Menperin Jamin Batubara Kalori Rendah Lebih Ramah Lingkungan

Oleh : Ridwan | Jumat, 27 Januari 2017 - 11:53 WIB

Penambangan Batu Bara di Indonesia (Ed Wray/Getty Images)
Penambangan Batu Bara di Indonesia (Ed Wray/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Indonesia termasuk negara yang kaya dengan batubara, Jika dimanfaatkan secara benar, batubara yang memiliki kalori rendah bisa berguna sebagai sumber energi yang ramah lingkungan.

"Batubara kalori rendah merupakan potensi Indonesia yang dapat dioptimalkan ke depannya" ungkap Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Jakarta (26/1/2017).

Beberapa negara maju telah memanfaatkan batubara dengan kalori rendah. Salah satunya, Jerman. Jerman mengoptimalkan batu bara untuk industri petrokimia dan pembangkit listrik.

Bahkan Jerman memiliki industri dengan power plant dari batubara. Mereka bisa menghasilkan batubara dengan kalori terendah dan kapasitasnya 1,6 giga watt 2x800 mega watt dan keluar dari asapnya bukan asap.

Batubara bisa menjadi sumber energi ramah lingkungan. Sesuatu yang luar biasa karena kita selalu ditakuti bahwa namanya batubara itu kotor tapi di Jerman, Eropa judulnya sudah clean coal technology. Begitu juga di Australia.

Sebelumnya, perusahaan asal Jerman, PT Zemag Clean Energy Techology GmbH akan menjajaki pengembangan gasifikasi batu bara di Indonesia. Perusahaan tersebut nantinya akan menggandeng perusahaan lokal dalam pengembangan bisnisnya tersebut.  

"Kami melihat, pengembangan gasifikasi batu bara di Indonesia memiliki potensi yang besar. Perusahaan asal Jerman, PT Zemag telah menyatakan minatnya untuk berinvestasi di Indonesia untuk mengembangkan turunan dari gasifikasi batu bara" terang Dirjen Industri Kimia, Tekstil, dan Aneka (IKTA) Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono di Jakarta (26/1/2017).

Dibutuhkan investasi sekitar Rp 13 triliun untuk menghasilkan 1.000 metrik ton turunan gasifikasi batu bara. Untuk lokasi pabrik, rencananya akan dibangun di wilayah Kalimantan.

"Industri batubara di Indonesia masih menarik bagi investor asing di tengah perlambatan ekonomi global. Jika dihitung, dalam masa pengujian dapat mengubah 100 ribu ton batubara menjadi 3.600 million metric british thermal unit (mmbtu) gas per hari" tambah Sigit.(iaf)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Indonesia Stock Exchage (IDX)

Senin, 30 Maret 2020 - 10:45 WIB

IHSG Turun 5 Persen, Perdagangan BEI Dihentikan Sementara

Jakarta – Perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada pukul 10.20 waktu JATS dihentikan sementara. Penghentian sementara perdagangan tersebut karena Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) telah…

Widya Saraswati

Senin, 30 Maret 2020 - 10:44 WIB

Kesehatan Bukan Segalanya tapi Segalanya Tak Berarti Tanpa Kesehatan

Dulu ketika masih berprofesi sebagai wartawan kesehatan saya sering menuliskan kalimat itu. Biasanya kalimat itu tidak menjadi perhatian orang sehat, kecuali ada anggota keluarganya yang sedang…

Husen Maulana BKPM (foto Tribunnews.com)

Senin, 30 Maret 2020 - 10:20 WIB

Catat, Ini Nomer Penting Layanan Perizinan BKPM di Seluruh Proyek Investasi

Saat ini dunia usaha mengalami masa-masa yang sulit, berbagai pembatasan terjadi terkait pencegahan meluasnya penyebaran Covid-19 di Indonesia. Baru-baru ini Badan Koordinasi Penanaman Modal…

Perdagangan saham di IDX (Rizki Meirino/Industry.co.id)

Senin, 30 Maret 2020 - 09:51 WIB

Mulai Hari ini, Penyelenggaraan Waktu Perdagangan BEI Jadi Lebih Cepat Satu Jam

Jakarta - Mulai Senin (30/03/2020) ini, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) melaksanakan perubahan waktu perdagangan dan sistim pelaporan di lantai bursa. Itu dilakukan untuk menindaklanjuti surat…

Kavling siao bangun Kota Modern

Senin, 30 Maret 2020 - 09:30 WIB

Kota Modern Pasarkan Kavling Siap Bangun di Lokasi Premium, Harga Mulai Rp1 Miliar

Kota Modern, perumahan skala kota (township) yang dikembangkan PT Modernland Realty Tbk. di Kota Tangerang memasarkan kavling siap bangun di lokasi premium kepada end user dan investor properti.