LPP TVRI-Balai Pustaka Garap Sinetron Sitti Nurbaya

Oleh : Anisa Triyuli | Rabu, 04 Juli 2018 - 13:13 WIB

Televisi Republik Indonesia (TVRI). (Foto: IST)
Televisi Republik Indonesia (TVRI). (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Balai Pustaka bekerja sama dengan LPP TVRI menggarap novel karya Marah Rusli berjudul "Sitti Nurbaya" dalam bentuk sinetron yang akan ditayangkan ke seluruh masyarakat Indonesia, khususnya generasi milenial.

Pada peresmian Istana Peradaban di Kantor Pusat Balai Pustaka, Matraman, Jakarta, Selasa (3/7/2018) Direktur Utama Balai Pustaka Achmad Fachrodji mengatakan saat ini kedua pihak masih membahas ide cerita agar sesuai dengan penonton masa kini yang umumnya didominasi generasi milenial.

"Jadi nanti gadis-gadis bisa membuka TVRI supaya sinetron Sitti Nurbaya menjadi sinetron hits nomor satu di Indonesia. Kami baru membahas ide cerita kekinian," kata Achmad.

Ia menjelaskan rencana penayangan kembali sinetron Sitti Nurbaya ini diharapkan dapat membuat masyarakat Indonesia kembali menikmati salah satu dari khasanah Sastra Indonesia tersebut.

Balai Pustaka dan TVRI menargetkan sinetron Sitti Nurbaya terbaru dapat tayang di penghujung tahun 2018.

"Kami baru membahas ide cerita kekinian, mudah-mudahan sebelum akhir tahun, sinetron Sitti Nurbaya siap tayang di TVRI," ujar Achmad.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama TVRI Helmy Yahya mengatakan penayangan kembali Sitti Nurbaya menjadi tantangan untuk televisi nasional ini karena generasi muda yang umumnya gampang bosan.

Di sisi lain, penayangan sinetron Sitti Nurbaya juga harus bisa menjadi bahan edukasi kepada penonton muda dan mengenalkannya sebagai kesusastraan yang dikagumi di tahun 60'an.

"Tantangannya bagaimana mengemasnya karena generasi kita gampang bosan. Persoalannya bagaimana mengaitkan karya sastra ini dengan milenial," kata Helmy.

Ada pun novel Sitti Nurbaya diterbitkan oleh Balai Pustaka, penerbit nasional zaman Hindia Belanda, pada tahun 1922.

Novel dengan latar budaya Minangkabau, Sumatra Barat, ini menceritakan cinta remaja antara Samsulbahri dan Sitti Nurbaya, yang hendak menjalin cinta, namun keduanya terpisah ketika Samsu terpaksa pergi ke Batavia untuk melanjutkan pendidikan.

Nurbaya pun terpaksa menikah dengan Datuk Meringgih (yang kaya namun kasar) sebagai cara untuk ayahnya hidup bebas dari utang.

Novel ini sebelumnya sudah diadaptasi dalam bentuk sinetron pada tahun 1991, yang disutradarai Dedi Setiadi dan dibintangi Novia Kolopaking sebagai Nurbaya, Gusti Randa sebagai Samsu, dan HIM Damsyik sebagai Meringgih.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BNI support tim Thomas dan Uber

Selasa, 07 Mei 2024 - 16:28 WIB

BNI Sambut Kepulangan Tim Thomas dan Uber Indonesia ke Tanah Air

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan sambutan hangat kepada Tim Thomas dan Uber Indonesia yang baru saja menyelesaikan perjuangan mereka di Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu…

Ilustrasi Penurunan Harga Gas Industri (foto-Sindonews.com)

Selasa, 07 Mei 2024 - 16:02 WIB

Usai Dikirimi Surat oleh Menperin Agus, Hilal Berlanjutnya Program HGBT Industri Terlihat! Menteri ESDM: Insya Allah Kita Teruskan

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif memberi sinyal akan melanjutkan program Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) untuk tujuh sektor industri.

PT Pertamina Marine Engineering (PME)

Selasa, 07 Mei 2024 - 15:44 WIB

Pertamina Marine Engineering Garap 4 Proyek Bawah Laut Strategis

PT Pertamina Marine Engineering (PME), anak perusahaan PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) tuntaskan 4 project underwater work services (UWS) atau layanan pekerjaan bawah air selama periode…

PT Bukit Asam tbk (ist)

Selasa, 07 Mei 2024 - 15:33 WIB

Triwulan I 2024, Penjualan PTBA Meningkat Sebesar 10 Persen

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) terus berupaya mengoptimalkan potensi pasar di dalam negeri serta peluang ekspor ke sejumlah negara yang memiliki prospek pertumbuhan yang tinggi, baik pasar eksisting…

Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress

Selasa, 07 Mei 2024 - 12:39 WIB

Kode Promo dalam Pemasaran: Memahami Manfaatnya dan Mengoptimalkan Penggunaannya ala Ninja Xpress

Kode promo telah menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling populer dan efektif dalam industri ritel modern. Dengan kode promo, konsumen dapat menikmati diskon, penawaran khusus, atau…