Menteri Jonan Sampaikan Tiga Hal ini di Simposium JCAE 2018 Bali

Oleh : Hariyanto | Jumat, 12 Januari 2018 - 10:31 WIB

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan

INDUSTRY co.idDenpasar - Pada pembukaan Simposium The Journal of Contemporary Accounting and Economics (JCAE) 2018, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan berpesan tiga hal penting yang berkaitan dengan profesi seorang akuntan, yaitu membantu tugas Pemerintah, efisiensi harga, dan pemerataan dengan keterjangkauan.

"Ada tiga hal penting yang saya tekankan terkait profesi anda, yaitu meringankan tugas Pemerintah, efisiensi harga dan pemerataan dengan keterjangkauan," ujar Jonan dalam sambutannya pada acara JCAE 2018, Kamis (11/1/2018).

Tiga hal tersebut juga diimplementasikan Jonan selama hampir dua tahun menata sektor ESDM. Jonan terus menciptakan Pemerintahan yang bersih dengan menerapkan inovasi kebijakan teknologi. "Ini misi besar. Saya harap anda mendukung inisiatif penerapan teknologi," harapnya.

Mengenai efisiensi, Jonan menjelaskan hal tersebut menjadi kunci utama perekonomian global. "Ekonomi global ke depan bukan hanya mengenai ekspansi pasar, bukan pula mengenai penciptaan teknologi baru, tapi soal efisiensi," jelas Jonan.

Salah satu penerapan efisensi harga di sektor energi adalah pengerjaan proyek Lapangan Jangkrik. Jonan mencontohkan proses penyelesaian proyek tersebut 6 bulan lebih cepat dari target yang ditetapkan dan memangkas 10% dari total investasi sebesar 4,3 miliar dolar AS.

Sementara, pemerataan dibuktikan dengan meningkatnya rasio elektrifikasi pada tahun 2017 yang mencapai 94,91%. "Ini adalah tanggung jawab saya untuk memperkecil Rasio Gini nasional melalui percepatan elektrifikasi, meningkatkan rasio elektrifikasi dan mendorong keterjangkauan harga," tegasnya.

JCAE merupakan simposium tahunan yang diselenggarakan oleh Universitas Airlangga bekerja sama dengan The Hongkong Polytechnic University, Deakin University dan University Technology Sydney yang dihadiri oleh para ilmuwan ekonomi di bidang akuntansi.

Penyelenggaraan JCAE di Provinsi Bali menunjukkan bahwa kondisi Bali aman. Pada kesempatan tersebut, Jonan menyatakan kondisi Gunung Agung saat ini menjadi alasan kehadirannya di acara tersebut. "Salah satu alasan saya hadir di sini adalah karena saya bertanggung jawab terhadap semua aktivitas vulkanologi di Indonesia. Kondisi Gunung Agung membaik. Anda tidak perlu khawatir," jelas Jonan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK), di Gramedia Matraman, Sabtu (20/4/2019)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:10 WIB

Hari Perlindungan Konsumen, Sektor Properti Paling Banyak Diadukan Konsumen

Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) memperingati hari ulang tahun ke 20 tahun Undang-Undang Perlindungan Konsumen (UUPK). Dalam peringatan tersebut, pihaknya menyebut bahwa sektor perumahan…

The Museum of Innocence Turki (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 21:00 WIB

Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Para Kutu Buku di Hari Buku Dunia

Buku dapat membawa Anda ke tempat-tempat yang baru dan menarik, bahkan dunia yang sama sekali baru. Di Hari Buku Dunia (World Book Day, 23 Maret 2019) kali ini, Agoda akan membawa Anda dalam…

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Sabtu, 20 April 2019 - 18:40 WIB

Huawei Undang Penggunanya Ikuti Huawei Next-Image Masterclass

Huawei Indonesia mendorong pengguna memandang dengan lebih luas melalui smartphone mereka lewat HUAWEI Next Image Masterclass

Direktur Kesehatan Hewan, Fadjar Sumping Tjatur Rasa bertemu produsen obat hewan

Sabtu, 20 April 2019 - 18:24 WIB

Dorong ekspor, Kementan ajak produsen tingkatkan kualitas obat hewan Indonesia

Jakarta - Kementerian Pertanian mengajak seluruh Produsen Obat Hewan Indonesia untuk terus memperluas akses pasar melalui peningkatan kualitas obat hewan dengan penerapan Cara Pembuatan Obat…

Dufan Ancol (FotoDok Industry.co.id)

Sabtu, 20 April 2019 - 18:00 WIB

Dufan Ancol Buka Malam Hari

Ada kabar baru dari Ancol, Dunia Fantasi (Dufan) akan buka malam hari! Mungkin belum pernah terbayangkan oleh masyarakat serunya main wahana Halilintar, Histeria, Tornado, Kora-Kora dan Bianglala…