Dorong Ekonomi Digital, Magister Manajemen FEB UGM Gelar Seminar Cloud Computing

Oleh : Hariyanto | Rabu, 16 Mei 2018 - 12:18 WIB

Seminar cloud computing Universitas Gajah Mada (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
Seminar cloud computing Universitas Gajah Mada (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perkembangan teknologi digital kian pesat di dunia, hal ini tentunya tak boleh diabaikan oleh Indonesia. Sebagai salah satu negara dengan penduduk terpadat didunia, menjadi sangat wajar kalau Preiden Joko Widodo menginginkan Indonesia tampil sebagai pelaku ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Bekal tersebut pun disokong dengqn kekuatan 132,7 juta pengguna internwt serta 92 juta pengguna gadget aktif ditanah air.

Potensi itulah yang kemudian direspon oleh Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Gajah Mada dengan menggelar seminar Cloud Computing dengan mengusung tema ' Dengan Cloud Computing Menuju 2020: Indonesia Sebagai Digital Powerhouse di Asia' yang digelar di Hotel Westin, Jakarta (16/5/2018).

Seminar ini menghadirkan sejumlah pembicara dengan latar belakang kepakaran dibidang ekonomi digital serta dua keynote speaker diantaranya dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo), serta hadir pula dari Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) Prof. Sri Adiningsih.

Direktur Program Magister Manajemen FEB UGM, Prof Eduardus Tandelilin berharap, seminar ini mampu mengedukasi publik terkait dengan keberadaan teknologi cloud computing sebagai infrastuktur pendukung bisnis dimasa depan.

Menurut guru besar ilmu ekonomi UGM ini, komponen kunci untuk meningkatkan perkembangan ekonomi digital dimasa depan adalah mengadopsi penggunaan teknologi digital seperti cloud computing yang didalamnya menggunakan penyimpanan data terukur, komputasi dan pemrosesan melalui Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), Internet Of Things (IoT) serta sejumlah sarana penunjang lainya.

"Cloud computing ini sangat membantu perkembangan budaya inovasi diseluruh skala bisnis sekaligus memberikan akses untuk berinovasi dengan teknologi termurah dan tercepat," kata Prof Eduardus.

"Semoga melalui seminar ini, pertanyaan-pertanyaan seperti pemenuhan keamanan serta kepemilikan data dengan penggunaan teknologi cloud computing ini bisa terjawab," ungkapnya pada pembukaan seminar.

Pihak penyelenggara berharap, hadirnya seminar ini mampu mendorong pihak pemerintah untuk mendukung setiap kebijakan keamanan dan dapat diandalkan atas pemakaian infrastuktur digital yang digunakan oleh publik dan swasta. Kemudian untuk pelaku usaha lokal skala besar, menengah dan kecil diharapkan pula akan terbukanya akses dan menggunakan infrastuktur digital yang tersedia.

Dalam semnar ini juga melibatkan pelaku industri ekonoi digital seperti UMKM berbasis digital, provider cloud computing, professional di bidang IT serta perwakilan dari dunia pendidikan tinggi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wings Food menggelar acara Halal Bihalal bersama beberapa komunitas anak muda.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:19 WIB

Wings Food Ajak Anak Muda Berbagi Kebaikan Melalui Acara Halal Bihalal

Sukses menggelar roadshow Semarak Ramadan, Wings Food menggelar acara halal bihalal bersama beberapa komunitas anak muda di pesantren khusus anak yatim piatu As-Syafi’iyah.

Peluncuran PRUWell Medical dan Medical Syariah dari Prudential Indonesia dan Prudential Syariah.

Rabu, 08 Mei 2024 - 23:08 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Luncurkan Produk Asuransi Kesehatan dengan Konsep “Fairness”

PRUWell dan PRUWell Medical Syariah menawarkan premi atau kontribusi yang terjangkau dan adil (fair pricing) secara berkala sebagai apresiasi terhadap para pemegang polis yang terus menjaga…

Hadir dalam peluncuran diantaranya Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan HAM Kadin Indonesia Dhaniswara K. Harjono, Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia, dan Cahyo Rahadian Muzhar, Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum, Kementerian Hukum dan HAM

Rabu, 08 Mei 2024 - 22:06 WIB

KADIN Luncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia

Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia meluncurkan Lembaga Mediasi Sengketa Bisnis Kadin Indonesia (LMSB-KI) untuk membantu penyelesaian sengketa bisnis baik untuk anggota dan umum. Lembaga…

Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan Kesayangan Hadir di Jakarta

Rabu, 08 Mei 2024 - 21:02 WIB

Pengumuman! Bagi yang Punya Hewan Kesayangan, Segera Hadir di Jakarta Pet Expo, Pameran Dagang Internasional Kebutuhan Perawatan Hewan

Jakarta- PT Songolas Exhibition Services (19 Events) untuk pertama kalinya akan menggelar Jakarta Pet Expo (JPE) 2024, sebuah pameran dagang internasional (Business to Business) untuk kebutuhan…

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir untuk Lengkapi Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Rabu, 08 Mei 2024 - 20:53 WIB

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) Pameran Dagang Internasional, Hadir Lengkapi Kebutuhan Musik Indonesia

Jakarta– Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta.