Pemprov Babel Panen Perdana Padi Demplot M 400

Oleh : Herry Barus | Kamis, 11 Oktober 2018 - 16:39 WIB

Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)
Panen Padi (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Toboali- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman dan Bupati Bangka Selatan Justiar Noer melakukan panen perdana padi Demplot M400 tahun 2018 di Desa Rias, Kecamatan Toboali, Rabu.(10/10/2018)

"Hari ini saya bersama gubernur dan forkopimda melaksanakan panen perdana pada Demplot M400. Padi ini memiliki kualitas yang bagus," kata Bupati Bangka Selatan Justiar Noer di Toboali, Rabu.

Ia mengatakan, saat ini Pemkab Bangka Selatan terus berupaya berbenah dan berusaha meningkatkan pembangunan di segala sektor, dan pada priode 2016-2021 menitikberatkan pada pengembangan kawasan industri berbasis agro dan minapolitan.

Pengembangan kawasan berbasis agro dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun wilayah yang menjadi sentra agropolitan agar terus berkembang.

Dengan demikian, produksi hasil pertanian di wilayah tersebut dapat terserap dan bisa didistribusikan ke wilayah luat Bangka Selatan mau pun daerah lain di Babel.

Ia mengatakan, areal persawahan yang ada di Bangka Selatan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang lumayan siginifikan.

Pada 2016 tercatat luas tanaman padi sawah di Bangka Selatan sekitar 5.320 hektar dengan produktifitas 3.015 ton, ditambah dengan padi ladang seluas 1.018 hektare dengan produksi mencapai 1,751 ton, sehingga secara keseluruhan produksi padi mencapai 178.247 ton yang setara dengan 9.504 ton beras.

"Dengan jumlah produksi yang ada, ini berarti bisa memenuhi 44,77 persen dari kebutuhan beras Kabupaten Bangka Selatan sebesar 21.230 ton. Khusus Desa Rias sudah tercetak seluas 2.372 hektar dan sekarang yang kami lakukan panen perdana ini, " katanya kepada Antara.

Selain itu kata dia, dengan terus meningkatnya areal persawahan dan produktivitas hasil pertanian swasembada beras di Bangka Selatan sudah didepan mata.

Oleh karena itu, dengan potensi luasan sawah tersebut, seluruh petani diminta dapat mengoptimalkan pembangunan sektor pertanian di Kabupaten Bangka Selatan dengan cara bersama-sama menyukseskan peningkatan produksi melalui kegiatan gerak tanam serentak.

"Pemerintah daerah dan pusat terus berusaha meningkatkan pembangunan sarana dan prasarana pertanian, seperti alat dan mesin pertanian, jalan usaha tani, irigasi serta peningkatan kapasitas aparatur penyuluh pertanian untuk mengembangkan usaha taninya," katanya.

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengapresiasi semangat dan kinerja petani Desa Rias, Toboali dan meminta agar petani tetap menggunakan bibit M 400 yang sudah terbukti kualitasnya.

"Beberapa waktu yang lalu kami terus mengikuti perkembangannya. Dan ini sudah ke empat kalinya kami berkunjung kesini mulai dari waktu nanam kemarin. Dan alhamdulillah, ini menunjukkan hasil yg luar biasa. Untuk bibit yang di bantu sepakat kita M 400," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.