Industri Mamin Donat Masih Terbuka Lebar

Oleh : Herry Barus | Selasa, 12 Juni 2018 - 09:45 WIB

Kue Donat (Foto Dok Industry.co.id)
Kue Donat (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Indonesia dinilai masih menjadi pasar yang prospektif bagi bisnis donat ditandai dengan semakin bermunculan pelaku usaha tersebut baik yang lokal maupun dari luar.

Salah satunya yakni PT Indomarco Prismatama melalui anak usahanya PT Ragam Karya Bersama memperkuat pasar Mister Donut asal Jepang di Indonesia dengan menambah gerai ke sembilan di pasar tanah air.

"Donat saat ini merupakan salah satu makanan yang bisa diterima masyarakat, sehingga pasarnya masih terbuka lebar di Indonesia," kata Direktur Operasional PT Ragam Karya Bersama, pemilik master franchise Mister Donut dari Duskin Company Jepang di Indonesia, Steven Sunarno di Jakarta, Senin (11/6/2018)

Karena itu, pihaknya tak segan-segan untuk mengembangkan bisnis donat di tanah air dengan menambah gerai-gerai baru baik di Jakarta maupun daerah lain.

Saat ini, kata dia, Mister Donut berada di Jabodetabek, Purwakarta, Bandung, Surabaya, Gresik, hingga Sidoarjo. Adapun gerai pertama Mister Donut dibuka Mei 2015 di Mall of Indonesia, Jakarta.

Sedangkan yang terbaru yakni gerai di Stasiun Gambir, Jakarta, yang dibuka pada Minggu (10/6) yang merupakan gerai ke-9 di Indonesia sejak hadir tahun 2015.

Setelah membuka gerai di Stasiun Gambir, pihaknya akan memperluas ekspansi bisnisnya di Yogyakarta pada kwartal IV-2018.

Melalui jaringan Indomaret, kata dia, Mister Donut tersedia di lebih 1.350 gerai Indomaret dan hingga akhir 2018 ditargetkan mencapai di 2.000 gerai meluas hingga di Malang dan Bali.

"Integrasi dengan Indomaret akan terus berkembang seiring dengan kebutuhan pasar," katanya.

Menyinggung investasi untuk satu gerai, menurut dia, untuk jenis "flagship store" sekitar Rp3 miliar, sedangkan "satellite store" sekitar Rp500 juta.

Mister Donut memiliki tiga jenis gerai, yaitu "flagship store", "satellite store" dan "shop-in-shop". "Flagship" dan "satellite store" dibuka di pusat keramaian seperti gerai di Gambir. Sedangkan "shop-in shop" saat ini berintegrasi dengan 1.350 Indomaret.

Steven mengatakan, saat ini omzet Mister Donut sekitar Rp72 miliar per tahun atau Rp6 miliar per bulan dan diharapkan hingga akhir tahun ini bisa naik mencapai Rp7,5 miliar per bulan.

Saat ini mayoritas penjualan masih dikontribuskan shop-in shop integrasi dengan Indomaret.

"Khusus di gerai Gambir penjualan ditargetkan Rp300 juta sebulan," kata Steven.

Menyinggung upaya menghadapi persaingan dalam bisnis donat di tanah air, dia mengatakan, pihaknya setiap 2-3 bulan berinovasi membuat produk baru dengan memadukan cita rasa lokal, misalnya donut Coconut Pandan Butter. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Chubb General Insurance Indonesia secara resmi meluncurkan aplikasi layanan klaim inovatif telepon seluler di Indonesia bernama Chubb Mobile Assistance pada Senin (4/12)

Selasa, 21 Mei 2019 - 17:29 WIB

Chubb Gandeng Airy Hadirkan Asuransi Perjalanan

PT Chubb General Insurance Indonesia (Chubb) hari ini mengumumkan kerja sama penyediaan asuransi perjalanan dengan Airy, salah satu perusahaan Accommodation Network Aggregator (ANO) terkemuka…

Ilustrasi Industri Manufaktur (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 21 Mei 2019 - 16:45 WIB

Triwulan I/2019, Sejumlah Sektor Industri Manufaktur Catatkan Kinerja Positif

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, sejumlah sektor industri manufaktur mampu mencatatkan kinerja positif di atas pertumbuhan ekonomi nasional pada triwulan I tahun 2019.

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…