PT Banten West Java Bersama Ribuan Peserta FunWalk 5K Meriahkan HUT Kedua Wika Serang Panimbang

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 02 Maret 2019 - 09:17 WIB

PT Banten West Java Semarakkan HUT Wika Serang Panimbang yang Kedua
PT Banten West Java Semarakkan HUT Wika Serang Panimbang yang Kedua

INDUSTRY.co.id, Jakarta - PT Wija Karya Serang Panimbang merayakan hari jadinya yang kedua dengan menggelar acara Funwalk 5K yang bekerja sama dengan PT Banten West Java selaku pengelola kawasan wisata Tanjung Lesung Sabtu (2/3/2019).

Acara yang dibuka pukul 07.00 WIB, dan berlokasi di 0,5 Kilometer area tol Serang Panimbang ini melibatkan 550 peserta.

"Ini merupakan acara rangkaian HUT Wika Serang Panimbang kedua. Dan melalui kegiatan ini kami berharap pengerjaan tol Serang Panimbang tahap I di 2019 terus berjalan," kata Bambang Yoga Swara, Manajer Bidang Human Capital dan Umum PT Wika Serang Panimbang, ditemui di sela-sela acara kepada Industry.co.id

Ia mengatakan, pembangunan jalan tol Serang – Panimbang, seksi I Serang – Rangkasbitung akan selesai pada Desember 2019.  Dengan demikian seksi pertama dari jaringan tol non-trans Jawa ini dipastikan beroperasi pada Februari 2020.

 

“Progres pembangunan seksi satu jalan tol sepanjang 26,5 kilometer per Februari 2019 sudah mencapai 25,66%. Kami targetkan 2020 sudah mulai beroperasi untuk seksi satu,” ujarnya.

 

Dari data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJ) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jalan Tol Serang – Panimbang memiliki panjang 83,67 kilometer (km) dengan kebutuhan investasi sekitar Rp11,38 triliun.

 

Ruas tol  ini terdiri atas tiga seksi, yakni seksi I Serang-Rangkasbitung (26,5 km), Seksi II Rangkasbitung-Cileles (21,17), Seksi III Cileles-Panimbang (33 km). PT WSP selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) mendapat porsi untuk menggarap Seksi I dan Seksi II dari tol tersebut. Sementara Seksi III dikerjakan pemerintah. 


PT WSP selaku anak perusahaan PT Wijaya Karya Tbk. (WIKA) baru menggarap seksi I tol ini. Sementara, pihaknya masih menunggu pemerintah untuk mengerjakan seksi III.

 

“Kalau dihitung, panjang dari seksi satu sampai dua itu 50,6 kilometer. Sementara ini, baru satu seksi itu yang sudah on progress,” katanya.

Ia menambahkan, beroperasinya Jalan Tol Serang-Panimbang akan mendongkrak ekonomi masyarakat setempat. Sebab, PT WSP telah menyiapkan sejumlah spot seperti simpang susun dan area pendukung lainnya di lintasan seksi satu jalan tol Serang - Panimbang.  

Sementara itu, Rully Lasahido, Managing Director PT Banten West Java mengungkapkan dengan kelak beroperasinya jalan tol Serang Panimbang akan mengurangi disparitas Banten Utara dan Banten Selatan. Poin disparitas antara Banten Utara dan Banten Selatan harus dikurangi, sehingga hadirnya tol tersebut bisa mengangkat ekonomi warga Banten Selatan.

Selanjutnya, pembangunan tol ini sebagai  aksesbility untuk mencapai realisasi kunjungan wisman 1 juta di kawasan wisata Banten/ Tanjung Lesung sesuai target pemerintah.

"Pembangunan jalan tol jni juga sebagai jaminan bagi para investor untuk bisa menanamkan investasinya di kawasan wisata Banten," tandasnya

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan bingkisan lebaran untuk pegawai lingkungan Kemenperin

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:50 WIB

Menperin Berikan 1.150 Bingkisan Lebaran untuk Pegawai Lingkungan Kemenperin

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis bingkisan Lebaran dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perindustrian kepada pegawai golongan I dan II, tenaga honorer,…

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:11 WIB

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi di Medan

Sejumlah BUMN dan anak usaha BUMN yang akan bekerjasama dengan BGR Logistics yakni PT Nindya Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Industri Nuklir Indonesia…

Penampakan Booth Suzuki di PRJ

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:45 WIB

Usung Tema 100% Buat Indonesia, Suzuki Turut Ramaikan Jakarta Fair 2019

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-492, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merk Suzuki di Indonesia turut berpartisipasi pada acara tahunan Jakarta Fair Kemayoran…

Samsung Smart Learning Class

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:19 WIB

Samsung dan IGI Makassar Perluas Manfaat Samsung Smart Learning Class Menjadi Paperless School

PT Samsung Electronics Indonesia terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, salah satunya melalui implementasi program Corporate Citizenship pada bidang pendidikan.…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:15 WIB

Industri Manufaktur Sumbang Signifikan ke PMDN dan PMA

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong realisiasi dari komitmen para investor sektor industri yang telah menyatakan minatnya untuk menanamkan modal di Indonesia.