Realisasi Produksi Geodipa Naik 30 Persen

Oleh : Hariyanto | Rabu, 03 Januari 2018 - 13:05 WIB

Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)
Energi Panas Bumi (Foto Eksplorasi.Id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Tepat pukul 00.00 di Dieng, Jawa Tengah, PT Geo Dipa Energi, sebuah BUMN yang memproduksi energi listrik dari panas bumi mencatat realisasi produksi sebesar 763 GWh menunjukkan kenaikan produksi sebesar 30 persen dibandingkan dengan produksi listrik tahun 2016 sebesar 586 GWh.

"Dieng, pukul 00.00 tahun 2018, PT Geo Dipa Energi (Persero) melalui Patuha dan Dieng Unit I memberikan realisasi produksi listrik sebesar 763 GWh, dan angka realisasi tahun 2017 itu telah memberikan kenaikan 30 persen dibanding realisasi produksi listrik tahun 2016 sebesar 586 GWh, kata Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero), Riki Ibrahim di Jakarta, Selasa (2/1/2017)

"Kami menyaksikan pencatatan jumlah realisasi produksi listrik dari kedua unit panas bumi tersebut di kantor Dieng malam pergantian tahun baru 2018, dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh insan perusahaan yang telah berhasil menunjukkan kinerja di tahun 2017," kata Riki seperti dilansir Antara.

Realisasi produksi Pembangkitan Unit Patuha untuk tahun 2017 itu mencapai rata-rata 56 MW, sedangkan PLTP Unit Dieng berhasil meningkatkan performanya menjadi rata-rata 44 MW dibanding tahun 2016 yang mencapai rata-rata 37 MW.

Kenaikan realisasi produksi listrik tahun ini merupakan hasil kinerja seluruh insan Geo Dipa dari program optimalisasi kedua lapangan baik pengawasan dari sisi hulu maupun hilirnya.

"Optimalisasi yang dimaksud adalah mengupayakan produksi listrik agar dapat mencapai sesuai dengan kapasitas terpasang masing-masing unit pembangkit," kata dia pula.

Direksi baru PT Geo Dipa Energi (Persero) mendapat dukungan penuh pemegang sahamnya dalam rangka mempercepat pertumbuhan pendapatan dan mengurangi akumulasi rugi perusahaan yang tercatat sebesar Rp641 miliar sampai Desember 2016.

Sedangkan perseroan mengalami kenaikan pendapatan pada tahun 2017 sejumlah Rp740 miliar dibandingkan Rp591 miliar (lima ratus sembilan puluh satu miliar) pada tahun 2016, karena kerja keras seluruh manager atau Geo Dipa leaders.

Pada tahun 2018, lanjut Riki, Geo Dipa mengusung "Improvement Asset Quality Through Excellence Maintenance" sebagai fokus kinerja perusahaan.

Geo Dipa menargetkan pertumbuhan 10 persen karena Geo Dipa masih melihat adanya peluang di lapangan panas bumi khususnya Dieng, karena dinilai masih belum optimal. Geo Dipa akan menggenjot produksi PLTP Dieng I dan Patuha I serta optimalisasi pengembangan pembangkit lainnya.

Selain itu, GeoDipa juga akan melanjutkan proses persiapan eksplorasi bersama PT Sarana Multi Infrastruktur (PT SMI), Kementerian ESDM (EBTKE), serta Kementerian Keuangan untuk Prospek Area Panas Bumi Candradimuka, di Dataran Tinggi Dieng.

Selain itu, GeoDipa juga menyiapkan proses persiapan survei pendahuluan Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Baru Penugasan pemerintah yaitu WKP Candi Umbul Telomoyo dan Arjuno Welirng, serta memperbaharui studi kelayakan Proyek Patuha 2,3 dan Dieng 2,3 meliputi study Well Targetting dan cadangan lapangan pengembangan Lapangan Panas Bumi Dieng dan Patuha.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Aplikasi Media Sosial (Ist)

Sabtu, 12 Juni 2021 - 23:55 WIB

Perlunya Menerapkan Budaya Digital Sehat di Era Perubahan Interaksi Sosial Internet

Pandemi Covid-19 telah memaksa masyarakat dunia dan Indonesia mengadaptasi gaya hidup baru yang mengandalkan teknologi internet. Di balik itu, pandemi ikut membuka kesempatan luas untuk melakukan…

Ilustrasi Orangtua Bijak Berinternet (ist)

Sabtu, 12 Juni 2021 - 23:30 WIB

Cegah Cyber Bullying, Orangtua Perlu Batasi Anak Berinternet

Sebagai cara untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan literasi digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menyusun Peta Jalan Literasi Digital 2021 -2024 yang menggunakan…

Gubernur Anies Ziarah ke Makam Cit Nyak Dien di Sumedang

Sabtu, 12 Juni 2021 - 20:11 WIB

Gubernur Anies Ziarah ke Makam Cut Nyak Dien di Sumedang, Warganet: Terimakasih Pak! Salam Cinta dari Aceh...

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan bahwa sesudah beberapa waktu lalu menonton film Tjoet Nja' Dhien bersama keluarga, Ia langsung berniat ziarah ke makam pahlawan asal tanah rencong…

Mendikbud Nadiem Makarim (foto Antara)

Sabtu, 12 Juni 2021 - 19:28 WIB

Kabar Gembira Buat Ribuan Mahasiswa Indonesia! Menteri Nadiem Resmi Buka Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2021, Begini Cara Daftarnya...

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menghadirkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka bagi para mahasiswa di seluruh Indonesia.¬† Program ini bertujuan…

Menkoperekonomian Airlangga Hartarto dan Menperin Agus serta Gubernur Kepulauan Riau

Sabtu, 12 Juni 2021 - 19:01 WIB

Dahsyat, KEK Batam dan KEK Nongsa Bakal Kerek Ratusan Miliar Dolar Masuk RI

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja ke Pulau Batam untuk…