Festival Krakatau 2019 Dipastikan Tetap Berlangsung

Oleh : Herry Barus | Selasa, 08 Januari 2019 - 10:00 WIB

Festival Gunung Krakatau (Foto Dok Industry.co.id)
Festival Gunung Krakatau (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Bandarlampung - Pemerintah Provinsi Lampung tetap akan menggelar Festival Krakatau 2019, kendati tsunami Selat Sunda  pada Sabtu (22/12/2018) ) lalu telah menerjang kawasan pesisir Lampung dan Banten.
       
"Festival Krakatau merupakan agenda rutin Pemerintah Provinsi Lampung. Bahkan sudah masuk kalender pariwisata nasional," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Lampung, Budiharto, di Bandarlampung, Selasa(8/1/2019)

Ia menyebutkan, rangkaian kegiatan seperti pada Festival Krakatau sebelumnya juga akan tetap digelar, termasuk mengunjungi Gunung Anak Krakatau.

Menurutnya, mengunjungi GAK akan menjadi daya tarik sendiri terutama wisatawan untuk melihat secara langsung pascaerupsi yang menyebabkan tsunami.

Namun demikian, lanjutnya, Pemprov Lampung akan berkoordinasi dengan pihak terkait terlebih dahulu, seperti BMKG dan BKSDA setempat.

 "Saya berharap status level GAK akan terus turun dari siaga menjadi waspada. Sehingga pada Festival Krakatau nanti wisatawan dapat mengunjungi gunung tersebut, dengan terlebih dahulu mendapatkan izin pihak terkait," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Lampung Krakatau Festival 2018 dihadri lebih dari 30.000 wisatawan dan akan menyoroti destinasi wisata unggulan di Lampung, seperti Pulau Pahawang, Teluk Kiluan, Air Terjun Putri Malu dan Taman Nasional Way Kambas. Lampung juga merupakan rumah bagi 64 air terjun dan tujuh taman nasional.

Pengunjung di festival ini bisa mendaftar untuk berwisata ke Anak Krakatau dan pantai terdekat seperti Tangkil dan Mutun.

Salah satu dari tiga kegiatan utama di Lampung Krakatau Festival (LKF) 2018 adalah Pesona Kemilau Sang Bumi Ruwa Jurai dan terdiri dari acara pembukaan, pameran pariwisata, pameran kuliner Lampung, pertunjukan seni dan budaya, pameran foto Lampung Tempo Dulu dan permainan tradisional.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Razer-Visa Sepakat Kembangkan Transformasi Pembayaran di Asia Tenggara

Selasa, 25 Juni 2019 - 15:18 WIB

Razer-Visa Sepakat Kembangkan Transformasi Pembayaran di Asia Tenggara

Razer™, brand gaya hidup terkemuka di dunia untuk para gamer, dan Visa, perusahaan pembayaran digital terdepan di dunia, telah mengumumkan kemitraan untuk pertama kalinya dalam rangka mengembangkan…

Jaringan Internet LinkedIn (Foto Ist)

Selasa, 25 Juni 2019 - 14:29 WIB

Study LinkedIn: Adanya 3 Rising Skills di Indonesia yang Mempengaruhi Inovasi dan Transformasi Perusahaan  

LinkedIn, jaringan profesional terbesar di dunia, meluncurkanLaporan Future of Skills 2019, yang mengidentifikasi 10 rising skills (peningkatan keterampilan) yang paling tinggi di antara…

BMKG Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 25 Juni 2019 - 14:18 WIB

Fenomena Suhu Dingin di Wilayah Dieng

Menyikapi kondisi suhu dingin yang menyebabkan terjadinya fenomena embun beku di wilayah dataran tinggi Dieng dalam beberapa waktu belakangan ini, kejadian kondisi suhu dingin tersebut merupakan…

Rizal Ramli (dok RMOL)

Selasa, 25 Juni 2019 - 14:00 WIB

Rizal Ramli Pernah Ingatkan Presiden Jokowi Dampak Kebijakan Austerity Sri Mulyani

Ekonom senior DR. Rizal Ramli telah mengingatkan Presiden Joko Widodo untuk menolak rencana Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam menerapkan kebijakan austerity atau pengetatan anggaran yang berdampak…

Rumah Mewah (Ist)

Selasa, 25 Juni 2019 - 13:10 WIB

Pemerintah Resmi Pangkas PPh Properti Mewah Jadi 1% dan Mobil di Atas Rp2 M jadi 5%

Pemerintah resmi menurunkan Pajak Penghasilan (PPh) atas penjualan rumah dan apartemen dengan harga di atas Rp30 miliar kendaraan bermotor dengan harga di atas Rp2 miliar menjadi 1 persen.