Pemerintah Bidik Lahan BUMN Untuk Hunian MBR

Oleh : Ridwan | Senin, 13 Februari 2017 - 18:00 WIB

Ilustrasi Rusunami Perum Perumnas (Foto: Ist)
Ilustrasi Rusunami Perum Perumnas (Foto: Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Pemerintah tengah membidik lahan-lahan milik negara yang dikelola Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk dijadikan lokasi rumah susun (rusun) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) di perkotaan.

Lahan yang tengah dibidik di antaranya milik PT. Kereta Api Indonesia (Persero), lahan tak produktif milik Perum Perhutani (Persero) dan BUMN perkebunan seperti PT. Perkebunan Nusantara (PTPN).

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sudah meminta masukan Kementerian BUMN mengenai lahan-lahan yang tersedia, termasuk milik PT KAI. Lahan PT KAI jadi incaran sebab pemerintah ingin agar hunian vertikal yang dibangun berada dekat dengan stasiun kereta.

"Yang ada dulu kita gunakan, lebih penting dia dekat stasiun kereta api" ucap Menko Bidang Perekonomian, Darmin Nasution melalui siaran persnya saat menghadiri rapat mengenai perumahan MBR dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jakarta, Senin (13/2/2017).

Alasan pemerintah menggunakan lahan BUMN sebagai lokasi pembangunan rusun adalah agar harga perumahan untuk MBR di perkotaan terjangkau. Sebab, sesuai Peraturan Menteri PUPR Nomor Nomor 20 Tahun 2014 tentang Pemberian Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi MBR, harga rumah yang dapat subsidi harga maksimalnya sebesar Rp 141 juta.

"Saat ini pemerintah sedang melakukan pemetaan awal atas lahan seluas empat hektare milik Perum Perumnas di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat," tambahnya

Sebagian lahan tersebut sudah dibangun rusun, namun masih ada sebagian lainnya yang masih kosong. Lahan yang kosong ini akan dikonsolidasikan untuk dibangun beberapa hunian vertikal baru.

Selain itu, ada juga beberapa bidang tanah di Sayidan, Kotamadya Yogyakarta, yang sedang dalam sengketa. Rencananya, lahan ini juga akan dikonsolidasikan untuk menjadi bank tanah yang nantinya akan dibangun menjadi hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

"Intinya jangan sampai masyarakat berpendapatan kecil hidupnya malah jauh dari kota, tapi sekarang baru kita coba petakan dulu." tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:17 WIB

PT JIEP Segera Hadirkan Salah Satu Masjid Terbesar di Jakarta Timur

PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar seremoni peletakan batu pertama (groundbreaking) Pembangunan Masjid JIEP Jayakarta yang akan menjadi salah satu Masjid terbesar di Jakarta…

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Sabtu, 04 Mei 2024 - 04:06 WIB

Moshiro Hadir di BeautyFest Asia di Lima Kota

Festival kecantikan terbesar di Asia Tenggara, BeautyFest Asia 2024. Tahun ini, BeautyFest Asia siap memukau para penggemar kecantikan di lima kota! Acara perdana dimulai di hotel bergengsi…

Tim Bank Mandiri Singapura

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:48 WIB

BMSG Lanjutkan Komitmen Keberlanjutan Bank Mandiri di Mancanegara

Bank Mandiri Singapura (BMSG) baru-baru ini menyelenggarakan acara bertajuk “BMSG on Preference“ mengusung tema “Elevating ESG Impact,“ acara perdana ini bertujuan meningkatkan kesadaran,…

Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman Memasuki Panen Raya 2024

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:36 WIB

Alhamdulilah! Stok Beras di Pasar Induk Beras Cipinang Dipastikan Aman

Jakarta - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroda) memastikan stok beras di Jakarta dinyatakan aman memasuki panen raya.

(kiri ke kanan) Direktur Network & IT Solution Herlan Wijanarko, Direktur Wholesale & International Service Bogi Witjaksono, Direktur Strategic Portfolio Budi Setyawan Wijaya, Direktur Digital Busines Muhamad Fajrin Rasyid, Direktur Utama Ririek Adriansyah, Direktur Keuangan & Manajemen Risiko Heri Supriadi, Direktur Human Capital Management Afriwandi, Direktur Group Business Development Honesti Basyir, dan Direktur Enterprise & Business Service FM Venusiana R

Jumat, 03 Mei 2024 - 20:12 WIB

Telkom Bagikan Dividen Rp17,68 Triliun atau Tumbuh 6,5% YoY

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk telah menyelesaikan Rapat Umum Pemegang Saham Tahun Buku 2023 di Jakarta pada Jumat (3/5). Rapat menyetujui pembagian dividen tunai sebesar Rp17,68 triliun…