SIA Cargo Perluas Berbagai Solusi untuk Kargo Farmasi

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 15 Juni 2019 - 12:00 WIB

Singapore Airlines (Foto Dok Industry.co.id)
Singapore Airlines (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Singapore Airlines (SIA) Cargo telah memperluas berbagai solusi transportasi untuk kargo khusus farmasi dengan mengembangkan jaringannya melalui  koridor THRUCOOL yang berkualitas dan menandatangani perjanjian sewa dengan Skycell, penyedia solusi kontainer dengan suhu terkontrol yang terkemuka. 

SIA Cargo meluncurkan layanan THRUCOOL pada bulan September 2018 sebagai sebuah layanan cold chain yang mengangkut kargo farmasi bernilai tinggi, sensitif terhadap waktu dan suhu terkontrol dengan cepat dan andal. Peluncuran ini bertepatan dengan pengenalan rute Zurich-Singapura-Sydney, dengan kontrol suhu end-to-end yang ketat untuk penanganan dan transportasi barang yang sensitif terhadap suhu. Dengan mematuhi standar yang diadopsi dari program IATA CEIV Pharma, koridor kualitas ini memenuhi  kebutuhan industri untuk  keselamatan, perawatan, dan efisiensi dalam pengangkutan  produk farmasi.

Mulai pada tanggal 13 Juni, SIA Cargo akan menambahkan Amsterdam dan Kota Ho Chi Minh ke dalam jaringan koridor kualitasnya. Melalui penambahan ini, para pelanggan akan memiliki pilihan untuk menggunakan THRUCOOL guna mengangkut produk farmasi dari Amsterdam atau Zurich ke Kota Ho Chi Minh atau Sydney melalui Singapura, dengan jaminan perhatian yang maksimal terhadap keutuhan produk pada setiap langkah di perjalanannya.

Selanjutnya, SIA Cargo akan terus bekerja sama dengan mitra-mitra dalam industri untuk memperluas kualitas jaringan koridornya di jalur perdagangan utama, dengan beberapa lokasi yang direncanakan untuk dimasukan ke dalam jaringan dalam beberapa bulan mendatang.

Sebagai demonstrasi  lebih lanjut terhadap komitmen SIA pada kualitas pengangkutan produk-produk farmasi, SIA Cargo telah menandatangani perjanjian tiga tahunan dengan SkyCell untuk penyewaan kontainer khusus dengan suhu terkontrol, yang efektif berlangsung sejak tanggal 1 Mei 2019.

Kontainer-kontainer yang diproduksi di Swiss ini dirancang secara khusus untuk menjaga produk farmasi dalam suhu antara dua hingga delapan derajat atau 15 hingga 25 derajat celsius, meskipun berada dalam lingkungan suhu yang ekstrim. Penyekatan yang dipatenkan secara canggih membantu untuk memantulkan radiasi dan meminimalisir konduksi panas, sementara teknologi pendinginan yang menyimpan energi lima kali lebih banyak daripada metode tradisional juga akan menjamin setiap kontainer disimpan pada suhu yang stabil. Seluruh kontainer dilengkapi dengan sensor IoT yang terhubung pada cloud data untuk memantau kualitas.  

Chin Yau Seng, Senior Vice President Cargo Singapore Airlines mengatakan, “Perluasan kualitas jaringan koridor  THRUCOOL dan kemitraan penyewaan kontainer baru kami dengan SkyCell kembali menggarisbawahi komitmen kami untuk menyediakan layanan cold chain  khusus yang terjamin kualitasnya pada saat mengangkut pengiriman farmasi yang sensitif terhadap waktu dan suhu. Kami akan terus memperluas dan memperkuat penawaran-penawaran layanan kami, serta bekerja sama dengan para mitra dalam industri untuk mengejar inovasi dalam pengangkutan produk farmasi.”

“Singapore Airlines merupakan maskapai terkemuka di Asia Pasifik dengan penawaran layanan khusus untuk produk farmasi dan jaringan yang luas. Kerja sama ini akan memenuhi permintaan yang terus meningkat akan solusi transportasi produk farmasi yang dapat diandalkan dan aman di kawasan Asia Pasifik, serta berkontribusi untuk menghilangkan kemungkinan perubahan suhu dalam pengiriman ke pasar-pasar negara berkembang,” ungkap Richard Ettl, CEO of SkyCell.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Proyek Lapangan Sidayu

Kamis, 24 September 2020 - 12:05 WIB

PGN SAKA Komitmen Tepat Waktu dan Efisiensi Proyek Lapangan Sidayu

Sesuai dengan persetujuan Plan of Development (POD), pengembangan Lapangan Sidayu terdiri dari pembangunan dua wellhead platforms, yaitu Well-Head Platform C (WHP C) dan Well-Head Platform…

Pementasan Ala Broadway dalam Kisah Huana di New York

Kamis, 24 September 2020 - 12:00 WIB

Pementasan Ala Broadway dalam Kisah Huana di New York

Pementasan #BroadwaynyaIndonesia yang bertajuk Kisah Huana di New York ini mengusung tema komedi musikal dan akan ditayangkan pada Sabtu, 26 September dan Minggu, 27 September 2020 pukul 15.00…

Pembangkit Listrik

Kamis, 24 September 2020 - 11:47 WIB

Hingga Juni 2020, Kapasitas Pembangkit Listrik Nasional Mencapai 71 Giga Watt

Angka ini naik 1,3 GW dibandingkan akhir tahun 2019 lalu sebesar 69,7 GW.

Mendikbud Nadiem

Kamis, 24 September 2020 - 11:36 WIB

Kabar Gembira! Mendikbud Tegaskan Tak Akan Ada Sekolah yang Dana BOS-nya Turun, Nadiem: Tahun Depan Naik

 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menegaskan tidak akan menurunkan anggaran Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di tahun depan. Bahkan Menteri Nadiem memastikan sekolah-sekolah…

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Dipastikan Tingkatkan Perekonomian Tanah Melayu

Kamis, 24 September 2020 - 11:33 WIB

Jalan Tol Pekanbaru-Dumai Dipastikan Tingkatkan Perekonomian Tanah Melayu

Jum’at(25/9/2020), jalan tol pertama di Provinsi Riau ini akan diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo secara virtual.