KKKS Masih Evaluasi Keikutsertaannya Pada Lelang 15 Blok Migas

Oleh : Hariyanto | Senin, 11 September 2017 - 10:36 WIB

Migas Ilustrasi
Migas Ilustrasi

INDUSTRY co.id -Jakarta - Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) tampaknya masih akan mengevaluasi keikutsertaannya dalam lelang 15 blok migas yang sudah ditawarkan sejak Mei 2017 lalu. Padahal Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengenai gross split sudah direvisi beberapa waktu lalu.

Erwin Maryoto, Vice President Public and Goverment Affairs ExxonMobil Indonesia, mengatakan, pihaknya menghargai upaya pemerintah merevisi skema gross split. "Pemerintah mendengarkan berbagai masukan kami. Ini akan sangat menarik," kata Erwin pekan lalu.

Untuk itu, ExxonMobil terus melakukan evaluasi blok-blok migas yang ditawarkan. "Kami melihat mana yang cocok dengan portofolio kami. ExxonMobil memiliki kriteria tertentu, tidak hanya ekonomis, tapi melihat minyak atau gas fokusnya di mana," ujarnya.

Sementara, Presiden Direktur Indonesian Petroleum Association (IPA) Christina Verchere mengatakan, keputusan investasi di hulu migas Indonesia akan diserahkan ke masing-masing perusahaan migas. "Kami mengharapkan yang terbaik bagi anggota yang mengikuti lelang tahun ini dan juga negosiasi perpanjangan kontrak," kata Christina.

Presiden dan General Manager Total EP Indonesia Arividya Novianto mengatakan, pihaknya masih mengevaluasi lelang blok migas tahun ini. Kementerian ESDMsendiri akhirnya pada Jumat (8/9) memberikan restu bagi Total EP mendapat 39% saham Mahakam. Dalam waktu dekat, Total EP akan mendapatkan surat resmi soal itu. (tan)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 20 Mei 2019 - 06:40 WIB

BCA Borong 16 Penghargaan di Ajang Infobank 8th Digital Brand Awards 2019

Torehan prestasi PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali terukir berkat komitmennya dalam membangun solusi perbankan yang tepat untuk nasabah di tengah masifnya transformasi digital saat ini.…

Chief Business Network Management Officer WOM Finance, Antonius Lijadi (kiri), ketika memberikan bantuan kepada pengurus Masjid Al Ikhlash di Sumur Batu, Jakarta Pusat, Jumat (17/05/2019).

Senin, 20 Mei 2019 - 04:30 WIB

Sambut Bulan Suci Ramadhan 1440 H, WOM Finance Berbagi Kebaikan

PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOMF), atau WOM Finance, menunjukkan kepeduliannya saat Ramadhan dengan menggelar kegiatan buka bersama dan bakti sosial di 22 masjid di seluruh Indonesia.…

Raja Ampat Papua Barat (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pemkab Raja Ampat Dukung Pengelolaan Destinasi Terapkan Prinsip Pariwisata Berkelanjutan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Raja Ampat, Provinsi Papua Barat mendorong dua kampung wisata meraih penghargaan "Indonesia Sustainable Tourism Award" atau Pengelolaan destinasi mererapkan prinsip-prisip…

Pantai Air Manis Padang (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 19 Mei 2019 - 18:00 WIB

Icon Kota Padang, Pantai Air Manis Terus Percantik Diri

Pemerintah Kota Padang bersama Pemerintah Pusat mengucurkan anggaran sebesar Rp16 miliar untuk membenahi objek wisata Pantai Air Manis Padang yang kerap dikenal dengan legenda Malin Kundang.

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…