Industri Infrastruktur dan Konstruksi Harus Terus Berkesinambungan

Oleh : Ridwan | Senin, 15 Januari 2018 - 14:36 WIB

Sekertaris Jenderal Gapensi, Andi Rukman (Foto Dina)
Sekertaris Jenderal Gapensi, Andi Rukman (Foto Dina)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Sektor konstruksi merupakan indikator pertumbuhan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur dan konstruksi harus jalan berkesinambungan agar ekonomi Indonesia terus berkembang.

"Infrastruktur dan konstruksi harus terus jalan berkesinambungan agar perekonomian Indonesia terus berkembang," ujar Ketua Dewan Pertimbangan Badan Pengurus Pusat Gabungan Pelaksana Konstruksi Indonesia (Gapensi), Erwin Aksa di Jakarta, Senin (15/1/2018).

Menurutnya, sektor konstruksi nasional saat ini sedang dalam persaingan yang merata. Diharapkan pembangunan infrastruktur akan lebih besar. "Dengan begitu tenaga kerja akan semakin dibutuhkan," terangnya.

Oleh karena itu, lanjut Erwin, dibutuhkan juga sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan handal untuk pembangunan infrastruktur.

"Perlu diakui, saat ini kita masih kekurangan SDM yang kompeten di sektor konstruksi. Diharapkan pemerintah dapat mengatasi permasalahan terkait SDM sektor konstruksi," kata Erwin.

Perlu diketahui, pasar konstruksi Indonesia merupakan pasar konstruksi terbesar di Asia Tenggara mencapai US$ 267 miliar. Angka pasar  tersebut masih di atas negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia sebesar US$ 32 miliar dan Singapura sebesar US$ 24 miliar.

Bahkan di tingkat Asia, Indonesia menempati urutan ke-4 untuk pasar konstruksi setelah China yang mencapai US$ 1,78 triliun, disusul Jepang sebesar US$ 742 miliar, dan India yang mencapai US$ 427 miliar.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Touring Gass Tipiiss

Senin, 29 April 2024 - 15:04 WIB

Touring Gass Tipiiss Promosikan Pariwisata Padang

Keindahan alam Sumatera Barat rupanya menarik bagi sekelompok orang yang menyukai traveling keliling Indonesia sambil mengendarai motor.

Wellington College Independent School Jakarta (WCIJ) mengumumkan pembukaan resminya pada bulan September 2024.

Senin, 29 April 2024 - 14:48 WIB

Sekolah Terkemuka Inggris, Wellington College, Siap Membuka Cabang Pertamanya di Indonesia

Wellington College Independent School Jakarta (WCIJ) yang merupakan pengembangan Wellington College di Inggris, mengumumkan pembukaan resminya di Jakarta pada bulan September 2024.

PT. Yupi Indo Jelly Gum

Senin, 29 April 2024 - 13:29 WIB

Katakan Tidak pada Bullying

Masa sekolah yang seharusnya menjadi masa yang indah, realitasnya tidak untuk sebagian anak. Masa sekolah menjadi waktu yang penuh dengan ketakutan, kecemasan, dan penderitaan yang disebabkan…

Pavilion Indonesia di EXPOMED EUROSIA 2024

Senin, 29 April 2024 - 11:53 WIB

Siap Dobrak Pasar Eropa, Kemenperin Boyong Sembilan Industri Alat Kesehatan Nasional Mejeng di Turki

Industri alat kesehatan nasional terus berupaya menembus pasar ekspor seiring dengan produk-produknya yang semakin berkualitas dan berdaya saing global. Hal ini diwujudkan lewat keikutsertaan…

Pelepasan ekspor produk handicraft dan kriya.

Senin, 29 April 2024 - 11:31 WIB

Buka Akses Pasar Produk UKM Indonesia ke Kanada, LPEI dan Diaspora Indonesia Berkolaborasi

Kolaborasi antar institusi Pemerintah melalui Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI)/ Indonesia Eximbank sebagai Lembaga Keuangan Pemerintah Indonesia dengan Atase Perdagangan (Atdag) Ottawa,…