Semen Indonesia Optimalisasikan Bisnis Lewat Sinergi Informatika Semen Indonesia

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 04 April 2018 - 12:32 WIB

PT Semen Indonesia Tbk (Ist)
PT Semen Indonesia Tbk (Ist)

INDUSTRY.co.id -Jakarta – PT Semen Indonesia Tbk (SMGR) yakin dapat mengoptimaslisasikan transformasi bisnisnya melalui anak usahanya di bidang teknologi komunikasi dan informasi (information and communication technology/ICT), yakni PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI).

Manajemen SMGR memberikan dukungan penuh terhadap anak usahanya di bidang ICT tersebut dengan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk menerapkan produk dan layanan SISI.

Keberhasilan SMGR dalam menerapkan teknologi informasi (information technology/IT) yang didukung sumber daya manusia yang mumpuni telah menjadi pondasi yang kuat bagi berdirinya SISI sehingga langkah itu akan memberikan keunggulan daya saing dibandingkan perusahaan sejenis di Indonesia.

“SISI, anak usaha Semen Indonesia, diposisikan sebagai mitra strategis PT Semen Indonesia untuk memenuhi solusi IT sekaligus pendukung transformasi bisnis Semen Indonesia,” ujar Ilmanza Restuadi Kurniawan, General Manager of ICT Strategic SMGR, di Jakarta, Rabu (04/04/2018).

Ilmaza menuturkan, SISI telah dan akan terus menjadi andalan untuk mendukung bisnis SMGR ke depan. Itu terlihat dari peran sisi dalam bisnis SMGR. Seluruh pengoperasian IT di semua pabrik semen di Padang, Tonasa, Gresik, Tuban, Rembang, Vietnam dan juga Packing Plant di seluruh Indonesia ditangani oleh SISI.

“Di samping itu, pengembangan ratusan aplikasi untuk kelancaran dan perbaikan proses bisnis hingga penerapan berbagai sistem IT dalam grup usahapun tidak luput dari peran SISI,” tukasnya.

Ilmanza mengungkapkan, kita saat ini akan memasuki era industri 4.0. Berdasaran hal tersebut, IT jelas menjadi andalan semua perusahaan yang ingin maju dan bersaing. Perusahaan jelas harus memiliki pembeda (distinction) dengan kompetitor di industri sejenis.

“Dengan penggunaan IT yang tepat, maka penyerderhanaan dan otomatisisasi bisnis perusahaan akan dapat berjalan dengan baik,” imbuh Ilmanza.

Setelah sekian lama melayani kebutuhan dan menjadi solusi terhadap masalah dan transformasi bisnis Semen Indonesia Group, tahun 2018 akan menjadi momen bagi SISI untuk dapat memberikan layanan terbaik dan mendukung peningkatan kinerja berbagai perusahaan BUMN lain dan swasta di Indonesia.

“SISI adalah anak usaha yang diproyeksikan dapat memberikan nilai yang signifikan bagi para pemegang saham perusahaan induknya. Itu sejalan dengan strategi Semen Indonesia menumbuhkan lini bisnis non-semen. SISI dengan bisnis ICT-nya dapat mauk ke sektor bisnis dan industri secara luas. Pasalnya, semua perusahaan pasti membutuhkan IT,” papar Ilmanzah.

Tak hanya menjual perangkat kebutuhan IT perusahaan, SISI terus hadir untuk menjadi mitra dan solusi transformasi bisnis perusahaan di Indonesia. Didukung oleh sumber daya manusia yang handal dan berpengalaman, saat ini SISI telah dipercaya menjadi konsultan perencanaan ICT pada perusahaan besar dan BUMN Indonesia. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi Empat Pilar

Rabu, 19 Februari 2020 - 16:00 WIB

MPR RI-Kadin Indonesia Sepakat Sosialisasi Empat Pilar

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menegaskan keterlibatan para pengusaha dalam mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI yang berasal dari Empat Konsensus Dasar bangsa Indonesia, yakni Pancasila,…

Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Foto Dok Biem.co)

Rabu, 19 Februari 2020 - 15:58 WIB

RUU Cipta Kerja (Omnibus Law) Isinya Bermuatan Pasal-Pasal Serampangan.

Perhimpunan Bantuan Hukum Indonesia Wilayah Jakarta (PBHI JAKARTA) menyatakan, RUU Cipta Kerja (Omnibus Law) yang diinisiatori oleh Pemerintah dan sudah diserahkan ke DPR, belakangan ini menjadi…

SMSI-LPDS Sepakat Kerja Sama Jaga Kualitas Media Siber

Rabu, 19 Februari 2020 - 15:54 WIB

SMSI-LPDS Sepakat Kerja Sama Jaga Kualitas Media Siber

Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) yang didirikan oleh Dewan Pers sejak tahun 1988, siap bekerja sama dengan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) beranggotakan perusahaan-perusahaan pers online…

Ilustrasi serangan jantung

Rabu, 19 Februari 2020 - 15:15 WIB

Salah Kaprah Mitos Tentang Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah, Ini Faktanya

Tahukah Anda? bahwa penyakit jantung bisa menyerang siapa saja, berapapun umurnya, bahkan pada orang yang sudah menjaga pola konsumsi makanan, termasuk vegetarian. Berikut ini penjelasannya…

Tumpang sari kedelai dengan sawit

Rabu, 19 Februari 2020 - 14:56 WIB

2020,Kabupaten Pali Swasembada Benih Kedelai 2020

Petani Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) provinsi Sumatera Selatan berhasil mengembangkan tumpangsari antara kedelai dan tanaman sari. Gatot yang tergabung dalam kelompok tani Bina…