Berkat Jasanya Ny. Roesmiati Soepandji Dimakamkan Secara Militer dan Dianugerahi Bintang Gerilya oleh Presiden RI

Oleh : Ridwan | Jumat, 28 September 2018 - 16:35 WIB

Ny. Roesmiati Soepandji Dimakamkan Secara Militer dan Dianugerahi Bintang Gerilya oleh Presiden RI
Ny. Roesmiati Soepandji Dimakamkan Secara Militer dan Dianugerahi Bintang Gerilya oleh Presiden RI

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pada tanggal 23-25 Februari 2018, President University mengadakan kuliah umum berkaitan dengan cultural diversity bagi sekitar 80 mahasiwa mancanegara yaitu dari Tiongkok, Korea Utara, Korea Selatan, Afghanistan dan Timor Leste, dengan pembicara utama Ibu Roesmiati Soepandji di Senior Living D'Khayangan, Jababeka Cikarang.

Kuliah tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa mancanegara tentang nilai-nilai universal yang berasal dari bumi Nusantara yaitu Ajaran Ketuhanan (Suksma Sejati) yang diterima oleh R. Soenarto Mertowardojo (1899-1965) sebagaimana tertuang dalam kitab suci Sasangka Jati.

Founder President University dan Jababeka, Dr. (HC). S. D. Darmono, menutup acara tersebut dengan memberikan pesan bahwa, apa yang telah disampaikan oleh Ibu Roesmiati adalah suatu kunci penting dalam meraih keberhasilan yang hakiki.

Kuliah tersebut adalah kenangan terakhir mahasiswa President University dengan Ibu Roesmiati, karena tepat enam bulan kemudian, Kamis, 23 Agustus 2018, jam 13.04, Ibu Roesmiati, berpulang kepada Tuhan semesta Alam, di R.S. Medistra, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Jakarta.

Jenazah beliau kemudian disemayamkan di Rumah Duka, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, Jenderal Gatot Subroto. Pada keesokan harinya jenazah diterbangkan oleh pesawat C-130, Hercules, TNI-AU ke Surakarta untuk dimakamkan di Makam Perintis Paguyuban Ngesti Tunggal (Pangestu) Bonoloyo.

Atas jasanya mempertahankan kemerdekaan RI pada revolusi 1945-1949, beliau dianugerahi Bintang Gerilya RI oleh Kepala Negara. Dalam prosesi pemakaman militer tersebut jenazah dipersembahkan kepada Ibu Pertiwi oleh Mayjen. TNI. (Purn) Hendardji Soepandji sebagai perwakilan negara, dengan Letjen. TNI. (Purn) I Putu Sukreta Suranta sebagai perwakilan keluarga, serta Dr. Ir. Budi Darmadi Soedjarwo, M.Sc., sebagai Ketua Pengurus Pusat Pangestu bersama dengan ribuan pelayat lainnya.

Ibu Roesmiati, yang lahir pada Kamis kliwon, 25 September 1924 di Purwokerto, adalah putri dari dr. R. Roestamadji. Beliau telah meninggalkan lima orang anak, Hendarman Soepandji (Jaksa Agung RI 2007-2010 dan Kepala BPN RI 2012-2014), Hendarti Soepandji (doktor di bidang psikologi), Hendardji Soepandji (Danpuspomad 2006-2007 dan Aspam KASAD 2008-2010), Budi Susilo Soepandji (Guru Besar FTUI dan Gubernur Lemhannas RI 2011-2016), Bambang Tri Sasongko Soepandji (ahli otomotif dan pengusaha), para menantu, empat belas cucu dan tiga belas cicit.

Pada 25 Agustus 1998, suami beliau, Alm. Brigjen. TNI. dr. Soepandji serta pada Maret 2017, putra beliau yang pertama Alm. dr. Hendarto Soepandji telah wafat terlebih dahulu.

Ibu Roesmiati mengenal Ajaran Suksma Sejati yang diterima oleh R. Soenarto Mertowardojo pada tahun 1953 melalui Alm. Mayjen. TNI. Prof. Dr. Soemantri Hardjoprakoso. Selanjutnya beliau bersama dengan suaminya secara langsung dan rutin menimba ilmu sejati tersebut melalui Bapak Soenarto.

Keduanya dengan tekun mendalami dan melaksanakan ajaran tersebut sampai akhir hayatnya. Selamat jalan Ibu Roesmiati Soepandji, sampai jumpa di Taman Kemuliaan Abadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN RI Rini M. Soemarno (ketiga dari kanan) didampingi oleh Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (paling kanan) dan Direktur Human Capital Management Telkom Edi Witjara (kedua dari kanan) menyerahkan simbolis bantuan siswa berprestasi

Minggu, 21 Juli 2019 - 12:59 WIB

Telkom Berikan Bantuan CSR Peduli Pendidikan Nasional bagi Sekolah di Wilayah 3T

Jakarta – Sebagai bagian dari rangkaian peringatan 54 tahun PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Menteri BUMN Republik Indonesia Rini M. Soemarno didampingi Direktur Utama Telkom Ririek…

Agoda Mix and Save (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 12:00 WIB

Agoda “Mix and Save” Membantu Wisatawan Menemukan Penawaran Akomodasi yang Lebih Baik

Agoda, salah satu platform perjalanan digital yang paling cepat berkembang di dunia, hari ini meluncurkan fitur "Mix and Save"bagi para pelancong dengan budget terbatas. Fitur ini memungkinkan…

JPRMI Tingkatkan Pengkayaan Kemampuan Jurnalistik Video

Minggu, 21 Juli 2019 - 11:36 WIB

JPRMI Tingkatkan Pengkayaan Kemampuan Jurnalistik Video

Jaringan Pemuda & Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) bekerjasama dengan Tawaf TV DMI Adakan Pelatihan Video Jurnalistik Dasar di Centennial Tower, Sebagai bentuk pengkayaan keilmuan dan kemampuan…

Bank BRI. (Irvan AF/INDUSTRY.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 11:19 WIB

Bank BRI Garap Bisnis DPLK

Jakarta - Belum banyak orang yang mempersiapkan kebutuhan finansialnya di masa mendatang, terutama kebutuhan di hari tua saat usia tidak produktif lagi. Bank BRI sebagai salah satu lembaga keuangan…

Suzuki Jimny (Foto: Ridwan)

Minggu, 21 Juli 2019 - 10:30 WIB

Jimny, Mobil Legendaris dengan Segudang Cerita

Selama lebih dari 40 tahun berkiprah di Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), berhasil meluncurkan produk yang melekat di hati masyarakat, salah satunya adalah Jimny.