Dukung Program Vokasi, PT Astra Internasional Bangun Politeknik Manufaktur di Cikarang

Oleh : Ridwan | Sabtu, 11 Mei 2019 - 13:05 WIB

Peletakan batu pertama Politeknik Manufaktur Astra di Cikarang
Peletakan batu pertama Politeknik Manufaktur Astra di Cikarang

INDUSTRY.co.id - Cikarang, PT Astra Internasional terus melanjutkan komitmennya dalam mendukung pengembangan sistem pendidikan vokasi di Indonesia. 

Dalam hal ini, PT Astra Internasional kembali melakukan prosesi peletakan batu pertama pembangunan kampus Politeknik Manufaktur (Polman) Astra di Kawasan Industri Delta Silicon II Cikarang (10/5) kemarin.

Prosesi peletakan batu pertama tersebut dilakukan secara resmi oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto beserta Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir dan Presiden Direktur PT Astra Internasional Tbk Prijono Sugiarto.

Dalam sambutannya, Menperin Airlangga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada PT Astra Internasional Tbk, atas dukungannya dalam mengembangkan sistem pendidikan vokasi di Indonesia, 

Menurutnya, sistem kurikulum yang digunakan di Polman Astra merupakan kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan pemerintah yang terdiri dari pembelajaran teori dan praktik. 

Kemudian, lanjutnya, kurikulum ditambah dengan program pemagangan di perusahaan Astra group yang menggunakan pendekatan Astra Dual System (ADS) dengan porsi 35% pembelajaran teori dan 65% pembelajaran praktik. 

"Kami berharap kerja sama di bidang vokasi ini mampu menjawab atas kebutuhan SDM untuk mendukung pengembangan industri 4.0 di sektor industri otomotif," kata Menperin.

Dijelaskan Airlangga, hampir 60% lukusan Polman Astra secara langsung diserap untuk bekerja di Astra Group. "Sementara 30% lulusannya bekerja di sektor industri di luar Astra Group dan 10% lulusannya melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi," jelasnya.

Menristekdikti Mohamad Nasir menyampaikan, pihaknya akan mendukung penuh pembangunan Politeknik Manufaktur (Polman) Astra. 

"Kemenristekdikti siap memberikan dukungan melalui penyiapan tenaga kerja pengajar maupun pengembangan studi," papar Menristekdikti.

Kampus Polman Astra Delta Silicon di Cikarang, nantinya menjadi kampus pengembangan dari kampus Polman Astra Sunter, Jakarta Utara yang didirikan pada tahun 1995 oleh PT Federal Motor yang saat ini bernama PT Astra Honda Motor (PT AHM) dengan nama Akademi Teknik Federal. Kemudian, pada tahun 2001 berganti nama menjadi Politeknik Manufaktur Astra atau lebih dikenal dengan Polman Astra.

Saat ini, Polman Astra memiliki 6 program studi antara lain Teknik Pembuatan Peralatan Perkakas Produksi (P4), Teknik Produksi dan Proses Manufaktur (TPPM), Manajemen Informatika (MI), Mesin Otomotif (MO), Mekatronika (MK) dan Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung (TKBG).  

Kampus yang dirancang dengan konsep green campus ini akan didirikan di atas tanah seluas 5 hektare dengan total luas bangunan sekitar 47.000 meter persegi. 

Fasilitasnya terdiri atas ruang pembelajaran, laboratorium, workshop, teaching factory serta asrama untuk mahasiswa baru. Kapasitas kampus baru diharapkan 4 kali lebih besar dibandingkan kapasitas kampus yang ada saat ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 10:12 WIB

Kemenperin Bahas Langkah Strategis Kurangi Emisi Industri di Business Forum Hannover Messe 2024

Sektor industri merupakan salah satu kontributor besar penghasil emisi. Karenanya, kebijakan transisi energi Indonesia dalam mengurangi emisi di sektor industri harus dilaksanakan dengan mengutamakan…

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Kamis, 25 April 2024 - 10:08 WIB

Speaker HiFi Audivo PHS 6A dengan Suara Jernih dan Detail

Menemukan cara untuk meningkatkan mood, menikmati waktu untuk diri sendiri, dan meningkatkan produktivitas merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari. POLYTRON memahami hal ini dengan…

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

Kamis, 25 April 2024 - 10:02 WIB

Bukukan Kinerja Gemilang di 2023, Hartadinata Optimis Semakin Bertumbuh

PT Hartadinata Abadi Tbk (kode saham: ‘’HRTA’’), perusahaan manufaktur perhiasan emas dan emas batangan terintegrasi Indonesia, dengan bangga mengumumkan kinerja yang gemilang di tahun…

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Kamis, 25 April 2024 - 09:53 WIB

Mengontrol Kualitas Udara dan Konsumsi Energi: AC Smart Neuva Pro Solusi Pendingin Udara Modern

Air conditioner (AC) modern tidak hanya memberikan pendinginan yang cepat dan efisien, tetapi juga memperkaya pengalaman hidup dan kenyamanan aktivitas di dalam ruangan. Dengan teknologi terkini…

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Kamis, 25 April 2024 - 09:11 WIB

Ketua MPR RI Publikasikan Hasil Riset Ilmiah Terkait Empat Pilar Kebangsaan di Jurnal Ketahanan Nasional UGM

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Dosen Tetap Pascasarjana Program Doktor Hukum Universitas Borobudur Bambang Soesatyo mempublikasikan hasil riset ilmiah mengenai empat…