Berkat Jasanya Ny. Roesmiati Soepandji Dimakamkan Secara Militer dan Dianugerahi Bintang Gerilya oleh Presiden RI

Oleh : Ridwan | Jumat, 28 September 2018 - 16:35 WIB

Ny. Roesmiati Soepandji Dimakamkan Secara Militer dan Dianugerahi Bintang Gerilya oleh Presiden RI
Ny. Roesmiati Soepandji Dimakamkan Secara Militer dan Dianugerahi Bintang Gerilya oleh Presiden RI

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Pada tanggal 23-25 Februari 2018, President University mengadakan kuliah umum berkaitan dengan cultural diversity bagi sekitar 80 mahasiwa mancanegara yaitu dari Tiongkok, Korea Utara, Korea Selatan, Afghanistan dan Timor Leste, dengan pembicara utama Ibu Roesmiati Soepandji di Senior Living D'Khayangan, Jababeka Cikarang.

Kuliah tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada mahasiswa mancanegara tentang nilai-nilai universal yang berasal dari bumi Nusantara yaitu Ajaran Ketuhanan (Suksma Sejati) yang diterima oleh R. Soenarto Mertowardojo (1899-1965) sebagaimana tertuang dalam kitab suci Sasangka Jati.

Founder President University dan Jababeka, Dr. (HC). S. D. Darmono, menutup acara tersebut dengan memberikan pesan bahwa, apa yang telah disampaikan oleh Ibu Roesmiati adalah suatu kunci penting dalam meraih keberhasilan yang hakiki.

Kuliah tersebut adalah kenangan terakhir mahasiswa President University dengan Ibu Roesmiati, karena tepat enam bulan kemudian, Kamis, 23 Agustus 2018, jam 13.04, Ibu Roesmiati, berpulang kepada Tuhan semesta Alam, di R.S. Medistra, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Jakarta.

Jenazah beliau kemudian disemayamkan di Rumah Duka, Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat, Jenderal Gatot Subroto. Pada keesokan harinya jenazah diterbangkan oleh pesawat C-130, Hercules, TNI-AU ke Surakarta untuk dimakamkan di Makam Perintis Paguyuban Ngesti Tunggal (Pangestu) Bonoloyo.

Atas jasanya mempertahankan kemerdekaan RI pada revolusi 1945-1949, beliau dianugerahi Bintang Gerilya RI oleh Kepala Negara. Dalam prosesi pemakaman militer tersebut jenazah dipersembahkan kepada Ibu Pertiwi oleh Mayjen. TNI. (Purn) Hendardji Soepandji sebagai perwakilan negara, dengan Letjen. TNI. (Purn) I Putu Sukreta Suranta sebagai perwakilan keluarga, serta Dr. Ir. Budi Darmadi Soedjarwo, M.Sc., sebagai Ketua Pengurus Pusat Pangestu bersama dengan ribuan pelayat lainnya.

Ibu Roesmiati, yang lahir pada Kamis kliwon, 25 September 1924 di Purwokerto, adalah putri dari dr. R. Roestamadji. Beliau telah meninggalkan lima orang anak, Hendarman Soepandji (Jaksa Agung RI 2007-2010 dan Kepala BPN RI 2012-2014), Hendarti Soepandji (doktor di bidang psikologi), Hendardji Soepandji (Danpuspomad 2006-2007 dan Aspam KASAD 2008-2010), Budi Susilo Soepandji (Guru Besar FTUI dan Gubernur Lemhannas RI 2011-2016), Bambang Tri Sasongko Soepandji (ahli otomotif dan pengusaha), para menantu, empat belas cucu dan tiga belas cicit.

Pada 25 Agustus 1998, suami beliau, Alm. Brigjen. TNI. dr. Soepandji serta pada Maret 2017, putra beliau yang pertama Alm. dr. Hendarto Soepandji telah wafat terlebih dahulu.

Ibu Roesmiati mengenal Ajaran Suksma Sejati yang diterima oleh R. Soenarto Mertowardojo pada tahun 1953 melalui Alm. Mayjen. TNI. Prof. Dr. Soemantri Hardjoprakoso. Selanjutnya beliau bersama dengan suaminya secara langsung dan rutin menimba ilmu sejati tersebut melalui Bapak Soenarto.

Keduanya dengan tekun mendalami dan melaksanakan ajaran tersebut sampai akhir hayatnya. Selamat jalan Ibu Roesmiati Soepandji, sampai jumpa di Taman Kemuliaan Abadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

Rabu, 24 April 2019 - 23:26 WIB

BNI Syariah Salurkan Pembiayaan Sindikasi Cimanggis Cibitung Tollways Rp 400 Miliar

BNI Syariah turut berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur. Salah satunya adalah dengan berpartisipasi dalam pembiayaan sindikasi pembangunan proyek jalan tol.Terbaru, BNI Syariah ikut…

Iffan Suryanto-President Director Electrolux Indonesia, bersama Barli Asmara-Indonesia Fashion Designer dan Chandra Yudasswara-Electrolux Chef.

Rabu, 24 April 2019 - 23:18 WIB

Electrolux100YearsOfBetterLiving Wujudkan Hidup Lebih Baik bersama Electrolux

Tepat satu abad sudah Electrolux mendampingi pelanggan di seluruh dunia dengan berbagai inovasinya, membantu membentuk kehidupan yang lebih membahagiakan dan berkelanjutan bagi ratusan juta…

Direktur Utama Bank, BTN, Maryono, sedang memberikan kuliah umum di kampus Universitas Andalas di Padang, Sumatera Barat, Rabu (24/04/2019)

Rabu, 24 April 2019 - 22:38 WIB

Bank BTN Berharap Dunia Kampus dapat Beradaptasi dengan Teknologi Digital

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menilai dunia pendidikan perlu dibekali pengetahuan yang sesuai dengan kebutuhan zaman sehingga lulusannya mampu beradaptasi dengan kemajuan…

Sriyono pengrajin kain pantai Sukoharjo yang mendunia

Rabu, 24 April 2019 - 22:09 WIB

Kisah Sukses Sriyono Pengrajin Kain Pantai Sukoharjo yang Mendunia

Di Kabupaten Sukoharjo banyak pelaku UMKM yang sukses membangun usahanya setelah mendapat pinjaman bunga lunak dari LPDB melalui BPR Kartarsura Makmur.

Hoshino Resorts Aomoriya

Rabu, 24 April 2019 - 22:00 WIB

Hoshino Resorts Aomoriya Terpilih Jadi Salah Satu dari 20 Ryokan Terbaik di Jepang

Perusahaan Manajemen Hotel, Hoshino Resorts melalui salah satu cabangnya, Hoshino Resorts Aomoriya, dinobatkan untuk pertama kalinya dalam "Top20 Ryokans in Japan by International Travelers…