Berikan Arahan, Menperin Minta Calon CPNS di Lingkungan Kemenperin Harus Bisa Kuasai Teknologi

Oleh : Ridwan | Senin, 14 Mei 2018 - 15:15 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan arahan kepada Calon CPNS di Lingkungan Kementerian Perindustrian (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat memberikan arahan kepada Calon CPNS di Lingkungan Kementerian Perindustrian (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto pagi tadi memberikan arahannya kepada Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kementerian Perindustrian. 

Dalam arahannya, Airlangga meminta agar para CPNS di Kementerian Perindustrian yang mana mayoritas adalah berusia muda untuk bisa menguasai teknologi sebaik mungkin.

Mengingat, saat ini pemerintah tengah melakukan reformasi industri menuju arah digital atau yang biasa disebut industri 4.0. Adapun untuk menuju industri 4.0 perlu penguasaan teknologi yang baik.

"Para ASN juga perlu dilatih untuk mengembangkan teknologi. Karena banyak sekali yang belum tergarap untuk menuju industri 4.0," ujarnya saat memberikan arahan di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Senin (15/5/2018).

Bahkan lanjut Airlangga, para CPNS ini juga diharapkan bisa dilibatkan dalam membuat suatu regulasi digital. Karena selama ini regulasi dalam bidang digital di berbagai sektor masih sangat jarang sekali.

Padahal, regulasi mengenai teknologi digital sangat penting dan perlu untuk segera di revisi atau dibuat baru. Karena semakin hari, perkembangan teknologi digital semakin berkembang pesat, sehingga apabila dibiarkan Indonesia akan semakin tertinggal untuk mengembangkan industri berbasis teknologi.

Sebagai salah contohnya adalah bagaimana para ASN bisa menciptakan regulasi yang mengatur crypto currency. Karena hal ini penting untuk bisa mencegah hal hal yang tidak diinginkan dana yang terinvestasi pada crypto currency.

"Sebagai contohnya adalah block chance atau crypto currency. Bahkan OJK dan BI pun belum bisa membuat aturan mengenai crypto currency. Nah ini lah yang menjadi tantangan pemerintah bagaimana bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan misalnya dana itu terinvestasi di crypto currency," jelasnya.

Contoh lainnya adalah bagiamana mengatur industri e-commerce yang semakin hari semakin berkembang pesat, sehingga diharapkan industri e-commerce bisa berkembang lebih jauh lagi karena pelayanannya yang semakin baik karena adanya aturan tersebut.

"Kalau e commerece ini saya fikir harus pengirimannya. Oleh karenanya produk yang dikirim harus dipastikan sampai dan sesuai," ucapnya.

Airlangga juga menyebut perlu sebuah pelatihan organisasi untuk memperkuat kualitas dan integritas dari para ASN di Kemenperin, sehingga, para ASN nanti bisa lebih dekat dengan pelaku Industri tetapi tetap berada di dalam koridor. 

"(Perlu juga) memperkuat pelatihan. Dalam organisasi dekat dengan industri," ucapnya.

Dalam mengembangkan industri 4.0 sendiri, pemerintah menargetkan untuk bisa meningkatkan pendapatan kapitanya hingga menjadi yang terbesar nomor 4 dunia, sehingga Indonesia bisa keluar dari bayang-bayang pendapatan per kapita yang kecil yang membuat Indonesia kesulitan untuk maju.

"Apa yang akan dicapai? Kita targetkan Indonesia bisa keluar dari keterjebakan selama ini dan menjadi negara dengan perekonomian nomor 4 dunia. Sanggup enggak? Mampu enggak ?" tegasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO Dubai Chambers, Yang Mulia Mohammad Ali Rashed Lootah (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 17:02 WIB

Datangkan 17 Investor, Dubai International Chambers Targetkan Nilai Dagang Capai USD 10 Miliar

Dubai International Chambers, salah satu dari tiga kamar dagang yang beroperasi di bawah payung Dubai Chambers kembali menggelar pertemuan bisnis bilateral antara perusahaan-perusahaan dari…

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:52 WIB

Gunnebo Produksi Brankas Chubbsafes di Indonesia untuk Pasar Dunia

Gunnebo, sebagai penyedia produk, layanan, dan perangkat lunak keamanan global terkemuka dengan sejarah yang kaya selama lebih dari 260 tahun, memiliki salah satu pabrik brankas di Indonesia.…

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Senin, 06 Mei 2024 - 16:43 WIB

Prestige Motorcars Memperkenalkan New Tesla Model 3 Highland, Membawa Kesegaran Baru pada Lini Tesla di Indonesia

Prestige Motorcars menghadirkan New Tesla Model 3 Highland di Showroom barunya yang kini terletak di Distrik Otomotif – PIK 2, Blok DH-11 A5. Kehadiran mobil ini menandai sebuah tonggak penting…

Brand skincare Kharities Beauty milik Rey Utami berhasil masuk dalam skincare kualitas terbaik versi Indonesia Quality Observer.

Senin, 06 Mei 2024 - 15:48 WIB

Ini 5 Skincare Kualitas Terbaik Berdasarkan Hasil Riset Indonesia Quality Observer

Berdasarkan hasil penelitian dan riset Indonesia Quality Observer terhadap produk-produk skincare yang beredar di Indonesia dengan mengacu pada kualitas produk, didapat 5 brand skincare terbaik.

Juru Bicara Kemenperin, Febri Hendri Antoni Arif (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Senin, 06 Mei 2024 - 15:39 WIB

Kemenperin Bongkar Kasus SPK 'Bodong' Senilai Rp80 Miliar di Direktorat IKFH

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berhasil membongkar kasus Surat Perintah Kerja (SPK) fiktif di Direktorat Industri Kimia Hilir dan Farmasi (Direktorat IKFH) Tahun Anggaran 2023.