Rupiah Diperkirakan Lanjutkan Penguatan

Oleh : Wiyanto | Senin, 17 September 2018 - 09:12 WIB

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)
Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Di perkirakan Rupiah akan bergerak di kisaran 14.825-14.790. Pergerakan Rupiah yang mulai mencoba menguat dengan memanfaatkan sentimen positif dari dalam negeri, diharapkan dapat kembali berlanjut sehingga mengurangi potensi pelemahan.

"Namun demikian, adanya rilis kenaikan penjualan ritel AS dapat berpotensi memberikan sentimen positif pada USD yang dibarengi dengan kenaikan imbal hasil obligasi AS. Tetap mencermati dan mewaspadai berbagai sentimen yang dapat membuat Rupiah kembali melemah," ujar analis Pasar Modal Reza Priyambada di Jakarta, Senin (17/9/2018).


Menurut dia, berkurangnya kenaikan USD memberikan imbas positif pada pergerakan Rupiah yang dapat kembali menguat. Rupiah terbantukan dengan sentimen yang cukup positif dari pernyataan IMF yang mendukung langkah Pemerintah Indonesia dan Bank Indonesia dalam merespons aksi jual yang melanda _emerging market_ beberapa waktu ini. Pemerintah Indonesia telah mengambil langkah untuk mengurangi risiko terjadinya arus modal asing keluar, memperketat impor, dan mengendalikan defisit neraca berjalan sebesar 3% dari produk domestik bruto (PDB).

"Pergerakan Rupiah mendapat dukungan dari kenaikan EUR setelah Gubernur ECB, Mario Draghi, menyampaikan optimismenya terhadap pertumbuhan Zona Euro meski Zona Eropa menghadapi situasi global dan adanya penurunan perkiraan pertumbuhan kawasan," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Gubernur Sumatera Utara, H. Edy Rahmayadi (kemeja putih) didampingi Direktur BTN, Budi Satria (kanan), sedang berbincang-bincang dengan calon konsumen KPR BTN ketika sedang melakukan akad kredit di Medan, Sumatera Utara, Senin (22/04/2019).

Selasa, 23 April 2019 - 01:35 WIB

Bank BTN Gelar Akad Kredit Massal untuk 8.500 Unit Rumah Bernilai Rp1 Triliun

PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), atau Bank BTN, menggelar akad massal untuk 8.500 unit rumah yang digelar secara serentak di seluruh kantor cabang perseroan dengan total nilai mencapai lebih…

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Senin, 22 April 2019 - 21:01 WIB

Prince Hassan Resmikan Klinik Bantuan BAZNAS Untuk Pengungsi Palestina

Presiden Jordan Medical Aid For Palestinians (MAP), Prince El Hassan Bin Talal, meresmikan klinik bantuan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk pengungsi Palestina di Yordania. “Klinik…

Traveloka Epic Sale 2019

Senin, 22 April 2019 - 20:46 WIB

Mudahkan Pengguna Wujudkan Impian Liburan Hari Raya, Traveloka Hadirkan EPIC Sale 2019

Para pengguna Traveloka sebentar lagi akan dapat menikmati potongan harga terbatas yang luar biasa melalui program khusus Traveloka Epic Sale. Program yang akan berlangsung pada tanggal 24-27…

Capres Prabowo Subianto (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:30 WIB

Capres Prabowo Sakit, Tak Bisa Bertemu Utusan Capres Jokowi

Direktur Komunikasi dan Media Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Hashim Djojohadikusumo menyebutkan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tidak bisa bertemu…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 22 April 2019 - 20:15 WIB

Kejar Target Pertumbuhan Industri 5,4 Persen, Ini Program Strategis Menperin

Kementerian Perindustrian terus berupaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) kompeten terutama yang siap menghadapi era industri 4.0.