Ini Cara Membuat Ketupat yang Empuk, Enak, dan Tahan Lama

Oleh : Anisa Triyuli | Kamis, 14 Juni 2018 - 15:15 WIB

Ketupat (Foto: CNN)
Ketupat (Foto: CNN)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Ketupat merupakan menu wajib yang harus ada di saat lebaran, tak lengkap rasanya jika tanpa hidangan ketupat dengan lauk pauk yang hangat yang telah disediakan untuk makan bersama.

Namun memasak ketupat juga harus tahu bahwa perlu cara dan teknik sendiri. Selain pemilihan janur dan beras yang baik, kita juga perlu memperhatikan cara merebusnya.

Berikut cara membuat ketupat cepat empuk, enak dan tahan lama.

Siapkan Bahan-Bahan:

  • Daun kelapa muda atau janur
  • 500 gr beras

Beras yang akan digunakan untuk ketupat sebaiknya direndam selama 30 menit lalu ditiriskan. Jika Anda menggunakan beras pulen, isikan 2/3 bagian saja pada selongsong ketupat. Kalau berasnya sedikit pera, isikan 1/3 bagiannya saja.

Siapkan Panci Biasa

Kalau Anda menggunakan panci biasa, pilih panci besar. Kemudian isi air dan masak hingga air mendidih. Baru setelah itu, masukkan ketupat yang sudah diisi beras. Kalau air menyusut, tambahkan lagi air mendidih supaya suhunya tetap stabil.

Dengan cara ini, akan membutuhkan waktu 4-5 jam sampai ketupat benar-benar empuk dan masak. Setelah ketupat matang, tiriskan lalu angin-anginkan terlebih dahulu supaya ketupat lebih tahan lama.

Cara Penyimpanan

Cara menyimpan ketupat dalam kulkas adalah dengan membungkusnya menggunakan plastik terlebih dahulu. Lalu, Untuk menghangatkannya kembali,bisa mengukusnya (jangan direbus). Ketupat yang masih utuh lebih tahan lama dibandingkan ketupat yang sudah dipotong.

Itu dia cara memasak ketupat agar tahan lama, empuk dan enak, Selamat memasak!

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Blockchain

Kamis, 18 April 2019 - 17:10 WIB

Jelajahi Pasar Blockchain Indonesia, TTC Gandeng Tokocrypto dan Infonesia

Blockchain proyek dari Singapura, TTC Foundation resmi bekerjasama dengan Tokocrypto dan Infonesia sebagai bagian dari strategi memasuki pasar Indonesia. Melalui kerja sama ini, TTC Foundation…

Fujitsu Indonesia

Kamis, 18 April 2019 - 16:06 WIB

Tahun 2019, Fujitsu Indonesia Bidik Pertumbuhan Usaha Hingga Double Digit

PT Fujitsu Indonesia optimis penjulan di tahun 2019 akan tumbuh mencapai double digit. Pasalnya, segmen pasar yang disasar oleh perusahaan masih mempunyai peluang yang cukup besar di Indonesia.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat salah satu AMMDes

Kamis, 18 April 2019 - 15:10 WIB

Sejak Diluncurkan Agustus 2018, AMMDes Raih Banyak Pujian

Pengembangan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) diapresiasi banyak pihak karena mampu memberikan beragam manfaat bagi kebutuhan masyarakat desa. Hal ini sejalan dengan upaya pemerintah…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 18 April 2019 - 14:38 WIB

BNI Syariah Targetkan Pembukaan Rekening Online diakhir 2019

Jakarta - BNI Syariah menargetkan pembukaan rekening online di kuartal 4 2019. Pembukaan rekening online merupakan salah satu strategi yang dilakukan BNI Syariah untuk meningkatkan layanan di…

Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi di Pesantren-Pesantren

Kamis, 18 April 2019 - 14:11 WIB

Cerita Mantan Napi Terorisme Sukses Kembangkan Koperasi ke Pesantren-Pesantren

Koperasi Komunitas Mantan Narapidana teroris dan Gerakan Aktivis Radikal (Kontantragis) yang didirikan di Bandung pada 28 Oktober 2017 sukses memperluas pasar dengan produk unggulan kopi, sabun,…