Sepuluh Hotel di Badung Bali Terima Penundaan Wisman

Oleh : Chodijah Febriyani | Minggu, 08 Oktober 2017 - 15:30 WIB

Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)
Ilustrasi Kunjungan Wisatawan manca negara (Wisman)

INDUSTRY.co.id - Mangupura- Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung, Bali, I Made Badra mengakui ada sepuluh hotel yang menerima penundaan dari wisatawan mancanegara untuk menginap di hotel berbintang di daerah itu.

"Penundaan ini karena pengaruh status Gunung Agung yang masuk level awas, sehingga ada beberapa tamu yang melakukan penundaan datang ke Bali khususnya Badung," ujar Badra saat dihubungi di Mangupura, Jumat (6/10/2017)

Ia mengatakan, untuk presentasi jumlah wisatawan mancanegara yang menunda datang ke Badung masih didata ke masing-masing pemilik hotel.

Mantan Kepala Dinas Perikanan Badung ini mengakui tamu-tamu yang melakukan "cancellation" untuk menginap di hotel di Badung bisa mencapai 50 hingga 100 kamar.

"Memang ada beberapa penundaan tamu yang menginap di sejumlah hotel di Badung, namun secara umum untuk kedatangan wisatawan ke sejumlah objek wisata hingga saat ini masih stabil," ujarnya.

Objek wisata yang ada di Badung saat ini masih menjadi primadona, seperti Pantai Kuta, Pantai Pandawa dan "water sport" yang ada di Tanjung Benoa, maupun desa wisata lainnya.

Selain memiliki keindahan alamnya, Badung masih menjadi daya tarik wisatawan mancanegara karena memiliki adat, seni dan budaya yang adi luhung.

Ia mengharapkan status awas Gunung Agung tidak berdampak kepada pariwisata Bali umumnya dan Kabupaten Badung Khususnya, karena pemerintah daerah setempat menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara datang ke Badung menembus angka enam juta orang pada 2017.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan asosiasi perjalanan wisata atau "Association of the Indonesian Tours and Travel" (ASITA) di daerah itu agar untuk sementara waktu tidak menawarkan paket perjalanan wisata mendaki Gunung Agung.

Dia mengimbau wisatawan mancanegara yang datang ke Pulau Dewata tidak panik dengan naiknya status Gunung Agung dan tetap menikmati liburan di Bali.

"Saya mengharapkan `stakeholder` pariwisata dapat memberikan penjelasan yang baik kepada wisatawannya, bahwa pariwisata di Bali masih aman untuk dikunjungi," ujarnya. (Ant)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Connie Nurlita (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 14 Oktober 2019 - 21:00 WIB

Connie Nurlita Ajak Masyarakat Dukung Pelantikan Presiden-Wakil Presiden Terpilih

Artis Nasional Connie Nurlita sebagai pribadi dan anggota masyarakat mendukung pelantikan Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin 20 Oktober mendatang.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Senin, 14 Oktober 2019 - 20:15 WIB

Industri 4.0 Bawa RI Jadi Pemimpin di ASEAN

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengemukakan, revolusi industri 4.0 merupakan sebuah lompatan besar di sektor industri, dengan ditandai teknologi informasi dan komunikasi dimanfaatkan…

realme Siap Hadirkan realme XT, Smartphone Terbaru dengan 64MP Quad Camera

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:50 WIB

realme Siap Hadirkan realme XT, Smartphone Terbaru dengan 64MP Quad Camera

Dunia teknologi terus berkembang, tidak ada batasan yang mampu menghambatnya. Begitupun dalam bidang smartphone, khususnya kamera. Semakin ke sini, orang semakin membutuhkan smartphone dengan…

Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:46 WIB

Senada dengan Mendag, Hermawan Kartajaya Harap Atase di Luar Negeri Harus Piawai Marketing

Di tengah isu ekonomi global terkait kemungkinan resesi serta perang dagang AS dan China, Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita menyatakan bahwa atase-atase Kementerian Perdagangan di luar…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Senin, 14 Oktober 2019 - 19:15 WIB

Airlangga Tuangkan Kisah Bangun Industri Lewat Buku "Merajut Asa"

Sektor industri selama ini konsisten menjadi penggerak utama terhadap pertumbuhan ekonomi nasional. Hal ini karena sektor industri berperan penting dalam menciptakan nilai tambah, perolehan…