Ekspor Semen Indonesia Capai Dua Juta Ton

Oleh : Herry Barus | Kamis, 20 September 2018 - 07:30 WIB

Ilustrasi Pabrik Semen.
Ilustrasi Pabrik Semen.

INDUSTRY.co.id - Surabaya- Kinerja ekspor Semen Indonesia hingga Agustus 2018 mengalami kenaikan signifikan hingga mencapai 2 juta ton, atau naik hampir 50 persen dibanding periode yang sama tahun 2017

Direktur Marketing & Supply Chain PT Semen Indonesia Persero Tbk (SMGR), Adi Munandir di Surabaya, Rabu mengatakan kenaikan ekspor didorong dari adanya aturan Pemerintah China yang kini menerapkan kebijakan lingkungan, dan membuat produksi semen di negara itu berkurang.

"Sampai hari ini, kinerja ekspor hampir 2 juta ton, padahal sebelumnya tidak sampai demikian. Salah satunya karena terjadi kebijakan lingkungan di China dan permintaan tinggi," kata Adi saat kegiatan Investor Summit di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Surabaya.

Ia berharap dengan kenaikan ekspor dapat terus mendorong kinerja perusahaan yang sampai akhir 2018 menargetkan penjualan ekspor hingga sebesar 3 juta ton, dengan nilai Rp4,44 trilliun.

"Kami akan terus menggenjot penjualan ekspor sebagai langkah untuk memperkuat nilai tukar rupiah terhadap dolar AS serta untuk memacu utilisasi pabrik dalam negeri," katanya.

Ia mengatakan dorongan ekspor hingga akhir tahun karena produksi semen secara nasional mengalami surplus atau sedang berlebih pasokan hingga 40 persen yang membuat kompetisi menjadi sangat ketat.

"Kami dari Semen Indonesia tentunya mengutamakan pasar dalam negeri dulu, setelah itu baru mendorong kinerja ekspor," tuturnya.

Sekretaris Perusahaan Semen Indonesia, Agung Wiharto mengatakan sepanjang Januari sampai Agustus 2018 SMGR telah mencatatkan penjualan ekspor sebesar 1,99 juta ton, tumbuh 42,7 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 1,39 juta ton.

Keberhasilan pencapaian penjualan ekspor, kata dia,  membuktikan kualitas produk yang dihasilkan pabrik SMGR telah diakui Internasional serta memiliki daya saing tinggi.

Sedangkan peningkatan ekspor ke China mencapai sekitar 30 persen, sisanya ke beberapa negara tujuan di antaranya Srilanka, Tahiti, Timor Leste, Tonga, Uni Emirat Arab, Yaman, Filipina, China.

Selain negara tersebut SMGR juga mengekspor ke Australia, Austria, Maldives, India dan Bangladesh.

"Untuk lebih meningkatkan penjualan di pasar ekspor, SMGR akan memperkuat jaringan ekspor di negara-negara tujuan serta menjajaki berbagai negara lainnya dan ikut aktif dalam kegiatan misi dagang," katanya.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar (kedua dari kiri) dan Direktur Utama PT Jasamarga Related Business Dian Takdir Badrsyah (kedua dari kanan)

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:48 WIB

BSI Gandeng Anak Usaha Jasa Marga

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) tandatangani nota kesepahaman dengan anak usaha Jasa Marga yaitu PT Jasa Marga Related Business.

Ilustrasi batubara

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:36 WIB

Kian Kokoh di Ranah Tambang! Anak usaha PT Delta Dunia Raih Kontrak Tambang Batu Bara di Australia

Jakarta - PT Bukit Makmur Mandiri Utama (BUMA), anak perusahaan PT Delta Dunia Makmur Tbk (Perseroan), melalui anak perusahaannya di Australia BUMA Australia Pty Ltd (BUMA Australia) akan memulai…

(Foto dari kiri ke kanan) Section Head PT Multipolar Technology Tbk Ignasius Oky Yoewono, Director Enterprise Application Services Business PT Multipolar Technology Tbk Jip Ivan, dan Department Head Hybrid Database Solution PT Multipolar Technology Tbk Yemmy Sukandar sedang berbincang di sela-sela seminar tentang keamanan siber yang diselenggarakan oleh Infobank di Pullman Jakarta Thamrin, Jakarta, Selasa (17/5).

Selasa, 17 Mei 2022 - 22:25 WIB

Multipolar Technology mengusung solusi IBM Guardium dan IBM Security QRadar XDR sekaligus ke pasar Indonesia

Jakarta-PT Multipolar Technology Tbk (IDX: MLPT), anak perusahaan PT Multipolar Tbk (IDX: MLPL) yang berperan sebagai mitra dalam mendukung pengembangan teknologi digital perusahaan di berbagai…

Gedung Bank KB Bukopin

Selasa, 17 Mei 2022 - 21:58 WIB

KB Bukopin Masuk Indeks Global MSCI, Sentimen Positif Investor Saham

PT. Bank KB Bukopin, Tbk. terus bergerak positif pada lantai bursa. Morgan Stanley Capital International (MSCI) mengumumkan hasil tinjauan indeks semi tahunan pada Mei 2022.

Jalan Tol Serang-Panimbang

Selasa, 17 Mei 2022 - 18:40 WIB

Beroperasi 2024, Jalan Tol Serang-Panimbang Permudah Akses Wisata ke Tanjung Lesung

Sebagai salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur…