Komisi IV DPR RI Kunjungi Temanggung, Mendukung Swasembada Bawang Putih dan Tangani Kartel

Oleh : Wiyanto | Kamis, 19 April 2018 - 16:17 WIB

Anggota DPR Komisi IV, Siti Hediati Soeharto berserta rombongan DPR lainnya dan Dirjen Hortikultura, Suwandi
Anggota DPR Komisi IV, Siti Hediati Soeharto berserta rombongan DPR lainnya dan Dirjen Hortikultura, Suwandi

INDUSTRY.co.id - Temanggung,- Panitia Kerja (Panja) Bawang Putih Komisi IV DPR-RI mengunjungi dan melihat langsung program perluasan areal bawang putih di Temanggung Jawa Tengah.  Ini untuk memastikan progres  Program Pencapaian Swasembada Bawang Putih 2021 yang digaungkan Kementerian Pertanian dibawah kepemimpinan Andi Amran Sulaiman.  Ini sejalan roadmap menjadikan Indonesia  Lumbung Pangan Dunia 2045.

Anggota Komisi IV DPR-RI Rahmad Handoyo menyatakan mendukung penuh upaya swasembada bawang putih. Untuk itu mengapresiasi apa yang dilakukan Menterin Pertanian Andi Amran Sulaiman.

“Kami berkepentingan untuk memastikan  pertanaman bawang putih,” demikian kata Rahmad di Temanggung, Kamis (19/4/2018).

"Untuk menunjukkan komitmen dari impotir, agar wajib tanam importir  semula 5 persen agar dinaikan mininal menjadi 20 persen sehinnga mempercepat swasembada,” sambung dia.

Hal yang sama diungkapkan oleh rombongan Komisi IV DPR-RI yakni Sulaiman L Hamzah, Endro Hermono, Agung Widyantoro, Siti Hediati Soeharto dan Oo Sutisna bahwa Komisi IV mendukung penuh swasembada dan agar aturan wajib impor dinaikan minimal 20 persen.

"Kita dukung juga upaya berantas kartel bawang putih,” ungkapnya Sulaiman bersama rombongan secara serentak.

“Makanya ini sudah bentuk Panja yang khusus  menangani bawang putih,” pinta Sulaiman.

Selanjutnya Siti Hediati Soeharto menambahkan agar Litbang Pertanian mencari lokasi tanam yang sesuai dan mengembangkan teknologi memperoleh jenis bawang putih unggul.

Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi saat mendampingi kunjungan Panja Komisi IV DPR RI mengatakan Temanggung salah satu sentra bawang putih, selain di Lombok Timur dan Banyuwangi. Pada 2017 Temanggung berkontribusi 30 persen dari produksi nasional.

Untuk mencapai swasembada bawang putih 2021, diperlukan luas pertanaman 79 ribu hektar, diantaranya 65 ribu hektar untuk produksi dan 14 ribu hektar untuk perbenihan.  Iya dilakukan bertahap. 

“Tahapnya tahun lalu, 2017 baru tanam 2.400 hektar dan tahun ini target  tanam 15 ribu hektar naik 700 persen,” ujar Suwandi.

Menurut Suwandi strateginya, pertama, regulasi Permentan 38 tahun 2017 mewajibkan importir menanam dan menghasilkan 5 persen dari volume permohonan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH). Kedua, program perluasan areal tanam APBN memberdayakan petani, ketiga pendampingan petani swadaya dan keempat mendorong investasi pelaku usaha.

“Program ini dikerjakan secara komprehenship mulai aspek riset dan sistem perbenihan, teknologi budidaya, penanganan pasca panen, tataniaga dan pengendalian rekomendasi impor,” terangnya.

Menurut, Kepala Dinas Pertanian Temanggung, Masrik Amin, Bawang putih  varietas Lumbu Kuning, Lumbu Hijau, Tawangmangu Baru dan Lumbu Putih banyak ditanami petani. Hasil panen 10 ton per hektar kering panen atau 5 sampai 6 ton per hektar kering benih.

Bawang putih di Temanggung tumbuh subur di lereng Gunung Sumbing, Gunung Sindoro dan Gunung Prau. Total luas tanam  2.000 hektar tersebar di beberapa kecamatan diantaranya Kecamatan Parakan, Kledung, Bulu, Tlogomulyo, Tretep dan Selopampang.

“Musim tanam bawang putih biasanya dilakukan menjelang tanam raya tembaka,” jelasnya.

"Bawang putih Temanggung disamping digunakan untuk benih lagi, sebagian  memasok konsumsi di pasar lokal dan kota besar. Harga jual konsumsi di pasar lokal kini tinggi 35 ribu per kilogram,” pungkasnya.

 
 
 
 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

imoo Watch Phone

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:38 WIB

imoo Watch Phone Kado Natal Impian Anak Kini Turun Harga

Baru-baru ini imoo Watch Phone meluncurkan produk terbarunya yaitu imoo Watch Phone Z6 dengan mode flip Front & Rear Dual Camera. Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1995 ini dalam lima tahun…

Konferensi Pers Kinerja Industri Asuransi Jiwa Kuartal III 2019

Minggu, 15 Desember 2019 - 21:01 WIB

Total Pendapatan Industri Asuransi Jiwa Naik Sebesar 14,7%

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) memaparkan kinerja industri asuransi jiwa pada kuartal 2019, dengan menghimpun data dari 59 perusahaan dari 60 total anggota. Hasil data tersebut menunjukkan…

Swiss-Belhotel International Menggabungkan Fasilitas Bisnis-Wisata di Bali

Minggu, 15 Desember 2019 - 20:00 WIB

Swiss-Belhotel International Menggabungkan Fasilitas Bisnis-Wisata di Bali

Swiss-Belhotel International, yang merupakan jaringan manajemen hotel global, ikut berpartisipasi dalam mempromosikan Bali sebagai daerah tujuan yang ideal bagi mereka yang membutuhkan “bleisure…

Asuransi Ilustrasi

Minggu, 15 Desember 2019 - 19:30 WIB

Literasi Dorong Industri Asuransi Syariah

Jakarta - Perkumpulan Ahli Asuransi Syariah (Islamic Insurance Society) atau IIS melakukan kegiatan literasi untuk mempromosikan dan mensosialisasikan ilmu dan pengetahuan tentang perasuransian…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (tengah) bersama Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana (kedua dari kiri), Direktur Wholesale and International Business Telkom Edwin Aristiawan (kedua dari kanan), dan Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin (paling kanan)

Minggu, 15 Desember 2019 - 19:15 WIB

Indigo Game Startup Incubation Dukung Pengembangan Ekosistem Game di Indonesia

Jakarta – Setelah diluncurkan pada September 2019 lalu, rangkaian kegiatan Indigo Game Startup Incubation yang diiniasi PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) secara resmi berakhir yang…