Tahun Depan NYIA Bisa Dioperasionalkan

Oleh : Herry Barus | Jumat, 21 September 2018 - 15:00 WIB

New Yogyakarta International/ NYIA (Foto Dok Industry.co.id)
New Yogyakarta International/ NYIA (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Kulon Progo- PT Angkasa Pura I optimistis proyek pembangunan bandara baru New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, beroperasi pada April 2019.

"Dengan dukungan banyak pihak, kami rasa target operasi pada April 2019 sangat optimistis dapat tercapai. Kami juga melibatkan masyarakat terdampak NYIA dalam proses pembangunan baik dari segi pekerja lapangan, tim keamanan, pelatihan-pelatihan, ataupun pelaksana kantin bandara," kata Project Manager NYIA Taochid Purnama Hadi kepada awak mediadi Kulon Progo, Kamis (20/9/2018)

Namun demikian, ia mengatakan tahap pekerjaan konstruksi Pembangunan NYIA di Kulon Progo baru mencapai 0,1033 persen.

"Total progres keseluruhan proyek Airside dan Landside baru mencapai 0,1033 persen, terdiri atas Airside 0,667 persen dan Landside 0,366 persen," katanya.

Ia pengatakan pada tahap pertama pembangunan ini, landasan pacu pesawat yang dibangun sepanjang 3.250 meter dengan lebar 40 meter. Kemudian, terminal bandara ditargetkan selesai 50 persen. Saat ini telah dilakukan timbunan landasan pacu (runway) sepanjang 2.000 meter dengan 22 persen.

"Runway sepanjang 3.250 meter, pesawat besar sudah bisa mendarat di NYIA," katanya.

Taochid mengatakan jumlah pekerja yang dibutuhkan dalam pengerjaan proyek 6.000 orang dari November 2018 sampai Januari 2019. "Sampai hari ini baru ada 1.200 orang. Proyek pembangunan NYIA membutuhkan pekerja dengan berbagai kemampuan," katanya.

Juru Bicara NYIA Agus Pandu Purnama mengatakan PT AP I memberikan bantuan melalui dana tanggung jawab sosial perusaan (CSR) kepada warga terdampak bandara, mulai dari pemantuan kesehatan warga terdampak bandara, khususnya ibu hamil dan anak, kemudian pelatihan kewirausahaan, pelatihan bahasa Inggris hingga pemberdayaan nelayan.

"Kami membekali warga terdampak bandara dari berbagai aspek keterampilan, supaya saat bandara jadi mereka siap bekerja sesuai keterampilan dan keahlian yang mereka kuasai," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Desa Wisata

Minggu, 16 Juni 2019 - 12:30 WIB

Kemenpar Gandeng Udinus Latih Warga Temanggung Majukan Desa Wisata

Kementerian Pariwisata dan Universitas Dian Nuswantara Semarang memberikan pelatihan memajukan potensi daerah sebagai desa wisata baru pada warga Kelurahan Walitelon Utara Kecamatan Temanggung,…

Neta S Pane, IPW (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:56 WIB

Lima Alasan IPW Desak Polri Segera Menahan Komjen Purn Sofyan Jacob

Ind Police Watch (IPW) mendesak Polri segera menahan Sofyan Jacob. Jika Sofyan tidak hadir, Polri harus melakukan upaya jemput paksa dan segera menjebloskannya ke tahanan.

Harry Hikmat Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:45 WIB

Korban Bencana Alam Yang Jatuh Miskin Berpeluang Dapat PKH

Korban bencana alam yang jatuh miskin berpeluang menjadi penerima program keluarga harapan (PKH) baru . Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat menjelaskan korban bencana…

Shabrina Evaswantry Binti Novizar Swantry ( Nana) (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:36 WIB

Surat-Surat Wasiat Mendiang Nana ( Obituari Penderita Kanker)

“ For Everyone. PS : Sayang, tolong dibacakan setelah kuburku ditutup. Bacakan dengan ikhlas dan penuh syukur. Dont be sad,” itu tulisan pengantar dari surat “wasiat” almarhumah Shabrina…

Festival cabai

Minggu, 16 Juni 2019 - 11:19 WIB

Menduniakan Cabai Melalui Festival Cabai

Tangerang - Pada perayaan acara Pehcun atau lomba perahu naga di Tangerang 15-16 Juni ini Kementerian Pertanian yang bekerja sama dengan Museum Tanah dan Pertanian Bogor dan Museum Benteng Heritage…