Terkait Opsi Relaksasi Ekspor Mineral Mentah Archandra Belum Ambil Sikap

Oleh : Redaksi | Minggu, 13 November 2016 - 08:58 WIB

INDUSTRY.co.id - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Archandra Tahar belum bisa mengambil sikap terkait opsi untuk merelaksasi ekspor mineral mentah. Menurut Arcandra, seluruh opsi masih dipertimbangkan agar bisa mengakomodasi semua pihak.

“Beberapa opsi sedang dipertimbangkan. Kita lihat mana yang terbaik,” tutur Wamen Chandra, sapaan akrabnya di Jakarta, Jumat (11/11).

Sebelumnya, Direktur Jenderal Mineral dan batubara Kementerian ESDM, Bambang Gatot mengatakan, pemerintah belum memiliki keinginan untuk mengintervensi dengan menerbitkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) terkait pengelolaan di sektor tambang yang diatur dalam UU No 4/2009.

Bambang mengatakan perubahan UU Minerba mennjadi kewenangan dan inisiatif parlemen. Sejauh ini pemerintah belum mewacanakan untuk menyiapkan Perppu.

“Revisi UU Minerba memang inisiatif DPR dan kita tidak bisa intervensi sebelum mereka sampaikan draf yang kita harapkan bisa cepat,” ujar Bambang.(Hariyanto/ ipe)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Peternak ayam

Kamis, 06 Agustus 2020 - 07:16 WIB

Kabar Gembira! Kementan Pastikan Perunggasan Nasional Stabil

Kementerian Pertanian RI (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) menyatakan perunggasan nasional masih dalam batas stabil. Hal ini hasil dari upaya…

The Scott dari Triniti Land Jadi Pilihan Hunian Terdepan Bagi para Kreator

Kamis, 06 Agustus 2020 - 07:00 WIB

Pasar Berfluktuasi, Triniti Land Buyback Saham TRIN

PT Perintis Triniti Properti Tbk (IDX: TRIN) akan melakukan pembelian kembali (buyback) saham. Hal ini dilakukan oleh Triniti Land seturut dengan surat edaran Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor:3/SEOJK.04/2020…

Panen padi (Ist)

Kamis, 06 Agustus 2020 - 06:33 WIB

Subsektor Tanaman Pangan tak Tergilas Merosotnya Ekonomi Nasional

Pertumbuhan PDB sektor pertanian bisa mencapai 2,19 persen yoy pada kuartal II/2020, karena ditopang subsektor tanaman pangan yang tumbuh paling tinggi yakni sebesar 9,23 persen.

Ledakan di Beirut Lebanon

Kamis, 06 Agustus 2020 - 06:20 WIB

Bamsoet Desak Kemenlu Pastikan Keselamatan WNI di Beirut Lebanon

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan bela sungkawa mendalam atas ledakan bom yang terjadi di ibukota Lebanon, Beirut, Selasa (4/8/20). Ledakan dasyat tersebut mengakibatkan lebih…

Peringatan HPN 2022 akan Diselenggarakan di Provinsi Sulawesi Tenggara

Kamis, 06 Agustus 2020 - 06:00 WIB

Peringatan HPN 2022 akan Diselenggarakan di Provinsi Sulawesi Tenggara

Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tetap akan menjadi tuan rumah rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN). Hanya saja, waktunya bergeser dari sebelumnya tahun 2021 menjadi 2022.