Mentan Amran Cetus Program Magang Petani Indonesia ke Taiwan

Oleh : Wiyanto | Senin, 15 Oktober 2018 - 08:17 WIB

Mentan Amran Sulaiman
Mentan Amran Sulaiman

INDUSTRY.co.id - 

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran sangat serius mengedepankan penggunaan teknologi modern dan sumberdaya manusia pertanian yang inovatif. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pembanguan pertanian yang tidak hanya berdampak pada peningkatan produski, tetapi juga terwujudnya kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

Untuk mewujudkan ini, Mentan Amran melakukan kunjungan kerja ke Taiwan yang berlangsung pada tanggal 9 Oktober 2018. Mentan Amran langsung diterima Menteri Pertanian Taiwan, Mr. Tsung-Hsien Lin.

Lawatan orang nomor wahid di Kementerian Pertanian di Taipei ini membuahkan hasil guna membangun generasi muda pertanian yang memahami teknologi pertanian modern dan inovatif. Indonesia dan Taiwan sepakat bekerja sama dalam Program Magang Petani Indonesia di Taiwan.

“Kami melakukan pertemuan informal dengan Menteri Pertanian Taiwan. Pihak Taiwan menawarkan program magang yang memberikan kesempatan bagi Petani Indonesia untuk mempelajari sistem pertanian modern langsung dari Petani Taiwan,†demikian ujar Amran di Jakarta, Minggu (14/10).

Amran menyebutkan kerja sama ini sangat strategis guna mendukung program Kementan dalam menciptakan SDM pertanian yang inovatif. Sebab tanpa SDM dan teknologi, mustahil sektor pertanian bisa maju dan Indonesia menjadi lumbun pangan dunia.

“Kerangka Acuan Kerja untuk pelaksanaan program magang akan segera dibahas secara intensif oleh kedua belah pihak. Dalam waktu dekat diharapkan sudah dapat direalisasikan program magang tahap pertama bagi 40 orang petani Indonesia,†sebutnya.

Lebih lanjut Amran menuturkan program magang ini kedepannya akan terus diperluas termasuk program magang dalam rangka peningkatan kapasitas SDM Indonesia untuk pengembangan industri gula. Calon tenaga kerja, baik pada sektor onfarm maupun sektor hilirasi juga akan dimagangkan di Taiwan.

Kunjungan ke Taiwan juga membahas komitmen investasi Taiwan mengembangkan industri gula di Indonesia Rp 20 triliun, membuka pasar ekspor manggis Indonesia ke Taiwan, serta kerjasama Pengembangan Rain Water Harvesting System.

“Ini sebagai bentuk komitmen penguatan kemitraan yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak,†pungkas Amran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Baru Meikarta Cikarang (Ist)

Jumat, 19 April 2019 - 14:00 WIB

Solusi Hunian Baru, Meikarta Pasarkan Unit Baru Seharga Rp280 Juta

Meikarta, hunian yang berlokasi di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kembali memasarkan unit barunya dengan harga mulai Rp280 juta sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin mencari hunian…

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (Foto PuspenTNI)

Jumat, 19 April 2019 - 13:00 WIB

Aparat Keamanan akan Tindak Tegas Upaya Ganggu Ketetertiban Masyarakat

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan, pihaknya tidak akan memberikan toleransi terhadap pihak-pihak yang berusaha mengganggu keamanan dan ketertiban. Apalagi, bila upaya itu dilakukan…

Kapolri Jendral Pol Tito Karnavian (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:26 WIB

Kapolri Tito Karnavian Pastikan Pelaksanaan Pencoblosan Berlangsung Aman Terkendali

Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol Tito Karnavian menyebutkan tidak ada kejadian signifikan yang mengganggu pelaksanaan pencoblosan suara pada 17 April 2019.

Ilustrasi hujan deras. (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 19 April 2019 - 11:19 WIB

Tetap Waspada, Potensi Hujan Lebat Masih akan Terjadi

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan release peringatan dini cuaca terbaru mulai Kamis (18/4/2019) sampai 2 hari kedepan (20/4/2019). Berdasarkan pengamatan BMKG,…

Vivo V15

Jumat, 19 April 2019 - 10:53 WIB

Optimalkan Hasil Jepretan Vivo V15, Ini Beberapa Tips Yang Harus Diperhatikan

Tren smartphone dengan layar utuh tanpa notch mulai marak di tahun ini. Tren tersebut ditandai dengan semakin banyaknya vendor smartphone meluncurkan ponsel cerdas kamera depan model hole…