Pariwisata Pulau Bintan Diminati Diplomat Asing

Oleh : Herry Barus | Minggu, 25 November 2018 - 13:20 WIB

Pantai Lagoi, Pulau Bintan (Foto: shine.indonesia/Instagram)
Pantai Lagoi, Pulau Bintan (Foto: shine.indonesia/Instagram)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- KBRI Singapura bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata RI memperkenalkan Bintan ke 12 Duta Besar dari negara-negara sahabat yang berkedudukan di Singapura dan Jakarta.

"Kegiatan yang digelar adalah Ambassadors' Familiarisation Trip to Bintan & Batam yang dilaksanakan di Bintan Lagoon Resort, Lagoi, Bintan, Kepulauan Riau," ujar Dubes RI untuk Singapura, Ngurah Swajaya, dalam keterangan tertulis KBRI Singapura yang diterima di Jakarta, Sabtu (24/11/218)

Kegiatan tersebut diikuti oleh 12 Duta Besar dari negara-negara sahabat yang berkedudukan di Singapura dan Jakarta, investor, maupun pelaku usaha.

Upaya tersebut, lanjut dia, dilakukan untuk mewujudkan target 20 juta wisman ke Indonesia. Dubes Ngurah mengatakan Bintan memiliki banyak destinasi dan atraksi wisata, termasuk lapangan golf. Disamping itu, Bintan juga dekat dengan Singapura. Dipilihnya Bintan karena kedekatan lokasinya dengan Singapura sebagai hub internasional. "Memperkenalkan destinasi ini ke kalangan diplomatik diharapkan dapat disebarkan ke masyarakat pengusaha negara yang diwakii para Dubes untuk menyampaikan potensi wisata dan investasi di Bintan," kata dia.

Dalam kerja sama bilateral dengan Singapura, Bintan termasuk salah satu destinasi dalam pengembangan Twinning Destination yakni memanfaatkan wisatawan asing dari berbagai negara yang ke Singapura mengunjungi Bintan. Salah satunya adalah wisata kapal pesiar yang sudah mulai mengunjungi Bintan sejak dua bulan terakhir. Dari Jakarta, Bintan menjadi alternatif destinasi baru yang bisa dikunjungi. "Disamping wisata kapal pesiar, pengembangan paket wisata hot deals dan cross-border tourism juga menjadi tujuan yang gencar dipromosikan Kementerian Pariwisata melalui kantor perwakilannya di Singapura, atau Visit Indonesia Tourism Office/Wonderful Indonesia Tourism Office," ujar dia. Sampai saat ini Singapura masih menjadi salah satu pengunjung terbesar wisatawan asing ke Indonesia. Disamping itu, selama lima tahun berturut-turut investasi asing asal Singapura juga menduduki posisi tertinggi.

Hingga bulan September 2018, nilai investasi dari Singapura tercatat sebesar 6,7 miliar dolar AS atau naik 10 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2017.

Sementara kunjungan wisman asal Singapura juga mengalami peningkatan sebesar 9,8 persen menjadi 1,78 juta wisman.

Dubes Ngurah yakin dengan adanya kerja sama yang baik antara instansi pemerintah akan memperkuat kepercayaan investor maupun pelaku usaha Singapura untuk terus menanamkan modal di Indonesia.

"Upaya tersebut juga meningkatkan kunjungan wisatawan Singapura ke Indonesia. Saya optimis target 20 juta wisman dapat tercapai," kata Dubes Ngurah.

Sementara Kepala Badan Pengelola Bintan, Saleh Umar, menyambut baik kegiatan ini, dan siap untuk terus berkolabosasi dengan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan jumlah investasi dan wisman di Bintan. "Bintan merupakan kawasan yang ramah terhadap investor, dan kita terus bekerja keras untuk memperbaiki fasilitas dan infrastruktur untuk mempermudah investasi asing," kata Umar.

Umar berharap para Duta Besar sebagai perwakilan dari negaranya dapat mempromosikan Pulau Bintan dan Indonesia di negaranya masing-masing.

Salah satu peserta, Duta Besar Portugal untuk Singapura, Luis Lorvao, mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan Pemerintah Indonesia. "Ini yang ketiga kalinya saya mengikuti kegiatan serupa dan selalu ada saja yang baru dari destinasi wisata di Indonesia, ucapnya," kata Luis Lorvao.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.