Pakai Open Source, Equnix Ungkap Bisa Hemat Ratusan Milyar Anggaran TI

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 27 Maret 2019 - 21:49 WIB

(kiri) Julyanto Sutandang, CEO PT Equnix Business Solutions memberikan presentasi kepada kalangan Enterprise mengenai keuntungan sistem Open Source, di Jakarta hari ini.
(kiri) Julyanto Sutandang, CEO PT Equnix Business Solutions memberikan presentasi kepada kalangan Enterprise mengenai keuntungan sistem Open Source, di Jakarta hari ini.

INDUSTRY.co.id, Jakarta- PT. Equnix Business Solutions (Equnix), perusahaan penyedia jasa solusi teknologi informasi (TI) berbasis Open Source, menggelar acara Enterprise PostgreSQL Professionals Gathering (EPPG) dengan topik “Migrasi dari Oracle ke PostgreSQL”.

Acara bagi kalangan profesional ini hadir sebagai upaya memberikan edukasi dari berbagai perspektif, baik teknis maupun bisnis, tentang tantangan dan solusi agar proses migrasi bisa dilakukan dengan baik, terkontrol, dan tidak berpotensi menimbulkan masalah di masa mendatang. 

Proses migrasi dari Database Management System (DBMS) Oracle ke PostgreSQL pada sebuah sistem produksi kritikal bukanlah perkara mudah. Perlu adanya penilaian, analisis, perencanaan dan perhitungan yang matang dan menyeluruh agar tidak menimbulkan masalah lain di masa mendatang. 

“Acara ini diadakan sebagai bagian dari bentuk tanggung jawab Equnix dalam membangun solusi dan ekosistem berkelas enterprise di pasar tanah air yang berbasiskan Open Source. Equnix memiliki tanggung jawab profesional dan moral untuk ikut mewujudkan kemandirian bangsa, terutama dalam hal penguasaan teknologi TI”, kata Julyanto Sutandang, CEO PT. Equnix Business Solutions dalam siaran persnya, Rabu (27/3/2019).  

Ia menambahkan, Equnix berhasil menghemat biaya lebih dari Rp. 300 miliar menghindarkan biaya yang dikeluarkan oleh klien untuk membayar solusi software database berbayar dan hal ini berarti pula turut menghemat cadangan devisa negara.

“Kami telah melakukan migrasi sistem layanan kritikal untuk menangani layanan yang mencakup seluruh Indonesia dari Closed Source ke PostgreSQL. Ada ketenangan yang benar-benar membuat kami bisa tidur nyenyak. Saat menggunakan solusi Closed Source, tim operasional kami disibukkan oleh patch, maintenance, dan tindakan lainnya yang harus kita lakukan. Setelah melakukan migrasi ke PostgreSQL, tentunya oleh penanganan dari ahlinya, benar-benar menjadi solusi yang menyeluruh dan sangat memuaskan“, kata Misbakhul Munir, Division Head-IT Operation & Support, PT EDI Indonesia.

Bagi Equnix, EPPG merupakan acara pertama yang digelar secara profesional, di luar acara komunitas. Sebelumnya, Equnix telah menyelenggarakan banyak acara sosialisasi PostgreSQL dalam bentuk komunitas dan telah menggelar 4 kali PostgreSQL Meetup di Jakarta dan Bandung. EPPG ini mengawali acara serupa yang akan membahas topik khusus yang berbeda setiap 2 bulan.

Equnix berharap EPPG dapat diadakan secara rutin sebagai saluran komunikasi antara pengguna solusi dan penyedia solusi di dalam negeri maupun regional. Berkat adanya saluran komunikasi tersebut, maka diharapkan dapat mewujudkan efisiensi biaya dan waktu.

Diskusi ini juga diharapkan dapat menghindarkan risiko kesalahan implementasi karena minimnya informasi, membantu mengembangkan ekosistem teknologi berbasiskan Open Source, yang pada akhirnya akan menguntungkan semua pihak pemangku kepentingan teknologi TI di Indonesia maupun regional.

 “Kami berharap acara ini mampu membuka wawasan kalangan bisnis dan profesional, serta dapat mengambil manfaat dari acara ini yang pada akhirnya akan menguntungkan kita semua sebagai satu bangsa Indonesia,” imbuh Julyanto. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…