Tahun Ini Tol Jakarta Semarang Bisa Dilalui Pemudik

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 15 Januari 2017 - 11:40 WIB

Ilsutrasi Jalan Tol. (Adek Berry/AFP/Getty Images)
Ilsutrasi Jalan Tol. (Adek Berry/AFP/Getty Images)

INDUSTRY.co.id - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Menteri PUPR), Basuki Hadimuljono memastikan sejumlah ruas tol bisa digunakan untuk arus mudik tahun 2017 ini.

Salah satu yang bisa digunakan untuk arus mudik adalah jalan tol Jakarta-Semarang. Jalan tol Batang-Semarang merupakan salah satu ruas trans Jawa yang telah di groundbreaking pada Juni 2016 dan ditargetkan dapat beroperasi pada Desember 2018.

"Saya dari Sabtu kesini saya cek tol Pemalang-Batang. Untuk keseluruhan tol trans Jawa, Semarang-Solo kan akan diresmikan untuk ruas tol Bawen-Salatiga. Sementara tanah di Salatiga-Solo juga sudah 90 persen jadi masih sip sampai 2018. Tol Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono dan Mojokerto- Surabaya juga demikian," tutur Menteri Basuki dalam publikasinya, Sabtu (14/1/2017).

Menteri Basuki juga menambahkan untuk mudik 2017, selain ruas Batang-Semarang, ruas lainnya yakni Pemalang-Batang dan Pejagan- Pemalang seksi 3 dan 4 akan difungsionalkan. Sehingga apabila berkendara dari Jakarta, pemudik dapat melalui jalan tol sampai Semarang.

"Mudik 2017 akan bisa tembus tidak hanya sampai ke Pemalang tapi akan bisa sampai ke Ngaliyan, Semarang. Walaupun fungsional namun sudah dilapisi beton," tutur Menteri Basuki.

Menteri Basuki mengatakan apabila sampai Ngaliyan, Semarang tersebut dapat dilalui maka akan mempermudah pihak Kepolisian untuk melakukan rekayasa pada saat mudik nanti.

"Rekayasa lalu lintas akan lebih banyak pilihan disamping Brexit (Brebes Timur). Kami juga bangun 4 flyover yang ke arah Prupuk yaitu di (simpang sebidang) Klonengan, Dermoleng, Kretek dan Kesambi. Ini sudah mulai bekerja," tutur Menteri Basuki.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mobil listrik

Sabtu, 18 Mei 2024 - 17:57 WIB

Strategi Marketing Dalam Penjualan Kendaraan Listrik atau EV

Dunia transportasi tengah mengalami transformasi besar dengan kemunculan kendaraan listrik (EV) sebagai pemain utama. Hal ini menandakan pergeseran menuju era baru dalam mobilitas manusia, di…

Prescon HI Drone Dragrace 2 di PIK 2

Sabtu, 18 Mei 2024 - 16:27 WIB

HOGERS Indonesia Gelar Balapan Motor Besar Harley Davidson

HOGERS Indonesia menggelar lomba balapan dan ketangkasan motor Harley terbesar di Indonesia. Event berskala Nasional buatan HOGERS Indonesia Drag Race of National Event 2 (HIDRONE2) ini dilaksanakan…

Implementasi IoT untuk pertanian

Sabtu, 18 Mei 2024 - 15:02 WIB

Jadi Mitra Kemkominfo, MSMB Implementasi Sistem Pintar Berbasis IoT untuk 7 Green House di Temanggung

PT Mitra Sejahtera Membangun Bangsa (MSMB), start up agritech dari Sleman, Yogyakarta, baru-baru ini menjadi mitra layanan implementasi teknologi berbasis IoT (Internet of Things) Kementerian…

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd. Rauf

Sabtu, 18 Mei 2024 - 14:37 WIB

Telkomsat dan Starlink Tandatangani Kerja Sama Layanan Segmen Enterprise di Indonesia

Telkomsat dan Starlink melakukan Penandatanganan Kerja Sama (PKS) untuk layanan segmen enterprise berbagai wilayah di Indonesia.

SUPER AIR JET Buka Rute Baru

Sabtu, 18 Mei 2024 - 13:39 WIB

Dukung IKN, SUPER AIR JET Buka Rute Baru!

SUPER AIR JET mulai 6 Juni 2024 perkenalkan penerbangan non-stop pertama dari Bandar Udara Dhoho, Kediri, Jawa Timur ke Bandar Udara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan, Kalimantan Timur,…