SIA Cargo Perluas Berbagai Solusi untuk Kargo Farmasi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 15 Juni 2019 - 12:00 WIB

Singapore Airlines (Foto Dok Industry.co.id)
Singapore Airlines (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Singapore Airlines (SIA) Cargo telah memperluas berbagai solusi transportasi untuk kargo khusus farmasi dengan mengembangkan jaringannya melalui  koridor THRUCOOL yang berkualitas dan menandatangani perjanjian sewa dengan Skycell, penyedia solusi kontainer dengan suhu terkontrol yang terkemuka. 

SIA Cargo meluncurkan layanan THRUCOOL pada bulan September 2018 sebagai sebuah layanan cold chain yang mengangkut kargo farmasi bernilai tinggi, sensitif terhadap waktu dan suhu terkontrol dengan cepat dan andal. Peluncuran ini bertepatan dengan pengenalan rute Zurich-Singapura-Sydney, dengan kontrol suhu end-to-end yang ketat untuk penanganan dan transportasi barang yang sensitif terhadap suhu. Dengan mematuhi standar yang diadopsi dari program IATA CEIV Pharma, koridor kualitas ini memenuhi  kebutuhan industri untuk  keselamatan, perawatan, dan efisiensi dalam pengangkutan  produk farmasi.

Mulai pada tanggal 13 Juni, SIA Cargo akan menambahkan Amsterdam dan Kota Ho Chi Minh ke dalam jaringan koridor kualitasnya. Melalui penambahan ini, para pelanggan akan memiliki pilihan untuk menggunakan THRUCOOL guna mengangkut produk farmasi dari Amsterdam atau Zurich ke Kota Ho Chi Minh atau Sydney melalui Singapura, dengan jaminan perhatian yang maksimal terhadap keutuhan produk pada setiap langkah di perjalanannya.

Selanjutnya, SIA Cargo akan terus bekerja sama dengan mitra-mitra dalam industri untuk memperluas kualitas jaringan koridornya di jalur perdagangan utama, dengan beberapa lokasi yang direncanakan untuk dimasukan ke dalam jaringan dalam beberapa bulan mendatang.

Sebagai demonstrasi  lebih lanjut terhadap komitmen SIA pada kualitas pengangkutan produk-produk farmasi, SIA Cargo telah menandatangani perjanjian tiga tahunan dengan SkyCell untuk penyewaan kontainer khusus dengan suhu terkontrol, yang efektif berlangsung sejak tanggal 1 Mei 2019.

Kontainer-kontainer yang diproduksi di Swiss ini dirancang secara khusus untuk menjaga produk farmasi dalam suhu antara dua hingga delapan derajat atau 15 hingga 25 derajat celsius, meskipun berada dalam lingkungan suhu yang ekstrim. Penyekatan yang dipatenkan secara canggih membantu untuk memantulkan radiasi dan meminimalisir konduksi panas, sementara teknologi pendinginan yang menyimpan energi lima kali lebih banyak daripada metode tradisional juga akan menjamin setiap kontainer disimpan pada suhu yang stabil. Seluruh kontainer dilengkapi dengan sensor IoT yang terhubung pada cloud data untuk memantau kualitas.  

Chin Yau Seng, Senior Vice President Cargo Singapore Airlines mengatakan, “Perluasan kualitas jaringan koridor  THRUCOOL dan kemitraan penyewaan kontainer baru kami dengan SkyCell kembali menggarisbawahi komitmen kami untuk menyediakan layanan cold chain  khusus yang terjamin kualitasnya pada saat mengangkut pengiriman farmasi yang sensitif terhadap waktu dan suhu. Kami akan terus memperluas dan memperkuat penawaran-penawaran layanan kami, serta bekerja sama dengan para mitra dalam industri untuk mengejar inovasi dalam pengangkutan produk farmasi.”

“Singapore Airlines merupakan maskapai terkemuka di Asia Pasifik dengan penawaran layanan khusus untuk produk farmasi dan jaringan yang luas. Kerja sama ini akan memenuhi permintaan yang terus meningkat akan solusi transportasi produk farmasi yang dapat diandalkan dan aman di kawasan Asia Pasifik, serta berkontribusi untuk menghilangkan kemungkinan perubahan suhu dalam pengiriman ke pasar-pasar negara berkembang,” ungkap Richard Ettl, CEO of SkyCell.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Krakatau Steel Tbk (KRAS) (Foto Ist)

Rabu, 29 Januari 2020 - 06:00 WIB

Krakatau Steel Tuntaskan Restrukturisasi Hutang

PT Krakatau Steel (persero) Tbk telah menyelesaikan restrukturisasi hutang senilai USD2 miliar. Restrukturisasi hutang ini adalah restrukturisasi hutang terbesar yang pernah ada di Indonesia.…

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo

Rabu, 29 Januari 2020 - 05:30 WIB

Birokrasi Berbelit Perlambat Pengambilan Keputusan

Penyederhanaan birokrasi yang kini tengah gencar dilakukan pemerintah tak lain untuk meningkatkan efisiensi kinerja. Apabila tetap mempertahankan struktur yang hierarkis dianggap akan memperlambat…

Menteri Sosial Juliari P. Batubara

Rabu, 29 Januari 2020 - 04:30 WIB

Penyerahan PKH Tahap I 2020 akan Dipantau Presiden Jokowi

Menteri Sosial Juliari P. Batubara mengungkapkan Presiden Joko Widodo akan hadir dan memantau langsung pencairan bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) tahap I yang berlangsung di Lapangan…

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)

Rabu, 29 Januari 2020 - 04:30 WIB

Dankormar Hadiri Rapim TNI-Polri 2020

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han)., menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2020 bertempat di GOR Ahmad Yani Markas Besar Tentara…

Nanny Hadi Tjahjanto,Ketum Dharma Pertiwi

Rabu, 29 Januari 2020 - 04:00 WIB

Ketum Dharma Pertiwi Buka “Rakor Dharma Pertiwi Tahun 2020”

Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi, Ny. Nanny Hadi Tjahjanto membuka secara resmi “Rakor Dharma Pertiwi Tahun Anggaran 2020”, bertempat di Gedung Balai Sudirman, Jl. Dr. Saharjo No. 268,…