Menteri Rini Bertemu 2.500 Mahasiswa Universitas Riau, Banggakan Kinerja Cemerlang BUMN

Oleh : Herry Barus | Rabu, 20 Maret 2019 - 10:00 WIB

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))
Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

INDUSTRY.co.id - Pekanbaru- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menghadiri acara BUMN Goes to Campus dalam rangkaian HUT ke-21 Kementerian BUMN yang selenggarakan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk di Aula Universitas Riau, Pekanbaru, Riau, Selasa (19/3/2019).

Pada acara ini, Menteri Rini didampingi jajaran pejabat Kementerian BUMN dan para direksi BUMN. Para peserta yang hadir pagi ini ada sekitar 2.500 mahasiswa. Saat memberikan sambutan, Menteri Rini mengaku merasakan semangat dan rasa optimistis saat masuk ke aula yang dipenuhi oleh para mahasiswa.

"Saya bersyukur dapat berkumpul bersama adik-adik mahasiswa di sini, karena saya bisa merasakan energi dan optimisme yang luar biasa dari kalian semua untuk membawa Indonesia menjadi lebih maju di masa datang. Apalagi kedatangan saya dalam rangka HUT ke-21 Kementerian BUMN," kata Menteri Rini di acara BUMN Goes to Campus di Pekanbaru, Riau, Selasa (19/3/2019).

Menteri Rini lalu menjelaskan, saat ini Kementerian BUMN mempunyai 143 perusahaan yang saat ini sedang menggelar sejumlah kegiatan sosial dan program menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kementerian BUMN pada 13 April 2019. 

Rangkaian ulang tahun itu mengambil tema 'One Nation One Vision One Family to Excellence'. Menteri Rini menjelaskan tema  tersebut memiliki makna bahwa BUMN senantiasa memberikan kontribusi yang sebesar-besarnya untuk negeri dan menjadi agent of development.

Serta terus mendorong BUMN menjadi pemain dunia, di mana beberapa perusahaan negara seperti Garuda Indonesia, Freeport dan Inalum saat ini telah menjadi pemain kelas dunia.

"Alhamdulillah, dengan konsistensi, kerja keras dan kerja cerdas seluruh jajaran BUMN, Saat ini menjelang usia ke-21, BUMN memiliki perusahaan negara yang jumlahnya sebanyak 143 perusahaan semakin berkembang, professional dan siap membangun Indonesia yang lebih maju," ucap dia.

Menteri Rini menjelaskan, kondisi BUMN selama 4 tahun terakhir kini semakin kuat dan kokoh seiring dengan kinerja yang terus bertumbuh sebagaimana laporan kinerja BUMN sepanjang tahun 2018. Sampai dengan 31 Desember 2018, total aset BUMN telah menembus angka Rp 8.092 triliun, naik signifikan dari capaian 2015 lalu sebesar Rp 5.760 triliun dengan total laba yang terus bertumbuh mencapai Rp 188 triliun dari sebelumnya Rp 150 triliun pada tahun 2015.

Kontribusi BUMN terhadap APBN pun melonjak menjadi Rp 422 triliun, naik Rp 119 triliun jika dibandingkan tahun 2015 yang tercatat Rp 303 triliun. Besarnya kontribusi BUMN dalam pembangunan infrastruktur terlihat dari capex BUMN yang meningkat sepanjang 2018 yakni Rp 487 triliun, meningkat dari sebelumnya Rp 221 triliun pada tahun 2015 dengan tetap didominasi oleh sektor infrastruktur.

“BUMN harus bisa tumbuh besar dan bertahan hingga 100-200 tahun yang akan datang sehingga bisa diestafetkan kepada generasi mendatang dalam kondisi sehat. Sekali lagi saya ucapkan selamat ulang tahun ke-21 Kementerian BUMN,” ungkap Menteri Rini.

 

Pada BUMN Goes to Kampus, juga dibuka kelas kreatif, program magang mahasiswa dan aktivitas lainnya. Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar menyambut gelaran acara BUMN Goes to Campus di Riau.

"Kedatangan Ibu Menteri yang membuat acara BUMN Goes to Campus bersama Bank Mandiri kami ucapkan terima kasih. Kami sangat senang atas kehadiran Ibu dan rombongan," tutur Syamsuar.

Pada acara BUMN Goes to Campus ini dimeriahkan dengan kuis yang diadakan oleh Menteri Rini. Kemudian dimeriahkan oleh Ria Ricis, Zivanna Letisha dan para millenial BUMN.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:57 WIB

Usai Pemilu Investor Didorong Lirik 10 Saham Pilihan

Jakarta - Mengawali pekan pertama paska perhelatan besar pemilu, kondisi kepastian yang mulai terbentuk akan menjadi salah satu faktor pendorong untuk kembali naiknya IHSG hingga beberapa waktu…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 22 April 2019 - 06:32 WIB

Awal Pekan IHSG Bertahan di Atas 6500

Jakarta - Pergerakan IHSG secara teknikal cenderung membentuk pola bearish counter attack dengan indikasi kembali mengalami konsolidasi cenderung tertekan diarea level psikologis 6500.

Kapal Ternak (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 05:37 WIB

Kapal Ternak Sebagai Wujud Implementasi Program Tol Laut

Jakarta, Pemerintah telah mencanangkan program Nawa Cita salah satunya dengan menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim dengan implementasi Program Tol Laut yang secara umum dilatarbelakangi…

Sekjen Kementan Syukur Iwantoro di MIA Expo

Senin, 22 April 2019 - 05:28 WIB

MIA Percepat Tumbuhkan Generasi Petani Melenial

Jakarta - Masa depan sektor pertanian sangat bergantung dengan generasi muda Indonesia. Karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) siap untuk memfasilitasi dan mendukung para agropreneur muda…

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersama YALISA Gelar OBSC

Minggu, 21 April 2019 - 20:39 WIB

Rayakan HUT Perusahaan dan Hari Kartini, Millennials Askrindo Bersihkan Ciliwung

Jakarta – Millenials Askrindo laksanakan Operasi Bersih Sungai Ciliwung (OBSC) bersama Komunitas Pencinta Ciliwung YALISA dari bentangan Kalibata sampai dengan MT Haryono dalam rangka merayakan…