Tsingshan-Bintang Delapan Tunda Rencana Investasi Smelter

Oleh : Hariyanto | Selasa, 07 Februari 2017 - 14:12 WIB

Bintangdelapan Group (ist)
Bintangdelapan Group (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Keputusan Pemerintah membuka kembali keran ekspor mineral membuat Tsingshan-Bintang Delapan Group menunda rencana investasi smelter nikel kadar rendah.

CEO Tsingshan Bintangdelapan Group, Alexander Barus mengatakan, Proses konstruksi smelter kadar rendah di Kawasan Industri Morowali seharusnya dimulai pada Januari 2017.

"Namun, keputusan pemerintah mengizinkan ekspor nikel kadar rendah membuat calon investor memutuskan untuk mengkaji kembali rencana pembangunan smelter senilai US$310 juta tersebut," kata CEO Tsingshan Bintangdelapan Group, Alexander Barus di Jakarta, Selasa (7/2/2017).

Menurut Alexander, pabrik smelter nikel kadar rendah di Morowali adalah proyek investasi PT Tsingshan Steel Indonesia. Perusahaan berencana membangun smelter untuk memproses mineral berkadar nikel 1% hingga 1,2% menjadi nickel pig iron (NPI) berkadar nikel 2% dengan kapasitas produksi 500.000 ton per tahun.

"Keputusan pemerintah memberikan peluang ekspor nikel kadar rendah tidak hanya menyebabkan penundaan pembangunan smelter kadar rendah. Ekspor nikel kadar rendah Indonesia bisa menghidupkan kembali pabrik pengolahan dan pemurnian di Tiongkok yang berhenti berproduksi karena kekurangan pasokan, termasuk pabrik milik induk usaha Tsingshan di Tiongkok," ujarnya.

Ia menambahkan, fasilitas pengolahan di Morowali saat ini sudah berproduksi mengolah sekitar 9 juta ton nikel mentah per tahun. Kapasitas tersebut memberikan hak bagi produsen di Morowali untuk mengekspor hingga 6,3 juta ton nikel mentah berkadar 1,7% setiap tahun.

"Jika nikel mentah bisa diekspor, kami tidak perlu lagi bangun. Tinggal kirim ke Tiongkok karena di sana ada pabrik yang menganggur dan investasi di dalam negeri bisa tidak terlaksana," ujar Alexander.

Alexander menegaskan, pihaknya meminta pemerintah menjalankan Undang-Undang No.4/2009 yang mewajibkan perusahaan pemegang izin pertambangan melakukan aktivitas pengolahan dan pemurnian di dalam negeri.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rektor UISI Prof.Dr.Ing.Herman Sasongko menjelaskan tentang instalasi virtual ekstraksi minyak Atsiri di laboratorim virtual UISI.

Sabtu, 21 Mei 2022 - 20:29 WIB

Keren! UISI Kembangkan Laboratorium Virtual yang Dapat di AksesMahasiswa Melalui Website dan Aplikasi Secara Online

Jakarta – Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI) yang berlokasi di Kompleks PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Jalan Veteran Gresik, Jawa Timur terus berinovasi memberikan fasilitas…

CEO Ohana Enterprise Peter Chandra Gunawan (Kanan)

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:56 WIB

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

Membaiknya penanganan pandemi covid-19 disambut baik oleh para pelaku usaha industri pernikahan. Relaksasi ijin acara keramaian yang dikeluarkan oleh pemerintah berdampak positif terhadap bangkitnya…

 ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

Sabtu, 21 Mei 2022 - 19:47 WIB

Dukung Kehidupan Modern yang Lebih Sehat dan Berkualitas, ASYA Hadirkan Hunian Bertema Post-Pandemic

ASYA, township premium di kawasan Jakarta Timur garapan PT Astra Land Indonesia yang merupakan anak perusahaan ASTRA Property dan Hongkong Land, memperkenalkan rangkaian hunian mewah dua dan…

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:51 WIB

Gelar Public Relations Talk, Lawcus FH Unsri Hadirkan Pakar PR dari LSPR Institut

Palembang – Law Intellectual Society (Lawcus) Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (FH Unsri) melalui Department of Public Relations, menyelenggarakan kegiatan Public Relations Talk #2 dengan…

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Sabtu, 21 Mei 2022 - 18:38 WIB

Menkominfo: NU bisa Manfaatkan Teknologi Digital untuk Syiar Agama

Jakarta, Kominfo Newsroom – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan bahwa teknologi digital telah merambah berbagai sektor kehidupan, tidak terkecuali…