Asyfa Fuadi Rancang Busana Unik Perpaduan dari Tenun dan Denim

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 28 April 2018 - 10:37 WIB

Desainer muda, Raden Asyfa Fuadi berhasil menerima penghargaan Asosiasi Eksportir Handicraft Indonesia (Asephi) Emerging Award 2018.
Desainer muda, Raden Asyfa Fuadi berhasil menerima penghargaan Asosiasi Eksportir Handicraft Indonesia (Asephi) Emerging Award 2018.

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Desainer muda, Raden Asyfa Fuadi berhasil  menerima penghargaan Asosiasi Eksportir Handicraft Indonesia (Asephi) Emerging Award 2018. Dirinya menginginkan membangkitkan kain tradisional menjadi item fesyen yang tak kalah saing dengan karya desainer internasional. Salah satu kain tradisional yang selalu digunakannya adalah tenun.

Ia mengatakan, pihaknya berusaha memproduksi kain tenun yang bisa dipakai anak muda generasi sekarang dan generasi masa depan, tanpa ada kesan klasik.

“Sayang sekali kalau kain tenun akan punah. Karena biasanya kain tenun dipakai orang-orang yang sudah berumur dan acara tertentu saja,"papar dia

Asyfa mengatakan pihaknya menciptakan tenun untuk kebutuhan denim, kanvas celana, jaket  dan kemeja, dengan desain simple dan warna alam sehingga tidak mencemari lingkungan. Pihaknya juga memperhatikan generasi penenun dengan melatih anak-anak yang putus sekolah menenun.

“Dalam sebulan kita bisa berproduksi hingga 500-800 yard,” ujar dia. Pihaknya hanya menggunakan tenaga manusia, tanpa mesin dan warna alam juga tidak bisa cepat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bag Pictures Produksi Film Horor Kerjasama dengan Perusahaan Film Malaysia

Rabu, 18 September 2019 - 22:00 WIB

Bag Pictures Produksi Film Horor Kerjasama dengan Perusahaan Film Malaysia

Sepertinya film genre horor yang tengah digemari penikmat film menginpirasi Bagiono pemilik rumah produksi Bag Pictures.

Sutedja Sidarta Darmono, Presiden Direktur Jababeka Residence

Rabu, 18 September 2019 - 21:25 WIB

Sutedja Sidarta Darmono: Kedepan, Kawasan Timur Jakarta Akan Sangat Hebat

Melihat indikator dan potensi yang ada, dalam sepuluh tahun ke depan, kawasan Timur Jakarta diyakini bakal bersaing, bahkan melebihi wilayah Barat Jakarta.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Rabu, 18 September 2019 - 21:01 WIB

Kementerian PUPR Mendapat Alokasi Anggaran Rp 120,21 Triliun Pada Tahun 2020

Alokasi anggaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam RAPBN TA 2020 disetujui Komisi V DPR RI sebesar Rp 120,21 triliun.

Bukalapak Bermitra Dengan Pluang Sediakan Produk Investasi Cicil Emas

Rabu, 18 September 2019 - 20:41 WIB

Bukalapak Bermitra Dengan Pluang Sediakan Produk Investasi Cicil Emas

Melalui produk terbaru tersebut, pelanggan dapat mengikuti investasi mulai dari 1 gram emas dengan masa cicilan paling sedikit 3 bulan, sesuai harga yang ditetapkan saat awal pembelian.

Kepala BPPI Kemenperin Ngakan Timur Antara

Rabu, 18 September 2019 - 20:05 WIB

Kemenperin Bentuk Ekosistem Industri 4.0

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah merumuskan pembentukan ekosistem industri 4.0. Ada lima poin mengenai manfaat dari ekosistem tersebut.