Investor Ceko Diajak Bergabung Sektor Pembangkit Listrik

Oleh : Herry Barus | Rabu, 19 September 2018 - 15:20 WIB

Pembangkit Listrik di Indonesia
Pembangkit Listrik di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengharapkan para investor dari Ceko akan berinvestasi di sektor pembangkit listrik.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar membuka acara Forum Bisnis antara Indonesia dengan Ceko di Kantor Kementerian ESDM, Selasa  (18/9/2018) Forum Bisnis Indonesia - Ceko ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan bilateral Menteri ESDM Ignasius Jonan menyambangi Ceko untuk bertemu dengan Menteri Industri dan Perdagangan Ceko, Mei silam.

"Kepada seluruh delegasi baik dari Indonesia maupun Ceko, untuk melaksanakan forum bisnis dengan baik, sehingga target yang diharapkan bisa tercapai," katanya.

Untuk mencapai target tersebut, Wamen Arcandra memaparkan tiga hal. Pertama, ia meminta kepada para delegasi untuk duduk berbaur antara delegasi Indonesia dan Ceko.

"Bukankah kita perlu saling mengenal antara satu dengan yang lain sebelum membuat komitmen untuk melakukan bisnis yang bermanfaat," ungkapnya di depan delegasi Ceko yang dipimpin oleh Presiden Senat Ceko, Milan Stech serta Duta Besar Ceko untuk Indonesia, Ivan Hotek, Yang kedua, Arcandra menjelaskan bahwa untuk mencapai target dalam forum bisnis adalah memiliki komitmen yang kuat.

Ia menambahkan bahwa dengan memiliki komitmen, maka pelaku bisnis dari kedua negara bisa melaksanakan dan bekerja sama untuk memenuhi apa yang ingin dicapai.

"Kita bisa bayangkan kita telah mempunyai banyak forum bisnis, apa hasilnya? Hasilnya adalah tumpukan kertas, dan itu bukanlah tujuan kita mengadakan forum bisnis," kata Arcandra.

Ketiga, kata Arcandra, jangan membuang waktu untuk mempertajam masalah yang ada, namun harus bisa mengeksplor kesempatan. Karena menurutnya, forum bisnis adalah cara untuk mengeksplor kesempatan.

 "Cobalah untuk membuat kontrak perdagangan langsung antara Indonesia dan Ceko, sehingga tidak melalui negara lain (pihak ketiga)," tandasnya seperti diansir Antara.

Diharapkan dari forum bisnis ini investor dari Ceko akan berinvestasi di Indonesia khususnya pada sektor energi, seperti investasi pada Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTMH) dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang, serta mendirikan manufacturing turbin untuk mini hidro.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Noah

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:20 WIB

Dua Tahun Digarap, Noah Rilis Album 'Keterkaitan Keterikatan’

Ariel, Lukman, Uki, dan David melakukan serangkaian kegiatan yang diberi nama 7 Days in Paradise.

Fashion show di ajang Jakarta Youth Meet Up.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:08 WIB

Jakarta Youth Meet Up Wujudkan Inspirasi dan Selebrasi Anak Muda

Entusiasme anak muda terlihat dari banyaknya pengunjung yang terus berdatangan.

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp di Bangkok, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:57 WIB

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp

Kontribusi SCG di bidang Pendidikan, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negara tempatnya beroperasi.

KoinWorks berhasil memenangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase and Competition Indonesia 2019 untuk kategori Lending yang diumumkan Kamis, 22 Agustus 2019 di JW Marriott Hotel, Jakarta.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:44 WIB

KoinWorks Menangkan The Asian Banker Financial Innovation Showcase

Berhasil mengalahkan lima pesaing utama lainnya yang sebagian besar berasal dari industri fintech dan perbankan.

Riko Gunawan, Head of Commercial Products and Solution Acer Indonesia pada konferensi pers solusi Smart Water, Smart Power, Smart Lighting, dan Smart Agriculture sebagai solusi berteknologi Internet of Things (IoT) di Jakarta, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:02 WIB

Tingkatkan Produktivitas dan Efisiensi Biaya, Acer Perkenalkan Solusi IoT

Membantu perusahaan dan pelaku bisnis meningkatkan produktivitas dan efisiensi biaya melalui konektivitas antar perangkat.