indonesia memiliki tiga pabrik di Indonesia yang memproduksi susu, makanan dan minuman dengan merek-merek terkenal seperti DANCOW, MILO, NESCAFÉ, LACTOGROW, CERELAC, KITKAT, BEAR BRAND, dan lain-lain.

 Nestlé merupakan perusahaan makanan dan minuman dengan pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) terbesar di dunia, yang melibatkan sekitar 5.000 karyawan di 23 lokasi di seluruh dunia. Di Asia, Nestlé memiliki pusat Penelitian dan Pengembangan di Beijing, Shanghai, Singapura dan Gurgaon.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Truk bermuatan lebih

Minggu, 19 Januari 2020 - 14:30 WIB

Lima Industri Ini Dapat Pengecualian Zero ODOL Sampai 2022 dari Kemenhub

Kemenhub dan Kemenperin telah bersepakat akan memberlakukan pengecualian untuk kendaraan ODOL yang mengangkut 5 industri pengangkut komoditas berikut: semen, baja, kaca lembaran, beton ringan,…

Bandara Soekarno-Hatta Siap Jadi Destinasi Wisata dan Seni Budaya Indonesia

Minggu, 19 Januari 2020 - 13:00 WIB

Bandara Soekarno-Hatta Siap Jadi Destinasi Wisata dan Seni Budaya Indonesia

Bandara Internasional Soekarno-Hatta merupakan salah satu Pintu Gerbang Utama Indonesia dalam menyambut kedatangan wisawatan mancanegara.

K13N Band Ramaikan Industri Musik Nasional

Minggu, 19 Januari 2020 - 12:30 WIB

K13N Band Ramaikan Industri Musik Nasional

Meski industri musik Indonesia tengah mati suri, dan grup band mapan rontok. Ternyata tidak mengurang minat pemusik muda untuk meramaikannya. Salah satu nya K13N band, yang beranggotakan, Chikin…

DPP Parfia Gelar Parfi Award 2020

Minggu, 19 Januari 2020 - 12:00 WIB

DPP Parfia Gelar Parfi Award 2020

Terobosan dilakukan DPP Persatuan Artis Film (PARFI) Kuningan yang dikomandan Firman Nurjaya, Sultan Saladin dkk. Berencana akan menggelar ajang PARFI AWARDS 2020 dengan tema “Film Indonesia…

Penataan Kawasan Olahraga Kampung Harapan dan Doyo Baru

Minggu, 19 Januari 2020 - 11:55 WIB

Kementerian PUPR Lakukan Penataan Kawasan Olahraga Kampung Harapan dan Doyo Baru

Penataan dilakukan di kawasan pembangunan arena olahraga (venue) Aquatic dan ISTORA Papua Bangkit di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur dan arena Cricket dan Lapangan Hockey…