PT Banten West Java Bersama Ribuan Peserta FunWalk 5K Meriahkan HUT Kedua Wika Serang Panimbang

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 02 Maret 2019 - 09:17 WIB

PT Banten West Java Semarakkan HUT Wika Serang Panimbang yang Kedua
PT Banten West Java Semarakkan HUT Wika Serang Panimbang yang Kedua

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Wija Karya Serang Panimbang merayakan hari jadinya yang kedua dengan menggelar acara Funwalk 5K yang bekerja sama dengan PT Banten West Java selaku pengelola kawasan wisata Tanjung Lesung Sabtu (2/3/2019).

Acara yang dibuka pukul 07.00 WIB, dan berlokasi di 0,5 Kilometer area tol Serang Panimbang ini melibatkan 550 peserta.

"Ini merupakan acara rangkaian HUT Wika Serang Panimbang kedua. Dan melalui kegiatan ini kami berharap pengerjaan tol Serang Panimbang tahap I di 2019 terus berjalan," kata Bambang Yoga Swara, Manajer Bidang Human Capital dan Umum PT Wika Serang Panimbang, ditemui di sela-sela acara kepada Industry.co.id

Ia mengatakan, pembangunan jalan tol Serang – Panimbang, seksi I Serang – Rangkasbitung akan selesai pada Desember 2019.  Dengan demikian seksi pertama dari jaringan tol non-trans Jawa ini dipastikan beroperasi pada Februari 2020.

 

“Progres pembangunan seksi satu jalan tol sepanjang 26,5 kilometer per Februari 2019 sudah mencapai 25,66%. Kami targetkan 2020 sudah mulai beroperasi untuk seksi satu,” ujarnya.

 

Dari data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJ) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jalan Tol Serang – Panimbang memiliki panjang 83,67 kilometer (km) dengan kebutuhan investasi sekitar Rp11,38 triliun.

 

Ruas tol  ini terdiri atas tiga seksi, yakni seksi I Serang-Rangkasbitung (26,5 km), Seksi II Rangkasbitung-Cileles (21,17), Seksi III Cileles-Panimbang (33 km). PT WSP selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mendapat porsi untuk menggarap Seksi I dan Seksi II dari tol tersebut. Sementara Seksi III dikerjakan pemerintah. 


PT WSP selaku anak perusahaan PT Wijaya Karya Tbk. (WIKA) baru menggarap seksi I tol ini. Sementara, pihaknya masih menunggu pemerintah untuk mengerjakan seksi III.

 

“Kalau dihitung, panjang dari seksi satu sampai dua itu 50,6 kilometer. Sementara ini, baru satu seksi itu yang sudah on progress,” katanya.

Ia menambahkan, beroperasinya Jalan Tol Serang-Panimbang akan mendongkrak ekonomi masyarakat setempat. Sebab, PT WSP telah menyiapkan sejumlah spot seperti simpang susun dan area pendukung lainnya di lintasan seksi satu jalan tol Serang - Panimbang.  

Sementara itu, Rully Lasahido, Managing Director PT Banten West Java mengungkapkan dengan kelak beroperasinya jalan tol Serang Panimbang akan mengurangi disparitas Banten Utara dan Banten Selatan. Poin disparitas antara Banten Utara dan Banten Selatan harus dikurangi, sehingga hadirnya tol tersebut bisa mengangkat ekonomi warga Banten Selatan.

Selanjutnya, pembangunan tol ini sebagai  aksesbility untuk mencapai realisasi kunjungan wisman 1 juta di kawasan wisata Banten/ Tanjung Lesung sesuai target pemerintah.

"Pembangunan jalan tol jni juga sebagai jaminan bagi para investor untuk bisa menanamkan investasinya di kawasan wisata Banten," tandasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…

RUPST PT Dharma Polimental Tbk.

Kamis, 25 April 2024 - 17:11 WIB

Ditengah Situasi Wait & See, Penjualan DRMA Tetap Stabil di Rp1,34 Triliun di Kuartal 1 2024

Emiten manufaktur komponen otomotif terkemuka di Indonesia, PT Dharma Polimetal Tbk (DRMA) membagikan dividen tunai sebesar Rp171,29 miliar kepada para pemegang saham.

PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 16:19 WIB

Jasindo Salurkan Bantuan TJSL untuk Mendukung Perekonomian Masyarakat

PT Asuransi Jasa Indonesia atau Asuransi Jasindo menyalurkan bantuan Tanggung jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) kepada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia selama periode Q1 tahun 2024.…

Bahan baku plastik

Kamis, 25 April 2024 - 16:05 WIB

Impor Bahan Baku Plastik Tak Perlu Pertimbangan Teknis Kemenperin, Ini Alasannya

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 25 April 2024 - 15:40 WIB

Di Ajang Business Forum Hari Kedua Hannover Messe, RI Pamerkan Keunggulan dan Inovasi Teknologi Industri

Paviliun Indonesia dalam Hannover Messe 2024 kembali mempersembahkan Business Forum untuk mendorong kolaborasi dan kerja sama antara para pelaku industri di dalam negeri dengan negara-negara…