Investor Ceko Diajak Bergabung Sektor Pembangkit Listrik

Oleh : Herry Barus | Rabu, 19 September 2018 - 15:20 WIB

Pembangkit Listrik di Indonesia
Pembangkit Listrik di Indonesia

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengharapkan para investor dari Ceko akan berinvestasi di sektor pembangkit listrik.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar membuka acara Forum Bisnis antara Indonesia dengan Ceko di Kantor Kementerian ESDM, Selasa  (18/9/2018) Forum Bisnis Indonesia - Ceko ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan bilateral Menteri ESDM Ignasius Jonan menyambangi Ceko untuk bertemu dengan Menteri Industri dan Perdagangan Ceko, Mei silam.

"Kepada seluruh delegasi baik dari Indonesia maupun Ceko, untuk melaksanakan forum bisnis dengan baik, sehingga target yang diharapkan bisa tercapai," katanya.

Untuk mencapai target tersebut, Wamen Arcandra memaparkan tiga hal. Pertama, ia meminta kepada para delegasi untuk duduk berbaur antara delegasi Indonesia dan Ceko.

"Bukankah kita perlu saling mengenal antara satu dengan yang lain sebelum membuat komitmen untuk melakukan bisnis yang bermanfaat," ungkapnya di depan delegasi Ceko yang dipimpin oleh Presiden Senat Ceko, Milan Stech serta Duta Besar Ceko untuk Indonesia, Ivan Hotek, Yang kedua, Arcandra menjelaskan bahwa untuk mencapai target dalam forum bisnis adalah memiliki komitmen yang kuat.

Ia menambahkan bahwa dengan memiliki komitmen, maka pelaku bisnis dari kedua negara bisa melaksanakan dan bekerja sama untuk memenuhi apa yang ingin dicapai.

"Kita bisa bayangkan kita telah mempunyai banyak forum bisnis, apa hasilnya? Hasilnya adalah tumpukan kertas, dan itu bukanlah tujuan kita mengadakan forum bisnis," kata Arcandra.

Ketiga, kata Arcandra, jangan membuang waktu untuk mempertajam masalah yang ada, namun harus bisa mengeksplor kesempatan. Karena menurutnya, forum bisnis adalah cara untuk mengeksplor kesempatan.

 "Cobalah untuk membuat kontrak perdagangan langsung antara Indonesia dan Ceko, sehingga tidak melalui negara lain (pihak ketiga)," tandasnya seperti diansir Antara.

Diharapkan dari forum bisnis ini investor dari Ceko akan berinvestasi di Indonesia khususnya pada sektor energi, seperti investasi pada Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTMH) dan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Mulut Tambang, serta mendirikan manufacturing turbin untuk mini hidro.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan bingkisan lebaran untuk pegawai lingkungan Kemenperin

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:50 WIB

Menperin Berikan 1.150 Bingkisan Lebaran untuk Pegawai Lingkungan Kemenperin

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menyerahkan secara simbolis bingkisan Lebaran dari Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Perindustrian kepada pegawai golongan I dan II, tenaga honorer,…

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi

Kamis, 23 Mei 2019 - 16:11 WIB

BGR Logistics Gandeng Sejumlah BUMN Kembangkan Smart Warehouse Hemat Energi di Medan

Sejumlah BUMN dan anak usaha BUMN yang akan bekerjasama dengan BGR Logistics yakni PT Nindya Karya (Persero), PT Indra Karya (Persero), PT Virama Karya (Persero), PT Industri Nuklir Indonesia…

Penampakan Booth Suzuki di PRJ

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:45 WIB

Usung Tema 100% Buat Indonesia, Suzuki Turut Ramaikan Jakarta Fair 2019

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Jakarta ke-492, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), agen pemegang merk Suzuki di Indonesia turut berpartisipasi pada acara tahunan Jakarta Fair Kemayoran…

Samsung Smart Learning Class

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:19 WIB

Samsung dan IGI Makassar Perluas Manfaat Samsung Smart Learning Class Menjadi Paperless School

PT Samsung Electronics Indonesia terus berkontribusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia, salah satunya melalui implementasi program Corporate Citizenship pada bidang pendidikan.…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 23 Mei 2019 - 15:15 WIB

Industri Manufaktur Sumbang Signifikan ke PMDN dan PMA

Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong realisiasi dari komitmen para investor sektor industri yang telah menyatakan minatnya untuk menanamkan modal di Indonesia.