PLN Disjaya Akan Kembangkan SPLU Fast Charging

Oleh : Hariyanto | Minggu, 17 Juni 2018 - 10:23 WIB

PLN akan kembangkan SPLU Fast Charging
PLN akan kembangkan SPLU Fast Charging

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Dis Jaya) berencana mengembangkan fasilitas Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) dengan daya pengisian baterai mobil listrik super cepat (fast charging). 

Pembangunan SPLU fast charging ini dilakukan untuk mengurangi hambatan dalam pengisian baterai pada mobil listrik biasa yang membutuhkan waktu pengisian baterai yang cukup lama.

Hal tersebut General Manager PLN Dis Jaya, Ikhsan Asaad saat menerima kunjungan kerja Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Agus Triboesono, Rabu (14/6/2018) lalu.

"PLN akan mengembangkan SPLU dengan berbagai fitur antara lain, meggunakan transaksi NFC, E-Money QR Code, serta fasilitas fast charging," ujar Ikhsan.

SPLU merupakan fasilitas pengisian listrik yang disediakan PT PLN untuk melayani kebutuhan listrik di tempat umum serta dukungan untuk kebutuhan kendaraan listrik. Saat ini telah terpasang lebih dari 1.411 titik di wilayah DKI Jakarta yang dapat dicari dengan menggunakan google map.

"Selama ini SPLU-SPLU yang dibangun PLN digunakan oleh membantu mendekatkan akses listrik untuk pedagang kaki lima. Karena selama ini banyak yang "mencantol" listrik yang sangat berbahaya sekali. Nah kita bantu dia dan mereka tinggal membeli token listriknya saja," jelas Ikhsan.

PLN lanjut Ikhsan, saat ini terus memantau SPLU mana yang efektif dan yang tidak efektif dan jika dirasakan kurang efektif maka SPLU tersebut akan direlokasi ketempat lain.

SPLU akan terus dikembangkan fasilitasnya sehingga pemanfaatannya menjadi beragam. "Kita terus mengembangkan SPLU, termasuk dipakai sebagai charger station untuk kendaraan listrik. Saat ini untuk yang standar sudah bisa dipakai dan kita sudah melakukan kerjasama dengan produsen mobil listrik seperti BMW," tambah Ikhsan.

Saat SPLU fast charging telah tersedia, maka untuk pengisian ulang daya mobil listrik hanya memerlukan waktu 20-30 menit. Direncanakan SPLU jenis ini telah tersedia pada akhir tahun 2018.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 06:40 WIB

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019

Torehan prestasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali terukir berkat komitmennya dalam membangun solusi perbankan yang tepat untuk nasabah di tengah masifnya transformasi digital saat ini.…

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…