Nestlé Indonesia Perluas Seluruh Pabrik di Indonesia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 01 Agustus 2019 - 10:00 WIB

Nestle Indonesia Perluas Seluruh Pabrik di Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)
Nestle Indonesia Perluas Seluruh Pabrik di Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Karawang-PT Nestlé Indonesia mengumumkan perluasan tiga pabriknya yang berlokasi di Karawang (Jawa Barat), Kejayan (Jawa Timur) dan Panjang (Lampung). Investasi sebesar 100 juta dollar AS tersebut akan digunakan untuk meningkatkan kapasitas produksi Nestlé di Indonesia saat ini sebesar 25%. Keseluruhan perluasan pabrik ini direncanakan untuk memproduksi beberapa produk yang telah ada maupun akan hadir di Indonesia, seperti BEAR BRAND, MILO dan MAGGI.

“Kami melihat kesempatan bisnis yang semakin kondusif di Indonesia, diiringi dengan pertumbuhan permintaan konsumen terhadap produk-produk makanan dan minuman Nestlé yang bergizi serta berkualitas tinggi. Memberikan produk bernilai tambah merupakan salah satu wujud upaya kami untuk meningkatkan kualitas hidup dan terus berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat bagi masyarakat Indonesia,” kata Dharnesh Gordhon, Presiden Direktur Nestlé Indonesia, Rabu (31/7/2019)

Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, yang melakukan peletakan batu pertama perluasan pabrik Nestlé di Karawang mengatakan, “Kami menyambut baik keputusan Nestlé untuk menambah investasi dan meningkatkan kapasitas produksi mereka di Indonesia. Setelah beroperasi selama 48 tahun di Indonesia, Nestlé semakin memperkuat komitmennya dalam memajukan industri yang ada dalam rantai usahanya, dan berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi negara. Hal ini juga menunjukkan optimisme perusahaan multinasional terhadap peluang yang ada di Indonesia, dan kami harap akan ada lebih banyak pihak yang mengikuti jejak Nestlé untuk berinvestasi di Tanah Air.”

 Penambahan investasi ini akan digunakan untuk lini baru produksi pengolahan produk minuman cair, seperti MILO dan NESCAFÉ Ready to Drink, produk susu steril murni BEAR BRAND, dan MAGGI untuk kebutuhan kuliner. Saat ini, pabrikpabrik Nestlé di Indonesia telah memproduksi bubur bayi CERELAC, minuman cokelat malt MILO, dan susu bubuk DANCOW dan LACTOGROW, serta produk kopi instan dan kopi mix NESCAFÉ. 

 “Perluasan pabrik ini merupakan bentuk nyata dari komitmen Nestlé Indonesia untuk menciptakan manfaat bersama, tidak hanya melalui produk yang berkualitas tinggi dan bernutrisi, tapi sekaligus memberikan dampak positif jangka panjang bagi masyarakat secara luas melalui semua kegiatan yang kami lakukan, bersamaan dengan pengembangan bisnis kami. Melalui investasi ini, kami berharap untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil pertanian para petani dan peternak, pemasok bahan baku kami.” tutup Dharnesh Gordhon. 

 Seremoni peletakan batu pertama yang menandai dimulainya pembangunan perluasan ketiga pabrik tersebut dilakukan di PT Nestlé Indonesia Pabrik Karawang, dan dihadiri antara lain oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto, Duta Besar Republik Afrika Selatan untuk Indonesia Dr Hilton Fisher, dan Asisten Pembangunan Setda Karawang Drs. H. Ahmad Hidayat.

Tentang Nestlé Indonesia

 Nestlé Indonesia adalah anak perusahaan Nestlé S.A., produsen makanan dan minuman terbesar di dunia yang berkantor pusat di Vevey, Swiss. Sebagai perusahaan di bidang gizi, kesehatan dan keafiatan, Nestlé telah beroperasi selama lebih dari 150 tahun dan hadir di 189 negara dengan lebih dari 2.000 merek yang seluruhnya memiliki tujuan yang sama yaitu meningkatkan kualitas hidup dan berkontribusi untuk masa depan yang lebih sehat.

 Nestlé Indonesia didirikan pada tahun 1971 dan mempekerjakan sekitar 3.700 karyawan. Nestlé Indonesia memiliki tiga pabrik di Indonesia yang memproduksi susu, makanan dan minuman dengan merek-merek terkenal seperti DANCOW, MILO, NESCAFÉ, LACTOGROW, CERELAC, KITKAT, BEAR BRAND, dan lain-lain.

 Nestlé merupakan perusahaan makanan dan minuman dengan pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) terbesar di dunia, yang melibatkan sekitar 5.000 karyawan di 23 lokasi di seluruh dunia. Di Asia, Nestlé memiliki pusat Penelitian dan Pengembangan di Beijing, Shanghai, Singapura dan Gurgaon.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso di Universitas Sebelas Maret

Minggu, 25 Agustus 2019 - 09:20 WIB

Wimboh Dikukuhkan jadi Guru Besar Tidak Tetap FEB UNS

Surakarta—Untuk pertama kalinya, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengukuhkan guru besar tidak tetap di bidang Ilmu Manajemen Risiko pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Beliau…

Singapore Airlines (SIA) Grup (Foto Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 09:00 WIB

SIA-BCA Travel Fair 2019 Tawarkan Harga dan Paket Perjalanan Menarik

Singapore Airlines (SIA) bersama Bank Central Asia (BCA) kembali menyelenggarakan Singapore Airlines – BCA Travel Fair 2019 pada tanggal 23 – 25 Agustus 2019. Travel fair ini akan diselenggarakan…

Petani santri milenial

Minggu, 25 Agustus 2019 - 08:13 WIB

Dorong Kerjasama Program Santri Tani dan OPOP

Surabaya - Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), sekaligus koordinator OPOP Training Center, Mohammad…

Kepala Badan Karantina Kementan di Sumbar

Minggu, 25 Agustus 2019 - 07:43 WIB

Sumbar Ekspor Cangkang Sawit Ke Jepang

Padang -  Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) melepas 22,8 ribu ton produk turunan sawit asal Sumatera Barat. Produk turunan sawit  masing-masing minyak sawit…

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo di UGM

Minggu, 25 Agustus 2019 - 07:24 WIB

BNI Syariah Dorong Kedaulatan Pangan Melalui Ekonomi Syariah

Jogjakarta - BNI Syariah berusaha mendorong kedaulatan pangan. Salah satunya dilakukan dengan partisipasi bank di acara Seminar Nasional Hasil Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian yang diadakan…