Investor Ceko Diajak Bergabung Sektor Pembangkit Listrik

Oleh : Herry Barus | Rabu, 19 September 2018 - 15:20 WIB

Pembangkit Listrik di Indonesia
Pembangkit Listrik di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengharapkan para investor dari Ceko akan berinvestasi di sektor pembangkit listrik.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar membuka acara Forum Bisnis antara Indonesia dengan Ceko di Kantor Kementerian ESDM, Selasa  (18/9/2018) Forum Bisnis Indonesia - Ceko ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan bilateral Menteri ESDM Ignasius Jonan menyambangi Ceko untuk bertemu dengan Menteri Industri dan Perdagangan Ceko, Mei silam.

"Kepada seluruh delegasi baik dari Indonesia maupun Ceko, untuk melaksanakan forum bisnis dengan baik, sehingga target yang diharapkan bisa tercapai," katanya.

Untuk mencapai target tersebut, Wamen Arcandra memaparkan tiga hal. Pertama, ia meminta kepada para delegasi untuk duduk berbaur antara delegasi Indonesia dan Ceko.

"Bukankah kita perlu saling mengenal antara satu dengan yang lain sebelum membuat komitmen untuk melakukan bisnis yang bermanfaat," ungkapnya di depan delegasi Ceko yang dipimpin oleh Presiden Senat Ceko, Milan Stech serta Duta Besar Ceko untuk Indonesia, Ivan Hotek, Yang kedua, Arcandra menjelaskan bahwa untuk mencapai target dalam forum bisnis adalah memiliki komitmen yang kuat.

Ia menambahkan bahwa dengan memiliki komitmen, maka pelaku bisnis dari kedua negara bisa melaksanakan dan bekerja sama untuk memenuhi apa yang ingin dicapai.

"Kita bisa bayangkan kita telah mempunyai banyak forum bisnis, apa hasilnya? Hasilnya adalah tumpukan kertas, dan itu bukanlah tujuan kita mengadakan forum bisnis," kata Arcandra.

Ketiga, kata Arcandra, jangan membuang waktu untuk mempertajam masalah yang ada, namun harus bisa mengeksplor kesempatan. Karena menurutnya, forum bisnis adalah cara untuk mengeksplor kesempatan.

 "Cobalah untuk membuat kontrak perdagangan langsung antara Indonesia dan Ceko, sehingga tidak melalui negara lain (pihak ketiga)," tandasnya seperti diansir Antara.

Diharapkan dari forum bisnis ini investor dari Ceko akan berinvestasi di Indonesia khususnya pada sektor energi, seperti investasi pada Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTMH) dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang, serta mendirikan manufacturing turbin untuk mini hidro.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gelaran 100 Innovations Networking Event

Rabu, 16 Oktober 2019 - 22:40 WIB

Gandeng Startup, Kadin Dorong Pelaku Usaha Manfaatkan Teknologi Sistem Informasi

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mendorong kolaborasi para pelaku usaha melalui pemanfaatan teknologi sistem informasi dengan melibatkan start up.

Outlet baru Gulu Gulu Star

Rabu, 16 Oktober 2019 - 21:52 WIB

Sour Sally Group Buka Outlet Gulu Gulu Star di Central Park

Sour Sally Group membuka outlet baru dari Gulu Gulu Star dengan konsep yang lebih besar serta menghadirkan menu yang lebih variatif untuk memanjakan pelangganya. Kali ini Gulu Gulu memilih Central…

Sekretaris Jenderal PUPR Anita Firmanti dengan Vice Chairman China International Development Cooperation Agency (CIDCA) Deng Boqing

Rabu, 16 Oktober 2019 - 21:18 WIB

Pemerintah Gandeng Tiongkok Garap Bendungan di Sulawesi dan Kalimantan

Penandatanganan Exchange of Letter ini merupakan tanda dimulainya kegiatan Engineering Services persiapan pembangunan Bendungan Pelosika di Sulawesi Tenggara dengan dana hibah dari Pemerintah…

Amato Rudolph Kembali Cetak Double Winner di ISSOM 2019

Rabu, 16 Oktober 2019 - 20:00 WIB

Amato Rudolph Kembali Cetak Double Winner di ISSOM 2019

Pembalap Amato belia Amato Rudolph mencetak double winner putaran 5 ISSOM 2019 di Sentul International Circuit, Bogor, Jawa Barat Minggu (13/10/2019). Catatan double winner Amato Rudolph, ini…

Kasubdit BUMD Bidang Lembaga Keuangan dan Aneka Usaha Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Bambang Arianto

Rabu, 16 Oktober 2019 - 19:11 WIB

BUMD Dituntut Untuk Siap Dalam Menghadapi Era Industri 4.0

Dalam menghadapi tantangan di era industri 4.0, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dituntut untuk siap dalam menghadapi berbagai perubahan supaya dapat bersaing dalam dunia usaha yang semakin menggeliat…