Presiden Jokowi: Bandara Tjilik Riwut Dapat Menjadi Motor Ekonomi

Oleh : Herry Barus | Selasa, 09 April 2019 - 09:00 WIB

Presiden Jokowi(Foto Dok Humas BUMN)
Presiden Jokowi(Foto Dok Humas BUMN)

INDUSTRY.co.id - Palangkaraya – Terminal Baru Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini, 8 April 2019.

Sejak dioperasikan pertama kali pada 28 Maret 2019, terminal baru itu menjadi kebangaan masyarakat Kalimantan Tengah khususnya Palangkaraya. Desain terminal yang megah dan modern membuat Bandara Tjilik Riwut menjadi ikon baru bagi Kalteng.

Presiden Joko Widodo mengatakan pembangunan membutuhkan waktu hampir 4,5 tahun. Ini menyangkut anggaran kurang lebih Rp700 miliar yang semuanya dibebankan di anggaran APBN dikementerian perhubungan baik untuk pembangunan terminal sekitar 300 milyar, taxi way, maupun perpanjangan runway sebesar 400 milyar," tuturnya.

Jokowi menuturkan terminal baru itu enam kali lipat lebih besar dibandingkan dengan terminal lama.

“Bandara Tjilik Riwut dapat menjadi motor ekonomi," ujar Presiden Joko Widodo.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga didampingi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

Bandara Tjilik Riwut sendiri dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) sejak 19 Desember 2018 setelah sebelumnya di bawah pengelolaan Ditjen Perhubungan Udara Kemenhub.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan perseroan optimistis akan semakin banyak rute penerbangan di Palangkaraya.

“Kami yakin jumlah penerbangan di Bandara Tjilik Riwut akan bertambah melalui berbagai program pemasaran yang dijalankan AP II, sehingga secara langsung akan membantu pertumbuhan perekonomian Palangkaraya.”

“Kami menyiapkan investasi total Rp 480 miliar untuk pengembangan terminal serta runway sehingga dapat meningkatkan jumlah penumpang nantinya menjadi sekitar 8 juta penumpang per tahun dari tahun lalu sekitar 1 juta penumpang,” ujar Muhammad Awaluddin.

Di samping itu, Muhammad Awaluddin mengatalan kawasan Bandara Tjilik Riwut memiliki lahan yang sangat luas untuk dikembangkan sebagai suatu pusat bisnis.

"Kawasan bandara ini memiliki lahan seluas 388 hektare, bisa dikembangkan untuk pengembangan usaha seperti MRO [maintenance, repair, overhaul] atau pusat perawatan pesawat, dan bisnis kargo," jelas Muhammad Awaluddin.

Adapun Terminal baru memiliki luas 29.124 meter persegi dan dapat menampung hingga 4.400.000 orang per tahun, di mana jauh lebih luas dibandingkan dengan terminal lama yang luasnya hanya 5.700 meter persegi berkapasitas 700.000 orang per tahun.

Sementara itu, runway Bandara Tjilik Riwut saat ini berukuran 2.500 x 45 m dan rencananya akan dikembangkan menjadi 3.000 x 45 m guna mengakomodir operasional pesawat berbadan lebar (wide body).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Chubb General Insurance Indonesia secara resmi meluncurkan aplikasi layanan klaim inovatif telepon seluler di Indonesia bernama Chubb Mobile Assistance pada Senin (4/12)

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:29 WIB

Chubb Gandeng Airy Hadirkan Asuransi Perjalanan

PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) hari ini mengumumkan kerja sama penyediaan asuransi perjalanan dengan Airy, salah satu perusahaan Accommodation Network Aggregator (ANO) terkemuka…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 16:45 WIB

Triwulan I/2019, Sejumlah Sektor Industri Manufaktur Catatkan Kinerja Positif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, sejumlah sektor industri manufaktur mampu mencatatkan kinerja positif di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…