Exploitasi Energi Indonesia Optimis Industri Batubara Indonesia Masih Miliki Prospek Yang Baik

Oleh : Hariyanto | Senin, 14 Mei 2018 - 20:49 WIB

Ilustrasi batubara
Ilustrasi batubara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Exploitasi Energi Indonesia Tbk (CNKO) optimis industri batubara Indonesia masih memiliki prospek yang baik mengingat adanya komitmen pemerintah untuk membangun kelistrikan nasional. 

“Mengingat pentingnya peran batubara sebagai sumber energi yang dominan ditambah dengan adanya komitmen pemerintah dalam membangun infrastruktur kelistrikan,” kata Direktur Utama, Benny Wirawansa, Senin (14/5/2018).

Pada 2018, pemerintah mengeluarkan kebijakan penetapan harga batubara acuan (HBA) tertinggi khusus untuk pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) dalam negeri. 

“Sebagai salah satu yang terkena dampak dari peraturan tersebut, perseroan berharap agar dapat tercapai kesepakatan yang menguntungkan pelaku industri maupun pemerintah,” tambahnya.

Bagi industri batubara, tahun lalu diwarnai oleh fluktuasi harga setelah terjadinya peningkatan yang cukup signifikan di tahun sebelumnya. Hal ini sejalan dengan dinamika keseimbangan permintaan dan pasokan batubara global.

Perseroan membukukan pendapatan pada 2017 sebesar Rp1,538 triliun atau turun 30,7% dibanding tahun sebelumnya. Penurunan ini terutama disebabkan oleh berkurangnya pendapatan dari penjualan batubara akibat faktor cuaca yang tidak mendukung serta penurunan pendapatan PLTU sehubungan dengan adanya perbaikan peralatan utama.

Perseroan mencatatkan rugi komprehensif yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas sebesar Rp1,577 triliun pasa 2017 atau melonjak signifikan dari tahun sebelumnya hanya Rp563,9 miliar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tokoin akan memberikan bantuan donasi terkait dengan Wabah Virus Corona Covid-19 yang pada saat ini penularannya terus meningkat, demikian pula dengan tingkat kematian yang terus meningkat.

Senin, 06 April 2020 - 18:34 WIB

Perangi Virus Corona, Tokoin Bantu 1000 Alat Rapid Test Terbaik untuk Para Dokter yang Tangani Covid-19

Jakarta- Virus Corona-COVID-19 masih menjadi momok menakutkan di seluruh dunia. Hal itu disebabkan penyebaran COVID-19 yang sangat cepat.

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 April 2020 - 18:15 WIB

Bantu Penanganan Covid-19, Pelaku IKM Siap Produksi Masker dan APD

Sejumlah pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di dalam negeri siap memproduksi masker dan alat pelindung diri (APD) untuk ikut membantu pemerintah dalam upaya percepatan penangangan COVID-19.…

Bambang Soesatyo Ketua DPR RI

Senin, 06 April 2020 - 18:00 WIB

Bamsoet Minta Bela Negara dengan Menjaga Kesehatan dan Physichal Distancing

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) kembali memfasilitasi pemeriksaan rapid test bagi kalangan masyarakat untuk mendeteksi dini virus Covid-19. Setelah sebelumnya kepada pegawai dan staf…

Ilustrasi PNS

Senin, 06 April 2020 - 17:05 WIB

Gegara Corona, THR dan Gaji ke-13 PNS Terancam Batal Cair

Pemerintah hingga saat ini masih mempertimbangkan pencairan THR maupun gaji ke-13 bagi pegawai negeri sipil (PNS) di tengah pandemi virus corona.

Sumbangan insan Brilian hadapi Corona

Senin, 06 April 2020 - 16:54 WIB

Kumpulkan Rp 1,5 Miliar, Insan BRILian Turun Tangan Perangi Covid-19

Bank BRI terus mengimbau seluruh kalangan, baik nasabah maupun pekerja BRI yang tergabung dalam insan BRILian, untuk terus menekan penyebaran pandemi Covid-19 sesuai dengan arahan pemerintah.…