Sejuta Wisatawan akan Kunjungi Sumbar Saat Libur Lebaran

Oleh : Herry Barus | Jumat, 31 Mei 2019 - 13:30 WIB

Danau Singkarak Sumbar (Foto Ist)
Danau Singkarak Sumbar (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Padang- Sebanyak satu juta wisatawan nusantara dan mancanegara diprediksi akan mengunjungi Provinsi Sumatera Barat saat libur Lebaran 2019, sehingga pemerintah dan pengelola destinasi wisata diminta untuk memberikan pelayanan terbaik.

"Wisatawan datang dari berbagai daerah dan negara, sebagian besar adalah pemudik," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Oni Yulfian, di Padang, kemarin.

Ia menyebutkan, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno telah mengeluarkan sejumlah imbauan kepada kabupaten dan kota terkait pelayanan terhadap wisatawan.

Imbauan itu di antaranya menertibkan usaha terkait pariwisata, penertiban parkir, agar jangan semena-mena menentukan tarif karena praktik itu sangat merugikan nama daerah di mata wisatawan.

Selain itu, kebersihan destinasi wisata, terutama toilet juga diminta untuk dijaga, agar wisatawan merasa nyaman di Sumbar.

"Promosi melalui mulut ke mulut efektif untuk pariwisata, tetapi yang jelek-jelek juga bisa cepat menyebar, karena itu kita berupaya agar wisatawan benar-benar bisa nyaman di Sumbar," katanya lagi.

Terkait destinasi wisata unggulan Sumbar yang diprediksi akan ramai dikunjungi selama libur Lebaran masih hampir sama dengan tahun sebelumnya, yaitu yang berada pada jalur Padang-Padang Panjang-Bukittinggi-Batusangkar-Harau.

"Lembah Anai, Sate Mak Syukur, Pusat Dokumentasi di Padang Panjang, Ngarai Sianok, Jam Gadang, Istano Pagaruyung, dan Harau biasanya menjadi destinasi wisata favorit selama Lebaran," ujarnya pula.

Destinasi di Pariaman juga akan ramai dikunjungi, apalagi setelah ada Pariaman Water Front City.

Kawasan Wisata Mandeh diprediksi juga akan ramai, apalagi setelah jalan lingkar sudah selesai.

"Danau Kembar, Danau Singkarak, dan Puncak Lawang juga diperkirakan akan ramai," katanya pula. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:20 WIB

Acting in Concert Picu Perubahan Pengendalian KIJA

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) berpotensi mengalami gagal bayar notes senilai USD300 juta. Karena terjadi perubahan pengendali sebagaimana dimaksud dalam perjanjian terkait dengan notes yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:05 WIB

Lampaui Rata-rata Nasional, Realisasi Anggaran Kemenperin 2018 Capai 92,28%

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mengoptimalkan alokasi anggaran bagi organisasinya dalam rangka mendorong pengembangan industri nasional.

Adhi S lukman, Ketua Gabungan pengusaha makanan dan minuman indonesia ( Gapmmi )

Kamis, 18 Juli 2019 - 10:00 WIB

Industri Mamin Butuhkan Pasokan Garam Industri

- Industri makanan dan minuman sedang mengalami kekurangan pasokan garam industri, sedangkan stok saat ini untuk kebutuhan kurang dari satu bulan, kata Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman…

BCA Dukung Pelestarian Keragaman Budaya Nusantara

Kamis, 18 Juli 2019 - 09:30 WIB

BCA Dukung Pelestarian Keragaman Budaya Nusantara

Keberagaman kultur dan budaya yang tersebar di semua wilayah di Indonesia mengharuskan adanya sikap apresiasi dan saling menghormati sehingga tercipta situasi yang kondusif untuk pertumbuhan…

Revitalisasi Pendidikan Vokasi, Belajar dari Kisah Sukses Swiss

Kamis, 18 Juli 2019 - 09:04 WIB

Revitalisasi Pendidikan Vokasi, Belajar dari Kisah Sukses Swiss

Menjawab ajakan pemerintah kepada sektor industri agar meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan vokasi, demikian Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto menyebut latar…