Industri Mamin Donat Masih Terbuka Lebar

Oleh : Herry Barus | Selasa, 12 Juni 2018 - 09:45 WIB

Kue Donat (Foto Dok Industry.co.id)
Kue Donat (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia dinilai masih menjadi pasar yang prospektif bagi bisnis donat ditandai dengan semakin bermunculan pelaku usaha tersebut baik yang lokal maupun dari luar.

Salah satunya yakni PT Indomarco Prismatama melalui anak usahanya PT Ragam Karya Bersama memperkuat pasar Mister Donut asal Jepang di Indonesia dengan menambah gerai ke sembilan di pasar tanah air.

"Donat saat ini merupakan salah satu makanan yang bisa diterima masyarakat, sehingga pasarnya masih terbuka lebar di Indonesia," kata Direktur Operasional PT Ragam Karya Bersama, pemilik master franchise Mister Donut dari Duskin Company Jepang di Indonesia, Steven Sunarno di Jakarta, Senin (11/6/2018)

Karena itu, pihaknya tak segan-segan untuk mengembangkan bisnis donat di tanah air dengan menambah gerai-gerai baru baik di Jakarta maupun daerah lain.

Saat ini, kata dia, Mister Donut berada di Jabodetabek, Purwakarta, Bandung, Surabaya, Gresik, hingga Sidoarjo. Adapun gerai pertama Mister Donut dibuka Mei 2015 di Mall of Indonesia, Jakarta.

Sedangkan yang terbaru yakni gerai di Stasiun Gambir, Jakarta, yang dibuka pada Minggu (10/6) yang merupakan gerai ke-9 di Indonesia sejak hadir tahun 2015.

Setelah membuka gerai di Stasiun Gambir, pihaknya akan memperluas ekspansi bisnisnya di Yogyakarta pada kwartal IV-2018.

Melalui jaringan Indomaret, kata dia, Mister Donut tersedia di lebih 1.350 gerai Indomaret dan hingga akhir 2018 ditargetkan mencapai di 2.000 gerai meluas hingga di Malang dan Bali.

"Integrasi dengan Indomaret akan terus berkembang seiring dengan kebutuhan pasar," katanya.

Menyinggung investasi untuk satu gerai, menurut dia, untuk jenis "flagship store" sekitar Rp3 miliar, sedangkan "satellite store" sekitar Rp500 juta.

Mister Donut memiliki tiga jenis gerai, yaitu "flagship store", "satellite store" dan "shop-in-shop". "Flagship" dan "satellite store" dibuka di pusat keramaian seperti gerai di Gambir. Sedangkan "shop-in shop" saat ini berintegrasi dengan 1.350 Indomaret.

Steven mengatakan, saat ini omzet Mister Donut sekitar Rp72 miliar per tahun atau Rp6 miliar per bulan dan diharapkan hingga akhir tahun ini bisa naik mencapai Rp7,5 miliar per bulan.

Saat ini mayoritas penjualan masih dikontribuskan shop-in shop integrasi dengan Indomaret.

"Khusus di gerai Gambir penjualan ditargetkan Rp300 juta sebulan," kata Steven.

Menyinggung upaya menghadapi persaingan dalam bisnis donat di tanah air, dia mengatakan, pihaknya setiap 2-3 bulan berinovasi membuat produk baru dengan memadukan cita rasa lokal, misalnya donut Coconut Pandan Butter. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Luhut B Pandjaitan (foto Kumparan.com)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 12:19 WIB

Luhut 'Curhat' Tepis Isu Negatif Investasi China: Anak Muda Perlu Tahu, Suka Tidak Suka Tiongkok Kekuatan Dunia yang Tak Bisa Diabaikan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menjawab isu negatif yang selalu dikaitkan dengan investasi China di Indonesia. Menurut dia, saat ini China merupakan…

Ilustrasi Bahagia

Sabtu, 06 Juni 2020 - 12:19 WIB

Mengatasi Kecemasan Menghadapi ‘New Normal’ dengan Teknik Mindfulness

Kelonggaran beraktivitas di luar rumah bagi sebagian orang yang sudah terbiasa bekerja dari rumah atau Work from Home memberikan berbagai reaksi. Ada yang menyambut gembira, tapi tidak sedikit…

Ilustrasi Dana Haji

Sabtu, 06 Juni 2020 - 12:16 WIB

Soal Dana Haji Rp 8,5 Triliun Ini Penjelasan Wakil Menteri Agama

Jakarta-Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Saadi juga membantah isu dana haji digunakan untuk memperkuat rupiah. Menurut Zainut, tuduhan yang ditujukan kepada pemerintah tersebut adalah…

Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan (Foto Poskota)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 12:01 WIB

Alhamdulillah! Laju Penyebaran COVID-19 Menurun Dalam 7 Hari Terakhir

Jakarta- Angka penyebaran COVID-19 di Indonesia dalam 7 hari terakhir telah menurun. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya tes Corona di masyarakat.

Penyemprotan disinfektan

Sabtu, 06 Juni 2020 - 11:53 WIB

Hotel Indonesia Group Gandeng PHRI Siapkan Standar Operational Hotel di Era New Normal

Hotel Indonesia Group yang merupakan hotel operator milik negara mengambil peran penting dalam mempersiapkan standard operasional yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi yang ada.