Kementerian PUPR Gandeng Stakeholders Konstruksi Gelar Pekan SDM Tenaga Ahli Konstruksi

Oleh : Hariyanto | Kamis, 14 Februari 2019 - 14:55 WIB

Kementerian PUPR Gandeng Stakeholders Konstruksi Gelar Pekan SDM Tenaga Ahli Konstruksi
Kementerian PUPR Gandeng Stakeholders Konstruksi Gelar Pekan SDM Tenaga Ahli Konstruksi

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya untuk mewujudkan Persebaran pembangunan infrastruktur yang merata dan berkualitas, yang didukung dengan kesiapan sumber daya jasa konstruksi yang meliputi: material, peralatan dan teknologi, kompetensi tenaga kerja serta Badan Usaha Jasa Konstruksi. 

Guna mendukung pemenuhan kebutuhan sumber daya konstruksi tersebut, terutama inovasi teknologi konstruksi, pengembangan kompetensi SDM ahli konstruksi dan material peralatan konstruksi, maka Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bekerjasama dengan PT Debindo-ITE, Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (INTAKINDO), Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) menyelenggarakan Pekan SDM Ahli Jasa Konstruksi yang digelar bersamaan dengan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) INTAKINDO dan IndoBuildTech Expo 2019, pada tanggal 20-24 Maret 2019 di ICE BSD-City. 

“Melalui penyelenggaraan kegiatan tersebut, saya berharap akan mendorong insan-insan di sektor konstruksi untuk bertemu dan berkoordinasi sehingga tercipta inovasi-inovasi terbaru untuk mendukung Pembangunan Infrastruktur sekaligus mendukung Pengembangan SDM sebagaimana arahan Presiden RI” ujar Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin di Jakarta, Kamis (14/2/2019).

Pekan SDM Ahli Jasa Konstruksi 2019 dilaksanakan sebagai bagian dari program percepatan sertifikasi tenaga kerja konstruksi, dimana Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR bekerjasama dengan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) akan menyerahkan 3000 sertifikat keahlian (SKA) kepada tenaga ahli jasa konstruksi dari seluruh Indonesia. 

Pada kesempatan yang sama, Ikatan Nasional Tenaga Ahli Konsultan Indonesia (INTAKINDO) menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) yang membahas tentang “Inovasi Teknologi Konstruksi dalam Perencanaan dan Penguatan Infrastruktur di kawasan rawan bencana”. 

Selain itu dilaksanakan pula Pameran IndoBuildTech Expo 2019 yang berskala internasional yang diikuti 'Iebih dari 550 peserta pameran dari dalam dan luar negeri, serta Instansi dan puluhan asosiasi jasa konstruksi pendukung. 

Tidak hanya itu, bekerjasama dengan 23 asosiasi profesi dan asosiasi perusahaan lintas bidang, IndoBuildTech Expo 2019 menggelar sebanyak 141 kegiatan Business Program sebagai wahana interaksi dan presentasi langsung antara para pakar, profesional, pejabat, terkait dunia konstruksi dan arsitektur, serta para pemimpin pasar produk material bangunan dan interior guna saling bertukar informasi, gagasan dan wawasan untuk turut memajukan daya saing Indonesia di pentas dunia. 

Dengan mengusung tema "Establishing Architecture 4.0", IndoBuildTech Expo 2019 secara khusus menghadirkan "Architecture 4.0 Zone" yang menampilkan kemajuan terkini teknologi digital bidang arsitektur, yang meliputi antara lain Building Information Modeling (BIM) Systems, demo 30 Printing, teknologi digital berbasis Artificial Intelligence (AI), serta dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman interaktif para pengunjung dalam menggunakan Virtual Reality dan Augmented Reality sebagai benchmark dan referensi teknologi pendukung implementasi Architecture 4.0. 

Sebagai platform bisnis terkemuka di sektor industri material dan teknologi bangunan, maka IndoBuiidTech Expo 2019 tampil secara industrial-komprehensif bersama 4 pameran lainnya yaitu Indonesia Construction Technology (IndoConsTech), Indonesia Glass Technology (IndoGlassTech), Indonesia Lighting Technology (IndoLightTech), dan Indonesia Facilities Management Expo (IFME), sehingga secara keseluruhan dapat diharapkan mampu memberikan solusi komprehensif terhadap kebutuhan seluruh stakeholders dunia jasa konstruksi dan bangunan menuju masa depan Indonesia yang lebih baik. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Gunung Agung Bali (Foto Ist)

Minggu, 21 April 2019 - 12:00 WIB

Gunung Agung Bali Kembali Erupsi

Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, kembali mengalami erupsi pada Minggu (21/4/2019) pukul 03.21 Wita dengan tinggi kolom abu teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak atau 5.142 meter…

Mentan Amran Sulaiman di peternakan ayam

Minggu, 21 April 2019 - 09:20 WIB

Sepuluh Alasan Jangan Remehkan Pertanian

Jakarta - Sektor pertanian di era digitalisasi semakin menarik dan digeluti banyak generasi muda. Era ini makin membuktikan bahwa pertanian tak lagi bisa diremehkan. Apalagi, digitalisasi dan…

Dirjen Hortikultura Suwandi. Sesama petani sayuran organik

Minggu, 21 April 2019 - 08:39 WIB

Kementan Genjot Pengembangan Sentra Sayuran Organik di Karanganyar

Kementerian Pertanian (Kementan) terus menggenjot berbagai daerah agar menjadi sentra produksi sayuran organik, salah satunya sentra sayuran organik di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Hal…

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019

Sabtu, 20 April 2019 - 21:31 WIB

TOTAL Kembali Gelar Lomba Pasang Jok Paten di IIMS 2019

TOTAL Synthetic Leather kembali menggelar kembali ajang kreativitas di bidang pemasangan jok mobil sekaligus mengumumkan kehadirannya di ajang pameran Indonesia International Motor Show (IIMS)…

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…