Pemerintah Republik Ceko Berminat Investasi di NYIA

Oleh : Herry Barus | Jumat, 21 September 2018 - 10:00 WIB

New Yogyakarta International/ NYIA (Foto Dok Industry.co.id)
New Yogyakarta International/ NYIA (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta- Pemerintah Republik Ceko melakukan penjajakan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Proyek Kereta Api Bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo.

Penjajakan itu dilakukan Presiden Senat Parlemen Republik Ceko Milan Stech serta Duta Besar Republik Ceko untuk Indonesia Ivan Hotec bersama sejumlah delegasi dengan menemui Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Gedong Pracimosono, Kompleks Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (19/9/2018)

"Ini memungkinkan ada kerja sama misalnya Republik Ceko dengan PT KAI untuk membangun rel kereta api dari Airport (NYIA) ke Stasiun Tugu atau dari Yogyakarta ke Borobudur," kata Sultan seusai menemui delegasi dari Republik Ceko.

Setelah pertemuan itu, sejumlah delegasi dari kalangan pengusaha Republik Ceko yang tergabung dalam Czech Chamber Of Commerce, serta sejumlah perwakilan perbankan Ceko menindaklanjuti penjajakan itu dengan menggelar pertemuan bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) DIY, PT Kerera Api Indonesia (KAI) dan PT Angkasa Pura (AP) 1.

Ketua Kadin DIY GKR Mangkubumi seperti dilansir Antara menyebutkan dalam penjajakan itu ada tiga prioritas yang akan dikerjasamakan. Selain proyek Kereta Bandara NYIA, ada pula rencana kerja sama pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto, serta pengembangan manajemen rumah sakit di RSUP Sardjito dan RS yang akan dibangun di kawasan bandara baru.

"Kalau kerja sama proyek kereta, Republik Ceko memang punya pabrik kereta yang bagus. Nanti PT KAI yang tahu kira-kira apa saja yang bisa dikerjasamakan," kata putri Sultan ini.

Sementara itu Vice President Czech Chamber Of Commerce, Michal Srefl mengatakan pihaknya ingin memiliki andil dalam sejumlah proyek besar di Yogyakarta. Ia mengklaim Ceko memiliki sejumlah pabrik yang memadai untuk memenuhi kebutuhan yang berhubungan dengan infrastruktur.

Seperti Proyek Kerata Api yang menghubungkan ke Bandara NYIA, menurut Michal, pihaknya bisa menyuplai berbagai kebutuhan untuk elektrifikasi kereta, hingga desain pembangunan konstruksi rail kereta dengan harga yang kompetitif.

"Meskipun Republik Ceko termasuk daerah Eropa Timur, tetapi kita bisa bersaing soal harga-harga. Harganya bisa lebih murah," kata Michal.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Budi Wibowo mengatakan Republik Ceko dikenal memiliki kemampuan cukup maju dalam industri perkeretapian termasuk di dalamnya industri gerbong. "Sebagai uji coba awal adalah pembangunan jalur kereta api dari Bandara baru di Kulon Progo ke Stasiun Tugu Yogyakarta," kata dia.

Pembangunan jalur kereta api dari Yogyakarta ke Bandara baru, menurut dia, perannya sangat vital. Karena selain untuk memperlancar mobilitas penumpang, jalur tersebut nantinya juga akan dimanfaatkan untuk mengangkut pasir besi hasil eksploitasi dari PT JMI di Kulon Progo.

Menurut Budi, dalam waktu dekat, pihak Republik Ceko akan segera mengirimkam tenaga ahli untuk melakukan pengecekan di lapangan.

"Kami berharap agar jalur kereta bandara baru ini segera terealisasi," kata dia.

Deputi Executive Vice President (EVP) Daop VI PT KAI, Nathan M Siahaan mengatakan saat ini pihaknya masih dalam posisi mendengarkan berbagai produk yang ditawarkan oleh Pihak Pemerintah Ceko. "Kami nanti akan lihat apa yang kira-kira mereka bisa terlibat dalam proyek kereta tersebut," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.