Toba Bara Sejahtera Selesaikan Pembiayaan Proyek PLTGU Senipah di Kalimantan Timur

Oleh : Hariyanto | Senin, 09 Oktober 2017 - 18:24 WIB

PT Toba Bara Sejahtra Tbk (Ist)
PT Toba Bara Sejahtra Tbk (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - PT Toba Bara Sejahtra Tbk (TOBA) telah mencapai financial close alias penyelesaian pembiayaan untuk proyek ekspansi Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Senipah dengan kapasitas 117 MW di Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur.

Direktur Utama PT Kartanegara Energi Perkasa (KEP), yang merupakan anak usaha TOBA yang menggarap proyek ini, Hamid Awaludin mengatakan proyek IPP PLTGU Senipah merupakan bagian dari Program Listrik Nasional 35 ribu Megawatt (MW)."Kami berharap rasio elektrivikasi bisa meningkat," kata Hamid di Jakarta, Senin (9/10/2017).

Pada saat yang sama, Direktur Keuangan KEP, Juli Oktarina mengatakan, financial close proyek ini merupakan langkah awal dimulainya proses konstruksi ekspansi PLTGU Senipah menjadi 117 MW.

Menurut Juli, proyek ini membutuhkan dana sekitar US$150 juta hingga US$165 juta. Hingga saat ini, KEP telah memperoleh pembiayaan sebesar US$66 juta dari Bank BNI Tbk yang berkode saham BBNI untuk pendanaan proyek ini. Rencananya, BNI sebagai mandated lead arranger akan bersindikasi dengan Bank BRI yang berkode saham BBRI.

Saat ini PLTG Senipah menyalurkan listrik ke PT PLN (Persero) di wilayah Kalimantan Timur dan Utara melalui sistem jaringan transmisi Mahakam yang didistribusikan ke Kalimantan timur, termasuk Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong.

Dengan demikian, alasan dilakukan ekspansi PLTGU Senipah adalah untuk memenuhi proyeksi pertumbuhan kebutuhan listrik sebesar 10% per tahun di wilayah tersebut. Adapun PLTGU Senipah akan beroperasi selama 25 tahun sejak COD Simple Cycle 82 MW atau sampai Maret 2040.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa, Direktorat Jenderal HKI Kemenhum-HAM, Brigjen Pol Reinhard Silitonga

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:31 WIB

Direktorat Jenderal HKI Tutup Ratusan Portal E-Dagang Bermasalah

Jakarta - Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kementrian Hukum - HAM melalui Direktorat Penyidikan dan Penyelesaian Sengketa telah menutup ratusan portal e-Dagang bermasalah yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat pembukaan Bazar Lebaran di Plasa Industri Kemenperin

Selasa, 21 Mei 2019 - 15:05 WIB

Penuhi Kebutuhan Pegawai dan Masyarakat, Kemenperin Gelar Bazar Lebaran

Kementerian Perindustrian senantiasa mendorong sektor industri manufaktur agar siap memenuhi kebutuhan konsumen terutama di pasar domestik selama bulan Ramadan dan Lebaran.

Hoshinoya Guguan

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:45 WIB

Resort Pemadian Air Panas Mewah di Taiwan, Hoshinoya Guguan Akan Resmi Dibuka pada 30 Juni 2019

Perusahaan Manajemen Hotel Terkemuka, Hoshino Resorts akan segera membuka HOSHINOYA di Guguan wilayah pemandian air panas yang terletak di pinggiran kota Taichung, Taiwan, pada 30 Juni 2019…

Tiga Fitur Unggul Baru digibank by DBS dari KTA Hingga Transfer Valas

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:20 WIB

Tiga Fitur Unggul Baru digibank by DBS dari KTA Hingga Transfer Valas

Tiga Fitur Unggul Baru digibank by DBS dari KTA Hingga Transfer Valas

Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran

Selasa, 21 Mei 2019 - 14:17 WIB

Pinjaman Online Akseleran ke Merchant Tokopedia Tumbuh Positif

Untuk sektor mikro, Akseleran memfasilitasi pinjaman online untuk merchant Tokopedia dengan rata-rata jumlah pinjaman sebesar Rp10 juta hingga Rp200 juta.