Pabrik Semen Rembang Akan Lakukan Komisioning Ulang

Oleh : Hariyanto | Selasa, 28 Februari 2017 - 18:51 WIB

Proyek Semen rembang (kompasiana)
Proyek Semen rembang (kompasiana)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno menyatakan, setelah mendapatkan izin lingkungan yang baru maka pabrik semen Rembang akan dilakukan komisioning ulang.

"Pabrik kan sudah komisioning. Namun, berhenti karena izin lingkungannya dicabut sehingga mereka harus komisioning ulang," kata Harry ditemui di kantor Kementerian BUMN baru-baru ini.

Ia menekankan bahwa unsur yang paling penting dari pendirian sebuah pabrik adalah tambang, bukan pabrik. Artinya, permasalahan yang pernah dialami oleh Semen Indonesia (Persero) Tbk bukan izin pembangunan pabrik, melainkan izin lingkungannya.

"Yang paling penting itu adalah pendekatan ke masyarakat. Tidak masalah kontrak sudah ditandatangani, dan tidak mungkin juga 100% (masyarakat) setuju," ujarnya.

Saat ini, Semen Indonesia telah memeroleh izin lingkungan yang baru berdasarkan keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor 660.1/6 Tahun 2017 tertanggal 23 Februari 2017 tentang Pencabutan Keputusan Gubernur No. 660.1/30 Tahun 2016 tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan Bahan Baku dan Pembangunan serta Pengoperasian Pabrik Semen PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Sekretaris Perusahaan Agung Wiharto menuturkan, pokoknya mencakup aktivitas pembangunan, penambangan, dan operasional pabrik semen di Kabupaten Rembang.

Seperti diketahui, fase komisioning telah dilakukan pada November 2016. Pabrik yang menelan investasi sekitar Rp4,97 triliun diperkirakan berkapasitas produksi tiga juga ton. (Hry/ Imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kemenparekraf Fasilitasi Pelaku Usaha Raih Transaksi Rp65,9 Miliar di Bursa Pariwisata ATF Brunei

Rabu, 22 Januari 2020 - 12:00 WIB

Kemenparekraf Fasilitasi Pelaku Usaha Raih Transaksi Rp65,9 Miliar di Bursa Pariwisata ATF Brunei

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memfasilitasi 30 pelaku usaha pariwisata Indonesia untuk berpromosi dan membukukan transaksi Rp65,9 miliar dalam bursa pariwisata ASEAN…

Istri Meteri Sosial Grace Batubara

Rabu, 22 Januari 2020 - 11:43 WIB

Grace Batubara Kunjungi Sekolah Inisiatif di Lebak Banten

Istri Menteri Sosial, Grace Batubara selaku Penasihat Dharma Wanita Kementerian Sosial, mengunjungi sekolah inisiatif yang didirikan oleh Human Initiative untuk para siswa-siswi SDN 02 Banjar…

Cap Go Meh di Holiday Inn & Suites Jakarta Gajah Mada

Rabu, 22 Januari 2020 - 11:30 WIB

Cap Go Meh di Holiday Inn & Suites Jakarta Gajah Mada

Kemeriahan Imlek belum berakhir, Holiday Inn & Suites Jakarta Gajah Mada melanjutkan kemeriahan pasca Imlek dengan perayaan Cap Go Meh. Cap Go Meh sendiri sesuai dengan namanya merupakan hari…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Rabu, 22 Januari 2020 - 10:20 WIB

Bupati Bekasi Komitmen tak Terjadi Disfungsi Lahan Pertanian

Bupati Bekasi, Jawa Barat, Eka Supria Atmaja mendukung sikap Mentan Syahrul Yasin Limpo yang meminta agar pelaku alih fungsi lahan pertanian dipidanakan.

Meikarta Siapkan Fasilitas Hidup Generasi Milennial

Rabu, 22 Januari 2020 - 10:00 WIB

Meikarta Siapkan Fasilitas Hidup Generasi Milennial

Meikarta hidupkan tahun 2020 dengan semangat baru melalui hadirnya jajaran manajemen dan logo baru. Keduanya melambangkan optimisme Meikarta untuk terus bergerak maju dan berkembang membangun…