Wow! Masyarakat Desa Argosari Suka Makan Semen?

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 15 November 2017 - 09:00 WIB

Masyarakat Suku Tengger di Desa Argosari, Lumajang, Jawa Timur (Sendy Aditya Saputra)
Masyarakat Suku Tengger di Desa Argosari, Lumajang, Jawa Timur (Sendy Aditya Saputra)

INDUSTRY.co.id, Lumajang - Indonesia, memiliki keanekaragaman aneka kuliner yang unik dan menggugah selera, dan ditiap daerah mempunyai makanan khas yang menonjolkan ciri khasnya di daerah tersebut.

Salah satunya, di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang ini memiliki makanan khasnya yang membedakan dengan daerah lainnya. Sama halnya dengan makanan lainnya, yang membedakannya adalah penamaan dari makanan tersebut. Dan, makanan ini tergolong unik, bagi wisatawan yang baru berkunjung ke Desa Argosari.

Bagaiamana tidak unik, nama dari makanan ini adalah "Semen" yap! Pasti semua orang kaget mendengan Semen dijadikan makanan pokok di desa di Lumajang ini. Tapi, jangan khawatir, Semen yang dimaksut bukan bahan yang digunakan untuk membuat bangunan kok.

Semen sendiri ini adalah olahan sayuran yang berasala dari tanaman kubis yang muncul semian alias tunas-tunas yang baru.

"Semen itu sayur kubis yang sudah dipanen. Kalau sudah dipanen, kan ada muncul tunas-tunas, nah itu yang dijadikan Semen. Cara masakanya hanya direbus saja, hingga sayurannya layu. Jika sudah berkurang sedikit airnya lalu ditambahkan garams aja," kata Winggi kepada Industry.co.id, saat berkunjung ke Desa Argosasi, Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2017).

Selain itu, menurutnya warga Desa Argosari yang merupakan penduduk asli Suku Tengger ini juga memakan nasi Jagung Putih. "Kalau nasi jagung putih ada yang jual, tapi di kota tidak ada yang jual. Khasiatnya sendiri membuat tubuh jadi enak, karena alami, jadi kuat dan mencegah penyakit," imbuhnya.

Makanan lainnya yang menjadi salah satu makanan khas Suku Tengger ini adalah lauk ikan asin goreng, dan sambal bawang yang menurutnya sudah enak.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Properti

Kamis, 02 Mei 2024 - 21:55 WIB

Peringatan Hari Kartini: Srikandi BUMN Gelar Edukasi Terkait Investasi Properti

Jakarta-Dalam rangka memperingati Hari Kartini Srikandi BUMN Indonesia menyelenggarakan webinar bertajuk “Smart Investment 2024 Year of The Dragon”. Acara yang digelar secara daring, akhir…

Kick Off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:15 WIB

Toyota Eco Youth Kembali Digelar Ajak Generasi Muda Berperan Nyata Jaga Bumi

Toyota Indonesia secara resmi menggelar Kick off Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 dengan mengusung tema "EcoActivism, Saatnya Beraksi Jaga Bumi”.

IKN Project Shipment and Conference

Kamis, 02 Mei 2024 - 20:09 WIB

Dari Istana Negara Hingga Kantor Presiden, MJEE Pasok Lift dan Eskalator di Sejumlah Gedung Utama IKN

Jika sebelumnya pada 26 Februari 2024 principal MJEE yaitu Mitsubishi Electric Building Solutions Corporation (MEBS) di Tokyo mengumumkan bahwa MJEE telah berasil mendapatkan pesanan untuk 55…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:40 WIB

Menperin Agus: Industri Manufaktur RI Sehat & Solid, Ekspansif 32 Bulan Berturut-turut

Fase ekspansi yang dicatat oleh industri manufaktur tanah air masih berlanjut sehingga memperpanjang periode selama 32 bulan berturut-turut. Ini berdasarkan laporan S&P Global, yang menunjukkan…

RS Royal Progress Sunter memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal serta dukungan teknologi medis terkini yang dapat membantu menangani permasalahan varises.

Kamis, 02 Mei 2024 - 19:35 WIB

RS Royal Progress Sunter Hadirkan Metode Penanganan Varises Laser Tanpa Bedah

Memiliki jajaran dokter spesialis vaskular dan endovaskular handal, RS Royal Progress Sunter hadirkan EVLA, metode penanganan varises lewat laser, tanpa bedah dan minim sayatan.