Tiongkok Tegang, Bursa Saham Asia Variatif

Oleh : Wiyanto | Jumat, 21 September 2018 - 09:43 WIB

IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)
IHSG - Bursa Efek Indonesia (Dok INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id -

AS -

Jakarta - Pergerakan bursa saham Asia cenderung variatif seiring masih adanya kekhawatiran terkait perang dagang AS dan Tiongkok. Nikkei bergerak mendatar. Kospi cenderung menguat. Sejumlah indeks saham Tiongkok juga cenderung variatif dimana Shanghai dan Shenzhen bergerak melemah namun, Hang Seng menguat.

"Aksi jual terjadi setelah Tiongkok mengumumkan tarif impor barang-barang AS sebanyak 5000 barang senilai USD 60 miliar yang akan efektif pada 24 September sebagai balasan atas kebijakan Trump yang mengenakan barang impor Tiongkok senilai USD 200 miliar.," ujar analis Pasar Modal Reza Priyambada di Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Pergerakan bursa saham Eropa masih melanjutkan pergerakan positifnya seiring penilaian perang dagang AS dan Tiongkok tidak separah perkiraan sebelumnya. Indeks pan-European Stoxx600 naik 0,5 persen dengan dukungan sejumlah sektor, terutama sektor perbankan. Di sisi lain, masih adanya sejumlah berita positif dari emiten turut menambah sentimen positif.

Pergerakan sejumlah indeks saham AS berada di teritori positif melanjutkan kenaikan sebelumnya. Berkurangnya kekhawatiran akan perang dagang AS dan Tiongkok memberikan sentimen positif. Sikap AS dan Tiongkok yang dianggap mengenakan tarif impor di bawah perkiraan direspon positif pelaku pasar. Kenaikan dimotori saham-saham berkapitalisasi besar a.l Apple, Boeing, dan Caterpillar yang diikuti sejumlah saham lainnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil saat musnahkan komoditas Ilegal

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:55 WIB

Barantan Gandeng Polri Bidang Pengawasan dan Penegakan Hukum

Jakarta - Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian menjalin kerjasama dengan Kepolisian. Kerjasama dalam bidang pengawasan dan penegakan hukum.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kemenperin, Putu Juli Ardika

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:15 WIB

AMMDes Pengumpan Ambulans Jadi Pilot Project di Banten

Kementerian Perindustrian terus mendorong pemanfaatan pada Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) di seluruh daerah Indonesia.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kemenperin, Eko S.A. Cahyanto

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:40 WIB

Bikin SDM Industri Kompetitif, Kemenperin Susun Kurikulum Hingga Usul Insentif

Kementerian Perindustrian terus memacu ketersediaan dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) sektor industri. Langkah strategis yang telah dilakukan, salah satunya adalah pelaksanaan pendidikan…

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira Puspadewi

Rabu, 17 Juli 2019 - 10:00 WIB

Sinergi Pengembangan Destinasi Pariwisata baru di Bakauheni, Lampung

Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/ Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Abdulbar M. Mansoerdan Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)/ASDP Ira…

Dirjen Bina Konstruksi selaku Ketua Komite K2 Syarif Burhanuddin

Rabu, 17 Juli 2019 - 08:55 WIB

Ini Hasil Evaluasi Komite Keselamatan Konstruksi Atas Peristiwa Runtuhnya Formwork Pierhead Tol BORR

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Komite Keselamatan Konstruksi (Komite K2) dan Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) telah melakukan evaluasi atas…