Bursa Global Menguat Hari Ini

Oleh : Wiyanto | Kamis, 20 September 2018 - 09:03 WIB

IHSG (Foto/Rizki Meirino)
IHSG (Foto/Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Pergerakan bursa saham Asia kembali mampu berbalik menguat di tengah kekhawatiran akan terjadinya perang dagang AS dan Tiongkok. Pelaku pasar merespon positif rilis BoJ yang kembali menahan suku bunganya dan memberikan pandangan positif akan ekonomi Jepang ke depannya seiring dengan langkah pemulihan ekonominya.

"Selain itu, pelaku pasar juga merespon positif pernyataan PM Tiongkok, Le Keqiang, dalam forum World Economic Forum (WEF) dimana meski Tiongkok merasakan ekonomi saat ini tidak nyaman dengan adanya konfrontasi tarif dagang namun, Tiongkok telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mempertahankan ekonominya.," ujar analis Pasar Modal Reza Priyambada di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

Ia bilang, Laju bursa saham Eropa turut bergerak menguat seiring sikap pelaku pasar yang mencoba kembali mengesampingkan ekskalasi perang dagang antara Tiongkok dan AS. Indeks pan-European Stoxx600 naik 0,21 persen dengan dukungan sejumlah sektor, terutama sektor sumber daya, bank, hingga otomotif. Reaksi positif dari pelaku pasar terhadap komentar PM Le Keqiang dalam WEF yang dibarengi dengan positifnya sejumlah berita emiten turut membantu laju bursa saham Eropa bergerak di zona hijau.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:20 WIB

Acting in Concert Picu Perubahan Pengendalian KIJA

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) berpotensi mengalami gagal bayar notes senilai USD300 juta. Karena terjadi perubahan pengendali sebagaimana dimaksud dalam perjanjian terkait dengan notes yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:05 WIB

Lampaui Rata-rata Nasional, Realisasi Anggaran Kemenperin 2018 Capai 92,28%

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mengoptimalkan alokasi anggaran bagi organisasinya dalam rangka mendorong pengembangan industri nasional.

Danau Matano, Sulawesi Selatan. (Foto: IST)

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:00 WIB

Pemerintah Siapkan 10 Danau Dipersiapkan Sebagi Destinasi Pariwisata

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merevitalisasi 10 di antara 15 danau prioritas yang dikembangkan sebagai destinasi pariwisata alam di Indonesia.

Adhi S lukman, Ketua Gabungan pengusaha makanan dan minuman indonesia ( Gapmmi )

Kamis, 18 Juli 2019 - 10:00 WIB

Industri Mamin Butuhkan Pasokan Garam Industri

- Industri makanan dan minuman sedang mengalami kekurangan pasokan garam industri, sedangkan stok saat ini untuk kebutuhan kurang dari satu bulan, kata Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman…

BCA Dukung Pelestarian Keragaman Budaya Nusantara

Kamis, 18 Juli 2019 - 09:30 WIB

BCA Dukung Pelestarian Keragaman Budaya Nusantara

Keberagaman kultur dan budaya yang tersebar di semua wilayah di Indonesia mengharuskan adanya sikap apresiasi dan saling menghormati sehingga tercipta situasi yang kondusif untuk pertumbuhan…