10 Destinasi Wisata Pilihan Bukittinggi Sumbar

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 Juni 2019 - 21:00 WIB

Kota Bukittinggi Sumatera Barat (Foto Tribunnews)
Kota Bukittinggi Sumatera Barat (Foto Tribunnews)

INDUSTRY.co.id - Bukittinggi - Kota Bukittinggi di Sumatera Barat menawarkan sepuluh pilihan destinasi wisata yang dapat dikunjungi wisatawan yang mengisi libur panjang Lebaran 1440 Hijriah.

"Objek wisata di Bukittinggi sudah dibenahi dengan pengecatan ulang dan pembersihan untuk menyambut libur Lebaran tahun ini," kata Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Bukittinggi Erwin Umar di Bukittinggi, Minggu (2/6/2019)

Destinasi pertama yang dapat disinggahi yaitu ikon daerah setempat taman pedestrian Jam Gadang. Lokasi ini menyediakan area taman yang lapang dan ramah disabilitas dilengkapi mushala dan kamar mandi yang nyaman.

Dari taman Jam Gadang, pengunjung dapat menuju Jalan Minangkabau untuk berkunjung ke salah satu kebun binantang tertua di Indonesia, Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan (TMSBK).

Saat ini ada bagian dari objek wisata tersebut yang ditutup untuk pembangunan "skywalk" namun pengunjung tetap dapat berkunjung karena telah diberi pembatas sehingga pembangunan tidak mengganggu wisatawan.

Selanjutnya menuju Taman Panorama dan Lubang Jepang di Jalan Panorama untuk menikmati keelokan Ngarai Sianok dan menelusuri lubang pertahanan Jepang masa Perang Dunia II.

Untuk menikmati keempat destinasi tersebut, wisatawan dapat mencapainya dengan berjalan kaki karena jarak yang tidak terlalu jauh dan menghindari kemacetan karena meningkatnya volume kendaraan.

Cukup parkirkan kendaraan di gedung parkir di Jalan Perintis Kemerdekaan atau halaman kantor dan sekolah yang telah diberi tanda sebagai lokasi parkir, lalu jalan kaki ke lokasi-lokasi tersebut.

Destinasi lainnya yaitu menelusuri lembah Ngarai Sianok dengan melewati Jalan Ngarai Binuang, Taman Panorama Baru di Kelurahan Puhun Pintu Kabun untuk menikmati Ngarai Sianok dari sisi berbeda, dan Janjang Ampek Puluah yang dibangun di masa pemerintahan Hindia Belanda untuk menghubungkan pasar-pasar di Bukittinggi.

Kemudian Bukit Taman Balai Kota Bukittinggi di Jalan Kesuma Bakti Gulai Bancah dan Perpustakaan Proklamator Bung Hatta yang berada di area yang sama.

Berkunjung ke Bukittinggi juga belum lengkap jika belum singgah ke Rumah Kelahiran Bung Hatta di Jalan Soekarno-Hatta.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil saat musnahkan komoditas Ilegal

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:55 WIB

Barantan Gandeng Polri Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum

Jakarta - Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian menjalin kerjasama dengan Kepolisian. Kerjasama dalam bidang pengawasan dan penegakan hukum.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:15 WIB

AMMDes Pengumpan Ambulans Jadi Pilot Project di Banten

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan pada Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) di seluruh daerah Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Eko S.A. Cahyanto

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:40 WIB

Bikin SDM Industri Kompetitif, Kemenperin Susun Kurikulum Hingga Usul Insentif

Kementerian Perindustrian terus memacu ketersediaan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) sektor industri. Langkah strategis yang telah dilakukan, salah satunya adalah pelaksanaan pendidikan…

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira Puspadewi

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:00 WIB

Sinergi Pengembangan Destinasi Pariwisata baru di Bakauheni, Lampung

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoerdan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira…

Dirjen Bina Konstruksi selaku Ketua Komite K2 Syarif Burhanuddin

Rabu, 17 Juli 2019 - 08:55 WIB

Ini Hasil Evaluasi Komite Keselamatan Konstruksi Atas Peristiwa Runtuhnya Formwork Pierhead Tol BORR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) dan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) telah melakukan evaluasi atas…